Kota Paling Banyak Dikunjungi, Ada Wisata Menarik Apa di Bangkok?

Wow! Empat tahun berturut-turut, Bangkok dinobatkan sebagai kota yang paling banyak dikunjungi di dunia. Menurut laporan MasterCard Inc ada sekitar 22,8 juta pengunjung lho. Tentu ini jadi kabar baik untuk pemerintah Thailand karena sebelumnya sempat mengalami penurunan kedatangan orang asing.

Posisi Bangkok ini mengungguli kota favorit lainnya seperti Paris, London, Dubai, Istanbul, Tokyo hingga New York. Keren banget sihhh! Kira-kira kenapa yaaa Bangkok bisa menarik puluhan juta orang dari berbagai belahan dunia? Ada wisata menarik apa di sana? Kita bahas bersama yuuuk~

Grand Palace

Bangkok
Image: netdna-ssl.com

Wisata utama yang bikin Bangkok menarik ituuuu Grand Palace! Wisatawan wajib dateng ke sini untuk melihat kompleks bangunan bersejarah kerajaan Thailand. Setiap sudutnya indah lho karena memiliki perpaduan arsitektur khas Thailand dan gaya neo-Baroque.

Supaya puas menjelajah kompleks ini, Teman VAN bisa datang lebih pagi. Apalagi di dalam Grand Palace juga ada kuil paling suci yang nggak dilewatkan yaitu Wat Phra Kaew. Di kuil inilah pengunjung bisa melihat Emerald Buddha, patung Buddha paling suci di Thailand. Setiap musim, ada upacara penggantian pakaian Emerald Buddha yang hanya boleh dilakukan oleh raja atau putra mahkota.

Wat Pho

Bangkok
Image: asiawebdirect.com

Thailand memang punya banyak kuil tapi satu yang nggak boleh dilewatkan adalah Wat Pho. Pernah dengar soal Sleeping Buddha? Nah, di kuil ini Teman VAN bisa melihat secara langsung.

Baca juga ya: Mau Liburan ke Eropa? Pertimbangkan Buat ke-3 Kota Ini

Patung Buddha berbaring sepanjang 46 meter tersebut melambangkan Sang Buddha di Nirvana. Menariknya lagi, di bagian telapak kaki terdapat 108 panel yang menggambarkan ciri agung seorang Buddha. Unik dan megah!

Jika Teman VAN ingin berkunjung ke Wat Pho atau kuil mana pun di Thailand, pastikan memakai pakaian yang sopan ya.

Sungai Chao Phraya

Bangkok

Image: asiawebdirect.com

Wisata selanjutnya yang bikin Bangkok jadi kota paling banyak dikunjungi adalah Sungai Chao Phraya. Ini adalah sungai legendaris dan penting di Thailand. Dari Thailand Utara hingga Selatan dilalui oleh sungai ini lho. Oleh karena itu dimanfaatkan untuk irigasi, pasar terapung hingga transportasi penduduk.

Pengin menyusuri Sungai Chao Phraya? Tenaaaang, Teman VAN bisa naik kapal dan menikmati view Bangkok. Kalau pengin jalan-jalan bisa mampir ke Aiatique The Riverfont, sebuah kawasan belanja pasar tradisional dan mall yang ada di tepian sungai.

Pasar Chatuchak

Bangkok
Image: klook.com

Ke Bangkok tapi nggak belanja? Rugi~

Kalau mau cari yang murah-murah, bisa ke Chatuchak Weekend Market. Awas kalap! Soalnya selain murah, ada banyaaaak barang yang dijual di sana mulai dari pakaian, kerajinan tangan, keramik, furniture, makanan, minuman, tanaman, hewan peliharaan, karya seni, buku, hingga preloved stuff. Surga belanja…

Sebelum ke sana, pastikan cek hari ya karena Pasar Chatuchak hanya ada di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Jangan sampai salah hari yaaa.

Jim Thompson House

Bangkok
Image: tripsavvy.com

Teman VAN pernah dengan soal Jim Thompson? Ia adalah seorang pebisnis sutra Thailand dan kolektor barang seni yang berasal dari Amerika. Namun di tahun 1967, ia menghilang secara misterius di sebuah hutan di Cameron Highlands, Malaysia.

