5 Destinasi Terbaik Untuk Liburan Imlek ke Luar Negeri

Hari libur Imlek 2018 yang telah ditunggu-tunggu sebentar lagi akan tiba. Buat kamu yang ingin menikmati liburan Imlek di luar negeri, Chelsi tahu 5 destinasi terbaik untuk menghabiskan liburan Imlek dan juga ingin merasakan kemeriahan perayaan Imlek di luar negeri. Berikut 5 destinasi tersebut :

1. Liburan Imlek di Singapura

http://www.thefinder.com

Kemeriahan Tahun Baru Imlek akan sangat terasa jika kamu berlibur ke Singapura. Banyak festival yang berlangsung seperti Spring Festival atau Festival Musim Semi di berbagai penjuru Singapura. Pastinya kamu bakalan betah berlama-lama liburan Imlek di Singapura dengan menghadiri perayaan Imlek di sana.

Selain itu, sejumlah tempat yang wajib dikunjungi antara lain Chinatown dengan pertunjukan barongsainya, kawasan Marina Bay Floating Platform, dan Esplanade Waterfront Promenade dengan pertunjukan opera serta berbagai lampion raksasa yang dipajang.

Lebih menariknya lagi, di dekat Marina Bay Waterfront akan diadakan Chingay Parade yang menampilkan karnaval pada saat Cap Go Meh. Ada kereta hias, atraksi akrobat, sulap, hingga para penari yang siap menghadirkan pertunjukan keren buat kamu.

2. Imlek di Beijing, China

https://blog.pickyourtrail.com

Pilihan yang tepat ketika kamu memilih Beijing, China untuk menghabiskan liburan Imlek karena di ibu kota Negeri Tirai Bambu ini akan meriah dengan parade, festival, dan tentunya kembang api di berbagai sudut kota.

Tempat-tempat seperti Temple of Heaven dan Summer Palace juga akan ramai dikunjungi warga setempat maupun turis dari berbagai negara yang ingin ikut larut dalam perayaan Imlek. Kuil sampai taman pun biasanya akan ramai dengan pertunjukan barongsai dan liong.

3. Liburan Imlek di Hongkong

http://wpmedia.o.canada.com

Liburan Imlek adalah saat yang tepat untuk traveling ke Hong Kong. Perayaan Imlek yang akan diadakan adalah Parade di Tsim Sha Tsui tanggal 16 Februari nanti siap menghibur kamu dengan penampilan para performer lokal hingga internasional. Hong Kong Disneyland dan Ocean Park juga punya persembahan spesial di momen Tahun Baru Imlek.

Satu lagi hal yang tak jauh kalah keren, akan ada pertunjukan kembang api spektakuler di Pelabuhan Victoria. Siapkan kamera buat mengabadikan indahnya kembang api yang meluncur ke angkasa, ditambah pemandangan gedung-gedung pencakar langit Hong Kong.

4. Liburan Imlek di Jepang

http://www.goldenjipangu.com

Kalau mengunjungi perayaan Imlek di Yokahama, Jepang jangan lupa mengunjungi  Chinatown. Di sini perayaan Imlek yang meriah benar-benar terasa dengan pertunjukan barongsai dan liong, parade dengan performer mengenakan baju-baju ala kekaisaran zaman dulu, dan masih banyak lagi.

Parade ini kabarnya akan berlangsung tanggal 24 Februari sejak pukul 16.00 waktu setempat. Lampion yang menghiasi bangunan di sekitar Chinatown juga tak biasa. Lampion-lampion yang ada dibentuk seperti naga, dengan tubuh yang begitu panjang, meliuk-liuk di atas jalanan utama Chinatown.

5. Liburan Imlek di Taipei, Taiwan

http://wpmedia.o.canada.com

Yang terakhir adalah Taipei, Taiwan. Di kota ini juga akan digelar beragam event budaya dan parade dengan hiasan-hiasan berukuran raksasa serta lampion. Selain itu, yang sayang untuk dilewatkan adalah pasar-pasar kaki limanya yang muncul di momen Tahun Baru Imlek. Kamu bisa liburan sekaligus kulineran dengan icip-icip aneka kuliner lokal. Untuk itu datanglah untuk wisata belanja ke Jalan Dinghua.

Baca juga: 8 Ritual dan Tradisi di Indonesia Tahun 2018

Terdengar sangat menarik ya jika menghabiskan liburan Imlek di 5 destinasi yang barusan Chelsi sebutkan. Chelsi tertarik ke Taipe karena Chelsi suka icip-icip makanan. Kalau kamu tertarik pergi liburan Imlek ke mana nih? Etts, apapun pilihan kamu, Chelsi sarankan pesan tiket di VAN ya karena dalam menyambut liburan Imlek ini, VAN juga lagi banyak promo. Penasaran? Login langsung saja ke VAN ya.

Tips Memilih Koper yang Tepat, Biaya Bagasi Lebih Hemat

Tips memilih koper berikut ini membantumu mengemas barang bawaan lebih efisien. Efisien bawaanmu, efisien juga di biaya. Jadi, biaya bagasi pesawat bisa lebih murah dan hemat.

Bepergian dengan pesawat memang lebih cepat sehingga dapat menghemat waktu dan juga tenaga. Namun, hal yang membedakan pesawat dengan moda transportasi lainnya adalah dikenakan biaya bagasi. Kamu tentu harus menata isi koper yang berisikan banyak barang yang harus dibawa apalagi jika kamu bepergian dengan waktu yang cukup lama. Untuk memuat berbagai barang pribadi ini, kamu akan membutuhkan tas dan koper yang tepat.

