Kota Paling Banyak Dikunjungi, Ada Wisata Menarik Apa di Bangkok?

Wow! Empat tahun berturut-turut,Bangkok dinobatkan sebagai kota yang paling banyak dikunjungi di dunia. Menurutlaporan MasterCard Inc ada sekitar 22,8 juta pengunjung lho. Tentu ini jadi kabarbaik untuk pemerintah Thailand karena sebelumnya sempat mengalami penurunankedatangan orang asing.

Posisi Bangkok ini mengunggulikota favorit lainnya seperti Paris, London, Dubai, Istanbul, Tokyo hingga NewYork. Keren banget sihhh! Kira-kira kenapa yaaa Bangkok bisa menarik puluhanjuta orang dari berbagai belahan dunia? Ada wisata menarik apa di sana? Kitabahas bersama yuuuk~

Grand Palace

Bangkok
Image: netdna-ssl.com

Wisata utama yang bikin Bangkokmenarik ituuuu Grand Palace! Wisatawan wajib dateng ke sini untuk melihat kompleksbangunan bersejarah kerajaan Thailand. Setiap sudutnya indah lho karenamemiliki perpaduan arsitektur khas Thailand dan gaya neo-Baroque.

Supaya puas menjelajah kompleksini, Teman VAN bisa datang lebih pagi. Apalagi di dalam Grand Palace juga adakuil paling suci yang nggak dilewatkan yaitu Wat Phra Kaew. Di kuil inilahpengunjung bisa melihat Emerald Buddha, patung Buddha paling suci di Thailand. Setiapmusim, ada upacara penggantian pakaian Emerald Buddha yang hanya bolehdilakukan oleh raja atau putra mahkota.

Wat Pho

Bangkok
Image: asiawebdirect.com

Thailand memang punya banyak kuil tapi satu yang nggak bolehdilewatkan adalah Wat Pho. Pernah dengar soal Sleeping Buddha? Nah, di kuil iniTeman VAN bisa melihat secara langsung.

Baca juga ya: Mau Liburan ke Eropa? Pertimbangkan Buat ke-3 Kota Ini

Patung Buddha berbaring sepanjang 46 meter tersebutmelambangkan Sang Buddha di Nirvana. Menariknya lagi, di bagian telapak kakiterdapat 108 panel yang menggambarkan ciri agung seorang Buddha. Unik danmegah!

Jika Teman VAN ingin berkunjung ke Wat Pho atau kuil manapun di Thailand, pastikan memakai pakaian yang sopan ya.

Sungai Chao Phraya

Bangkok

Image: asiawebdirect.com

Wisata selanjutnya yang bikin Bangkok jadi kota palingbanyak dikunjungi adalah Sungai Chao Phraya. Ini adalah sungai legendaris danpenting di Thailand. Dari Thailand Utara hingga Selatan dilalui oleh sungai inilho. Oleh karena itu dimanfaatkan untuk irigasi, pasar terapung hinggatransportasi penduduk.

Pengin menyusuri Sungai Chao Phraya? Tenaaaang, Teman VANbisa naik kapal dan menikmati view Bangkok. Kalau pengin jalan-jalan bisa mampirke Aiatique The Riverfont, sebuah kawasan belanja pasar tradisional dan mallyang ada di tepian sungai.

Pasar Chatuchak

Bangkok
Image: klook.com

Ke Bangkok tapi nggak belanja? Rugi~

Kalau mau cari yang murah-murah, bisa ke Chatuchak WeekendMarket. Awas kalap! Soalnya selain murah, ada banyaaaak barang yang dijual disana mulai dari pakaian, kerajinan tangan, keramik, furniture, makanan, minuman,tanaman, hewan peliharaan, karya seni, buku, hingga preloved stuff. Surga belanja…

Sebelum ke sana, pastikan cek hari ya karena Pasar Chatuchakhanya ada di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Jangan sampai salah hari yaaa.

Jim Thompson House

Bangkok
Image: tripsavvy.com

Teman VAN pernah dengan soal Jim Thompson? Ia adalah seorangpebisnis sutra Thailand dan kolektor barang seni yang berasal dari Amerika.Namun di tahun 1967, ia menghilang secara misterius di sebuah hutan di CameronHighlands, Malaysia.

Baca juga ya: Hilangkan Penat, Staycation Bareng Orang Terdekat

Karena tak memiliki istri dan anak, pemerintah Thailandmengelola rumahnya menjadi satu tempat wisata yang menarik. Semua barang peninggalannyamasih tersimpan rapi di sana. Bahkan ada pemandu yang siap menemani pengunjungberkeliling dan bercerita soal Jim Thompson. Penasaran? Makanya kalau keBangkok harus mampir ke Jim Thompson House…

Siam Niramit

Bangkok
Image: befreetour.com

Siam Niramit juga jadi alasan kenapa Bangkok dikunjungibanyak wisatawan. Pertunjukan tari dan teater legendaris ini benar-benarmemukau!

Dalam durasi 90 menit, penonton diajak mengenal sejarah dankehidupan warga Bangkok zaman dahulu. Pertunjukan ini melibatkan lebih dari 100orang lho untuk memberikan beragam aksi keren dengan properti unik di panggungyang megah.