Baca juga ya: Hilangkan Penat, Staycation Bareng Orang Terdekat

Karena tak memiliki istri dan anak, pemerintah Thailand mengelola rumahnya menjadi satu tempat wisata yang menarik. Semua barang peninggalannya masih tersimpan rapi di sana. Bahkan ada pemandu yang siap menemani pengunjung berkeliling dan bercerita soal Jim Thompson. Penasaran? Makanya kalau ke Bangkok harus mampir ke Jim Thompson House…

Siam Niramit

Bangkok
Image: befreetour.com

Siam Niramit juga jadi alasan kenapa Bangkok dikunjungi banyak wisatawan. Pertunjukan tari dan teater legendaris ini benar-benar memukau!

Dalam durasi 90 menit, penonton diajak mengenal sejarah dan kehidupan warga Bangkok zaman dahulu. Pertunjukan ini melibatkan lebih dari 100 orang lho untuk memberikan beragam aksi keren dengan properti unik di panggung yang megah.

Baca juga ya: 5 Kuliner Indonesia yang Terkenal Lezat Hingga Go International

Siam Niramit punya satu aturan yang wajib dipatuhi yaitu dilarang mengambil gambar dengan alat apapun. Keuntungannya… Teman VAN jadi bisa lebih fokus menikmati pertunjukan tanpa terdistraksi. Wah, pasti lebih menyenangkan dan berkesan deh!

Taman Lumphini

Bangkok
Image: strippedpixel.com

Di tengah hiruk pikuk kota Bangkok, Taman Lumpini hadir bagai oase yang menyejukkan. Taman dengan luas lebih dari 500 ribu meter persegi ini jadi tempat favorit masyarakat Thailand untuk bersantai dan berolahraga. Tentu saja karena suasananya asri dengan pepohonan rindang dan sebuah danau. Selain itu fasilitasnya juga lengkap ada area bermain anak, jalur sepeda dan jogging hingga peralatan gym sederhana.

Konon, Taman Lumphini ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Rama V Chulalongkorn dengan inspirasi dari Kebun Raya Bogor, Indonesia lho.

***

Setiap tempat memang punya keunikan dan daya tarik sendiri. Menurut Chelsi, keunikan obyek wisata di atas mampu menarik wisatawan dari berbagai penjuru dunia untuk datang ke Bangkok. Dari wisata sejarah, belanja, kuliner hingga seni pertunjukan pun ada di Bangkok. Lengkap deh! Jadi nggak heran kalau Bangkok dinobatkan sebagai kota yang paling banyak dikunjungi tahun ini

Hilangkan Penat, Staycation Bareng Orang Terdekat

Rutinitas makin padat? Kini waktunya untuk menghilangkan penat dengan staycation.

Staycation adalah pilihan tepat buat Teman VAN yang butuh refreshing tapi nggak punya banyak waktu. Menginap di hotel yang ada di kotamu pas weekend aja udah cukup. Ini jauh lebih baik daripada memaksakan untuk traveling ke luar kota tapi masih ada tanggung jawab yang belum selesai di kantor. Atau justru memilih nggak refreshing dan terus berkutat dengan pekerjaan? Nanti bisa-bisa malah stres dan jadi nggak produktif lho.

Karena waktunya singkat, ciptakan staycation yang berkualitas yuk! Supaya setelah itu jadi bener-bener fresh dan semangat. Gimana caranya? Ikuti staycation ala Chelsi ini.

Makin Seru, Ajak Orang Terdekat

staycation
Image: familytravelck.com

Staycation akan lebih menyenangkan jika Teman VAN mengajak orang terdekat, baik itu sahabat atau keluarga. Jika hari biasa terlalu sulit untuk menghabiskan waktu bersama, staycation memberi kesempatan emas itu. Teman VAN bersama sahabat atau keluarga bisa berkumpul, berbagi cerita, hingga melakukan kegiatan-kegiatan yang disuka.

Jangan Salah Pilih Hotel

staycation
Image: blogspot.com

Yay, saatnya hunting hotel! Pemilihan hotel ini penting lho. Salah-salah, bukannya refreshing tapi malah jadi pusing~

Pertama, tentukan dulu Teman VAN pengin staycation dengan menikmati suasana kota atau suasana yang tenang di daerah pinggiran. Jika sudah bisa menjawab ini, Teman VAN bisa mulai hunting hotel di Google, social media, atau langsung di online travel agent.

