bandara terunik di dunia

Bandara-Bandara Terunik di Dunia!

Keunikan sebuah bandara terdapat pada keistimewaanya yang membuat bandara tersebut berbeda dari bandara-bandara lainnya. Nah, Chelsi mencoba memberitahu kepada kamu tentang 5 bandara terunik di dunia menurut Chelsi. Kamu harus baca ya karena ini bisa menambah wawasan kamu dan siapa tahu kamu nantinya berkesempatan mendarat di salah satu bandara unik yang Chelsi sebutkan. Berikut bandara-bandara unik di dunia:

1. Bandara di Antara Pegunungan Saju Papua, Indonesia

Bandara Mulu image: 2.bp.blogspot.com

Indonesia memiliki bandara unik layaknya di Eropa. Inilah Bandara Mulu yang ada di Papua. Bandara ini menawarkan pemandangan menakjubkan. Letak persis Bandara Mulu berada di Kampung Tsinga, Kabupaten Mimika, Papua dan termasuk dalam wilayah tanah adat Suku Amungme. Bandara Mulu menjadi pintu masuk para pendaki Pegunungan Jaya Wijaya.

Hanya ada satu bangunan permanen berukuran mungil di Bandara Mulu ini. Terletak di dataran tinggi Kabupaten Mimika, dipastikan tertegun saat melihat pemandangan yang terhampar di sekelilingnya. Layaknya lukisan-lukisan indah buatan maestro dunia, Bandara Mulu memilikinya. Kamu dapat melihat gradasi puncak-puncak Pegunungan Sudirman yang hitam tak berisi satu pun mahluk hidup hingga ke hijaunya hutan hujan Mimika yang menyimpan kekayaan flora dan fauna.

2. Bandara Internasional Putri Juliana

Bandara Putri Juliana image: 2.bp.blogspot.com

Bandara yang berada di Pulau Saint Martin ini memiliki landasan yang sangat dekat dengan pantai yang selalu dipenuhi oleh para turis yang sedang berjemur. Walaupun belum pernah ada kecelakaan serius yang mengakibatkan korban jiwa, tetapi baik saat tinggal landas maupun saat mendarat semburan jet (Jet blast) dari pesawat-pesawat tersebut dapat menyebabkan kecelakaan fatal bagi turis yang berada di sekitarnya.

Bandara ini cukup unik karena memiliki landasan yang jaraknya cukup dekat dengan pantai yang dipenuhi oleh pengunjung. Pada saat pesawat akan mendarat, pesawat ini terlihat sangat dekat dengan jalan raya, pagar dan pantai. Tidak jarang pada saat pesawat akan mendarat, truk-truk besar tidak akan melintasi jalanan.

3. Juancho E. Yrausquin Airport 

Bandara Juancho E. Yrausquin image: i.pinimg.com

Juancho E. Yrausquin Airport adalah satu-satunya airport pulau Saba di kepulauan Karibia. Airport ini sangat terkenal dengan bagaimana cara pesawat dapat take off dari landasan. Yrausquin Airport memiliki porsi yang besar dalam melayani penerbangan di pulau Saba. Beberapa pakar penerbangan memiliki opini bahwa airport ini merupakan salah satu airport paling berbahaya di dunia walaupun tidak ada tragedi besar yang terjadi di sini.

Di ujung landasan terdapat huruf X besar yang menandakan bahwa airport ini tidak untuk penerbangan komersial. Bahaya datang dari kondisi geografis dari airport itu sendiri, di satu sisi bukit yang tinggi dan dikedua ujung landasan terdapat jurang yang langsung menuju lautan. Sangat berbahaya bagi pesawat dengan kemungkinan tidak dapat mendarat karena menabrak jurang atau kurang tenaga untuk take off yang menyebabkan jatuh ke jurang juga.

4. Bandara Telluride di Colorado, AS

Bandara Telluride image: alpineflighttraining.com

Landasan tunggal di Telluride yang terletak di dataran tinggi Pegunungan Rocky terletak di sisi jurang Sungai San Miguel setinggi 300 meter, yang sempat terkenal dipakai untuk melompat di tengah-tengahnya. Namun, renovasi pada tahun 2009 membuat landasan itu menjadi lebih aman untuk pesawat besar untuk mendarat.

5. Bandara Barra, Skotlandia

Bandara Barra image: i.ytimg.com

Sebuah landasan pesawat terbang yang sangat unik. Bagaimana tidak, landas pacu bandara ini tak akan terlihat saat laut tengah pasang sehingga jadwal penerbangan di bandara ini disesuaikan dengan waktu pasang surut air laut.Bandara ini unik, hanya satu-satunya di dunia.

Pesawat yang terjadwal menggunakan pantai sebagai landasan. Terletak di teluk dangkal di Pantai Traigh Mhor di Pulau Barra di luar Hebrides, landasan bandara ini dibangun berbentuk segitiga dan ditandai oleh tonggak kayu untuk membantu pesawat baling-baling jenis Twin Otter untuk mendarat di pasir.

Nah, itulah bandara-bandara terunik di dunia menurut Chelsi. Bukan hanya unik, tapi juga bisa bikin jantung berdetak kencang. Tertarik untuk menaiki pasawat yang mendarat di bandara-bandara unik tersebut? Persiapkan tiketnya sekarang  juga dan terlebih penting adalah keberanian! Salam ceria dari Chelsi.

Mau dapat referensi seputar destinasi wisata menarik dan tips traveling? Yuk, ke Blog VAN saja.