Artinya, semua kebutuhan bisa masuk dan tetap dalam kondisi baik selama perjalanan. Hal ini menurut Chelsi menjadi penting untuk dicermati mengingat keamanan dari isi koper tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips dari Chelsi yang bisa digunakan ketika memilih koper dan tas untuk bepergian:

1. Tips Memilih Koper Sesuai dengan Kebutuhan

https://dallasnews.imgix.net

Untuk perjalanan yang nyaman dan menyenangkan, pastikan kamu membawa kebutuhan dengan tepat. Menggunakan tas dan koper berkualitas tentu menjadi hal wajib. Bukan hanya itu saja, barang bawaan kamu ini juga harus memenuhi ketentuan yang diberlakukan oleh maskapai penerbangan, terkait dengan kapasitas maksimal bagasi yang diizinkan. Jangan sampai harus mengeluarkan sejumlah biaya bagasi tambahan, hanya karena membawa terlalu banyak barang saat bepergian

2. Pilih Bahan yang Tepat

https://cdn.thewirecutter.com

Koper yang terbuat dari bahan polycarbonate (sejenis plastik keras dan kuat) yang ringan, cukup layak dijadikan sebagai pilihan. Namun koper bertipe hard case seperti ini memang terbilang rentan mengalami kerusakan selama proses pengangkutan.

Bahan lainnya yang bisa kamu pertimbangkan adalah koper atau tas bertipe soft case yang terbuat dari bahan nylon atau polyester. Pada umumnya bahan seperti ini akan lebih mudah dibawa untuk setiap perjalanan, bahkan bisa dibawa serta dengan mudah ke dalam kabin.

3. Tips Memilih Koper Berdasarkan Ukuran dan Daya Tampung

https://fthmb.tqn.com

Koper dan tas akan memuat semua barang bawaan kamu sehingga penting untuk memilih ukuran yang paling tepat. Namun ukuran ini tetaplah harus sesuai dengan kapasitas bagasi yang dimiliki agar kamu tidak perlu membayar sejumlah biaya bagasi tambahan pada maskapai penerbangan.

Pada umumnya ukuran ini akan dihitung dalam sentimeter (panjang x lebar x tinggi) dimulai dari bagian roda koper hingga bagian permukaan atas koper tersebut. Berikut ini adalah beberapa ukuran koper yang lazim digunakan ketika bepergian.

  • 16” (30x17x47cm):  Koper ini biasa dibawa ke dalam kabin dan umumnya dapat digunakan untuk perjalanan singkat sekitar 1-3 hari.
  •  20” (37x22x56cm): Koper berukuran sedang ini bisa memuat cukup banyak barang, bahkan hingga mencapai 16kg.
  • 22” (38x22x48 cm) Masih berukuran sedang, koper yang satu ini juga bisa memuat barang bawaan sekitar 16 hingga 20kg.
  • 24” (43x23x63cm) Masuk dalam ukuran medium, koper ini bisa menampung barang bawaan dalam jumlah besar, yakni hingga 26kg.
  • 28” (47x32x73cm) Koper ini masuk dalam ukuran besar dan bisa memuat barang bawaan sekitar 35kg.
  • 32” (51x35x81cm) : Koper berukuran besar ini cukup sulit ditemukan, sebab jarang dijual

 

4. Tips Memilih koper yang Memiliki Roda

https://guardian.ng

Meski bepergian dengan barang bawaan yang banyak, kamu tak ingin kesulitan saat membawa koper kan? Ada dua jenis roda koper yang bisa dijadikan pilihan, antara lain: spinner (beroda empat) dan upright (beroda dua). Koper yang menggunakan roda spinner akan lebih mudah bergerak, meskipun beban di dalam dan beban tambahan di atasnya (tas tenteng) terbilang berat.

Selain roda, kunci pengaman yang digunakan pada koper juga wajib menjadi perhatian khusus. Koper memuat berbagai barang penting sehingga sangat tepat jika memilih jenis pengaman terbaik untuknya. Pilihlah koper dengan kunci pengaman Travel Sentry Approved (TSA) yang memenuhi standar keamanan internasional agar kopermu tetap aman sepanjang perjalanan.

 

5. Perhatikan Kualitas dan Harga

https://www.parcelhero.com

Apapun barang yang dibeli, kualitas barang tersebut tentu akan ikut serta memengaruhi harga barang itu sendiri. Untuk setiap kualitas yang didapatkan, tentu harus ada sejumlah harga yang dibayarkan. Manfaatkan promo atau diskon yang ditawarkan oleh toko, sehingga kamu bisa mendapatkan harga terbaik untuk koper dan tas yang dibutuhkan.

Chelsi ingatkan lagi,  ke manapun tujuan perjalanan, jangan lupa untuk mempersiapkannya dengan matang. Bawalah berbagai barang bawaan yang dibutuhkan selama perjalanan. Jangan lupa, ikuti tips memilih koper di atas agar barang bawaan lebih mudah dibawa dan tidak bikin biaya bagasi pesawat membengkak.

Baca juga: Resolusi Tahun Baru di 2018 yang Trend

Gunakan koper dan tas terbaik yang sesuai dengan kapasitas bagasi kamu agar semua barang yang dibutuhkan terbawa tanpa perlu mengeluarkan biaya bagasi tambahan. Luangkan waktu berkemas supaya perjalanan kamu nyaman dan menyenangkan. Selamat liburan!