Pastikan Teman VAN memilih hotel yang nyaman yaaa. Hal ini bisa dicek dengan membaca review pengunjung-pengunjung sebelumnya.

Baca juga: Ibu Kota Baru, Obyek Wisatanya Seru

Kalau Ada yang Hemat, Kenapa Enggak?

staycation
Image: ozirith.com

Satu lagi yang nggak boleh ketinggalan, pertimbangkan tarif hotel. Staycation memang butuh hotel yang nyaman tapi dompet juga harus aman dooong. Untuk itu, Teman VAN harus rajin-rajin cari promo biar lebih hemat.

Nah, kebetulan banget nih di sistem VAN lagi ada diskon untuk seluruh hotel di Indonesia dan Luar Negeri. Jadi manfaatin yuk buat staycation!

Manfaatkan Fasilitas yang Tersedia

staycation
Image: visitphilly.com

Tanpa perlu keluar hotel, Teman VAN bisa melakukan banyak kegiatan yang menyenangkan. Itu pun kalau nggak mager šŸ˜„

Baca juga ya: Mau Liburan ke Eropa? Pertimbangkan Buat ke-3 Kota Favorit Chelsi

Tapi yang jelas, manfaatkan fasilitas yang tersedia mulai dari breakfast, menonton serial di channel TV favorit, berenang, olahraga di fitnesscenter, bersantai di rooftop, hingga spa. Lakukan aktivitas yang bisa membuatmu fresh deh. Okeee?

***

Itulah staycation menyenangkan ala Chelsi! Setelah menghilangkan penat sejenak, kita pun akan siap menghadapi hari. Semangat akan balik lagi dan produktivitas meningkat!

Setelah baca blog Chelsi ini, jadi ada yang pengin staycation? Yeay! Langsung aja booking hotel di sistem VAN yaaa. Dengan tampilan hotel VAN yang baru, Teman VAN bisa melakukan pencarian dan booking dengan lebih mudah. Seperti yang Chelsi bilang sebelumnya, lagi ada banyak diskon lhoooo. Selain itu, Chelsi juga kasih komisi menarik setiap Teman VAN melakukan pemesanan.

Traveling Naik Kereta? Wajib Coba Karena 5 Alasan Ini

Traveling naik kereta itu wajib dicoba! Satu pengalaman yang menyenangkan dan bikin nagih lho…

Kereta api memang dikenal sebagai salah satu moda transportasi massal terfavorit. Baik di Pulau Jawa atau Sumatera, rutenya melewati kota-kota penting. Jadi nggak heran deh kalau banyak yang pilih naik kereta api buat mudik atau liburan.

Eitsss, nggak cuma itu aja… Masih ada 5 alasan lagi nih kenapa traveling naik kereta wajib dicoba. Chelsi jabarin satu per satu yaaa.

Hemat Budget, Banget!

Traveling Naik Kereta Wajib Coba Karena 5 Alasan Ini
Image: tempo.co

Ini jadi alasan utama kenapa kereta disukai. Yap, harga tiketnya jauh lebih bersahabat apalagi untuk kelas ekonomi bisa hemat bangetttt. Selain kelas ekonomi, kereta api juga menawarkan kelas bisnis, eksekutif, hingga luxury.

Jadi… kalau pengin liburan hemat ya naik kereta aja. Harga tiketnya juga stabil lho nggak kayak tiket pesawat. Coba cek langsung aja di sini. Dengan budget transportasi yang hemat, Teman VAN bisa mengalokasikan dana lebih untuk hal lain misalnya penginapan, tiket tempat wisata, atau kulineran.

Fasilitas Jempolan

Traveling Naik Kereta Wajib Coba Karena 5 Alasan Ini
Image: pil-tei.com

Hemat sih tapi fasilitas gimana tuh?

Tenang… meski low-budget, kereta api punya fasilitas yang jempolan. Semakin ke sini, naik kereta api jauh lebih nyaman dan aman dengan disediakannya fasilitas yang cukup lengkap. Di kereta api kelas ekonomi sekali pun udah dilengkapi dengan AC, toilet, dan stop kontak. Butuh sewa bantal atau beli makanan? Bisa, akan ada petugas yang menawari.

Baca juga: Ibu Kota Baru, Obyek Wisatanya Seru

Pengin fasilitas lebih? Cobain deh kelas luxury alias sleeper train. Chelsi jamin bikin betah karena mewah~

Bagasi? Nggak Perlu Bayar

Traveling Naik Kereta Wajib Coba Karena 5 Alasan Ini
Image: amtrakvacations.com

Yes, aturan bagasi nggak ribet dan gratis! Dengan catatan… maksimum 20 kg dengan volume maksimum 100 dmĀ³ (dimensi maksimal 70x48x30 cm) dan sebanyak-banyaknya terdiri dari 4 koli (item bagasi).

Meski begitu, bawa bagasi secukupnya aja ya, Teman VAN biar lebih aman dan nyaman. Yaaaa namanya juga mau traveling, bukan mau pindahan šŸ˜€

Prosedur Naik Kereta Anti Ribet

Traveling Naik Kereta Wajib Coba Karena 5 Alasan Ini
Image: smartertravel.com

Nah, buat yang belum pernah naik kereta api nggak perlu bingung deh karena prosedurnya terbilang sederhana. Penumpang cuma melewati satu pos pemeriksaan tiket aja. Setelah itu tinggal nunggu kereta datang dan langsung meluncurrrr… Tiba di stasiun 15 menit sebelum jadwal keberangkatan pun bisa.

Baca juga: 5 Kuliner Indonesia yang Terkenal Lezat Hingga Go International

Beda banget kan sama naik pesawat? Kalau traveling naik pesawat, minimal dua jam sebelum keberangkatan penumpang harus udah ada di bandara untuk melewati serangkaian pemeriksaan.

Perjalanan Anti Bosan

Traveling Naik Kereta Wajib Coba Karena 5 Alasan Ini
Image: joyspringhills.com

Alasan terakhir kenapa traveling naik kereta itu adalah nggak akan bosan selama perjalanan. Apalagi kalau ramean sama teman-teman. Teman VAN bisa memesan kursi yang berdekatan, mengaturnya agar berhadapan dan mulai menikmati perjalanan dengan bercerita, bermain game sederhana, hingga melihat pemandangan alam yang dilewati.

Oh iya wajib inget nih untuk jaga volume suara supaya tidak mengganggu penumpang yang lain.

***

Setelah baca lima alasan di atas, tertarik coba traveling naik kereta api kaaan? Tentukan destinasinya dan ajak teman-temanmu!

Begitu tau mau ke mana dan kapan, langsung pesan tiketnya yaaa. Soalnya kereta api ini banyak peminatnya, jadi tiket termurahnya pasti diserbu…

Selamat merencanakan liburan, Teman VAN!

Hotel VAN Tampil Baru

Halo Teman VAN,

Buat yang sering booking hotel, kalian akan menemukan sesuatu yang baru di sistem VAN lho… Ada yang udah ngecek? Apa ituuu?

Yap, hotel VAN tampil baru! Jauh lebih fresh dengan fitur-fitur yang lebih memudahkan. Selain itu, Chelsi kasih pilihan hotel yang lebih banyaaaak baik domestik atau pun internasional. Soal harga jangan ditanya deh karena pasti lebih kompetitif, banyak promo, dan ada komisi.

Jadi, apa aja yang baru?

  1. Tampilan lebih fresh dengan image dan detail fasilitas hotel.
  2. Harga lebih kompetitif mulai dari hotel budget sampai dengan hotel berbintang.
  3. Lebih banyak promo diskon yang menarik.
  4. Lebih mudah melakukan pencarian dengan keyword. Cukup masukkan nama hotel/kota/area/landmark.
  5. Include komisi untuk setiap pemesanan hotel di VAN.
  6. Lebih banyak pilihan hotel domestik dan internasional.

Yang Teman VAN perlu perhatikan:

  1. Jika Teman VAN masih memerlukan akses ke hotel VAN versi sebelumnya, misalnya untuk mengakses data transaksi sebelumnya, maka bisa melalui URL berikut ini: http://www.travelagent.co.id/home.jsp?hotelversion=0
  2. Jika ada pertanyaan terkait tampilan baru hotel VAN dapat menghubungi tim Helpdesk.

Sekian info dari Chelsi. Semoga tampilan baru hotel VAN semakin memudahkan dan membuat Teman VAN nyaman bertransaksi. Selamat mencoba!


Cheers,

Chelsi

Ibu Kota Baru, Obyek Wisatanya Seru

Teman VAN udah dengar kan kalau lokasi ibu kota baru ada di Kalimantan Timur? Lebih tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara. Pengumuman ini disampaikan Presiden Joko Widodo tanggal 26 Agustus 2019 lalu di Istana Negara, Jakarta.

Nah, setelah pengumuman ini pasti banyak dari Teman VAN yang cari tahu ada obyek wisata seru apa di sana. Baiklah… Chelsi akan rangkum obyek wisata seru di Kalimantan Timur yang patut Teman VAN kunjungi.

1.Bukit Batu Dinding

Image: kumpulanupdateberita.blogspot.com

Di ibu kota baru, kita akan dimanjakan dengan wisata alam yang masih asri. Salah satunya adalah Bukit Batu Dinding yang terletak di Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Seperti namanya, bukit ini jika dilihat dari jauh memang menyerupai dinding yang berasal dari tumpukan batu yang tersusun memanjang kurang lebih 400 meter. Karena lokasinya di ketinggan 200 mdpl dan sekelilingnya hutan asri, Bukit Batu Dinding jadi tempat favorit untuk melihat sunrise dan sunset lho.

2. Pulau Kumala

Image: backpackerjakarta.com

Jakarta punya TMII dan Dufan, Kalimantan Timur?

Jangan khawatir yang mau liburan keluarga di Kalimantan Timur bisa ke Taman Wisata Pulau Kumala. Pulau kecil ini memanjang ke sebelah barat Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Baca juga: 5 Kuliner Indonesia yang Terkenal Lezat Hingga Go International

Karena dibuat sebagai tempat rekreasi dan pengenalan budaya Kalimantan, di sini Teman VAN bisa lihat lamin (rumah suku Dayak), bangunan candi bernama Pura Pasak Pulau, dan patung Lembu Swana. Selain itu, TemanVAN juga bisa menikmati wahana seru seperti sky tower setinggi 75 m, kereta mini, trampolin, hingga cable car.

3. Samboja Lestari

Image: orangutan.or.id

Obyek wisata seru selanjutnya adalah Samboja Lestari di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Penangkaran orangutan ini terdiri dari tujuh pulau tapi hanya dua yang dibuka untuk wisatawan umum. Lima pulau lainnya hanya untuk pengelola, peneliti, dan relawan konservasi. Oh iya, disebut pulau karena areanya dibatasi sungai kecil.

Di Samboja Lestari, kita bisa berinteraksi langsung dan mengenal karakteristik orangutan. Wah, bakal jadi pengalaman yang menarik yaa.

4. Museum Mulawarman

Image: wikimedia.org

Di ibu kota baru, ada satu museum yang paling terkenal yaitu Museum Mulawarman. Bangunan museum itu dulunya istana kesultanan lho. Koleksi Museum Mulawarman pun didominasi peninggalan Kesultanan Kutai, patung-patung, dan benda bersejarah. Jumlah koleksinya kurang lebih 5.373.

Baca juga: Spot Glamping Terbaik untuk Nikmati Alam di Akhir Pekan

Ā Pengin berkunjung ke sana? Langsung saja menuju Jalan Tepian Pandan, Panji, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp2.500 untuk orang dewasa dan Rp1.000 untuk anak-anak.

5. Taman Kota Raja Tenggarong

Image: djehanprakoso.it.student.pens.ac.id

Obyek wisata seru terakhir rekomendasi Chelsi adalah Taman Kota Raja Tenggarong. Tempat ini cocok banget buat piknik… Bisa bersantai sambil menikmati pemandangan jembatan Kartanegara dan menara yang mirip pohon di Garden Bay Singapore.

Taman Kota Raja Tenggarong ini buka selama 24 jam lho. Kalau datang malam hari, Teman VAN bisa dapat pemandangan yang cantik dengan lampu warna-warni.

***

Itulah obyek wisata seru yang ada di kawasan ibu kota baru! Dari taman kota, wisata sejarah, hingga wisata alam ada semuaaaa. Lengkap dan menyenangkan…