Baca juga ya: 5 Kuliner Indonesia yang Terkenal Lezat Hingga Go International

Siam Niramit punya satu aturan yang wajib dipatuhi yaitudilarang mengambil gambar dengan alat apapun. Keuntungannya… Teman VAN jadibisa lebih fokus menikmati pertunjukan tanpa terdistraksi. Wah, pasti lebihmenyenangkan dan berkesan deh!

Taman Lumphini

Bangkok
Image: strippedpixel.com

Di tengah hiruk pikuk kota Bangkok, Taman Lumpini hadirbagai oase yang menyejukkan. Taman dengan luas lebih dari 500 ribu meterpersegi ini jadi tempat favorit masyarakat Thailand untuk bersantai dan berolahraga.Tentu saja karena suasananya asri dengan pepohonan rindang dan sebuah danau.Selain itu fasilitasnya juga lengkap ada area bermain anak, jalur sepeda danjogging hingga peralatan gym sederhana.

Konon, Taman Lumphini ini dibangun pada masa pemerintahanRaja Rama V Chulalongkorn dengan inspirasi dari Kebun Raya Bogor, Indonesialho.

***

Setiap tempat memang punya keunikan dan daya tarik sendiri.Menurut Chelsi, keunikan obyek wisata di atas mampu menarik wisatawan dariberbagai penjuru dunia untuk datang ke Bangkok. Dari wisata sejarah, belanja,kuliner hingga seni pertunjukan pun ada di Bangkok. Lengkap deh! Jadi nggak heran kalau Bangkok dinobatkansebagai kota yang paling banyak dikunjungi tahun ini

Hilangkan Penat, Staycation Bareng Orang Terdekat

Rutinitas makin padat? Kiniwaktunya untuk menghilangkan penat dengan staycation.

Staycation adalah pilihan tepatbuat Teman VAN yang butuh refreshing tapinggak punya banyak waktu. Menginap di hotel yang ada di kotamu pas weekend aja udah cukup. Ini jauh lebihbaik daripada memaksakan untuk traveling keluar kota tapi masih ada tanggung jawab yang belum selesai di kantor. Ataujustru memilih nggak refreshing danterus berkutat dengan pekerjaan? Nanti bisa-bisa malah stres dan jadi nggakproduktif lho.

Karena waktunya singkat, ciptakanstaycation yang berkualitas yuk!Supaya setelah itu jadi bener-bener freshdan semangat. Gimana caranya? Ikuti staycationala Chelsi ini.

Makin Seru, AjakOrang Terdekat

staycation
Image: familytravelck.com

Staycation akan lebih menyenangkan jika Teman VAN mengajak orangterdekat, baik itu sahabat atau keluarga. Jika hari biasa terlalu sulit untukmenghabiskan waktu bersama, staycation memberikesempatan emas itu. Teman VAN bersama sahabat atau keluarga bisa berkumpul,berbagi cerita, hingga melakukan kegiatan-kegiatan yang disuka.

Jangan Salah PilihHotel

staycation
Image: blogspot.com

Yay, saatnya hunting hotel! Pemilihan hotel ini penting lho. Salah-salah,bukannya refreshing tapi malah jadipusing~

Pertama, tentukan dulu Teman VANpengin staycation dengan menikmatisuasana kota atau suasana yang tenang di daerah pinggiran. Jika sudah bisamenjawab ini, Teman VAN bisa mulai huntinghotel di Google, social media, ataulangsung di online travel agent.

Pastikan Teman VAN memilih hotelyang nyaman yaaa. Hal ini bisa dicek dengan membaca reviewpengunjung-pengunjung sebelumnya.

Baca juga: Ibu Kota Baru, Obyek Wisatanya Seru

Kalau Ada yang Hemat,Kenapa Enggak?

staycation
Image: ozirith.com

Satu lagi yang nggak boleh ketinggalan, pertimbangkan tarifhotel. Staycation memang butuh hotelyang nyaman tapi dompet juga harus aman dooong. Untuk itu, Teman VAN harus rajin-rajincari promo biar lebih hemat.

Nah, kebetulan banget nih di sistem VAN lagi ada diskon untuk seluruh hotel diIndonesia dan Luar Negeri. Jadi manfaatin yuk buat staycation!

Manfaatkan Fasilitasyang Tersedia

staycation
Image: visitphilly.com

Tanpa perlu keluar hotel, Teman VAN bisa melakukan banyak kegiatan yang menyenangkan. Itu pun kalau nggak mager ?

Baca juga ya: Mau Liburan ke Eropa? Pertimbangkan Buat ke-3 Kota Favorit Chelsi

Tapi yang jelas, manfaatkan fasilitas yang tersedia mulaidari breakfast, menonton serial dichannel TV favorit, berenang, olahraga di fitnesscenter,bersantai di rooftop, hingga spa.Lakukan aktivitas yang bisa membuatmu freshdeh. Okeee?

***

Itulah staycation menyenangkanala Chelsi! Setelah menghilangkan penat sejenak, kita pun akan siap menghadapihari. Semangat akan balik lagi dan produktivitas meningkat!

Setelah baca blog Chelsi ini, jadi ada yang pengin staycation? Yeay! Langsung aja bookinghotel di sistem VAN yaaa. Dengantampilan hotel VAN yang baru, Teman VAN bisa melakukan pencarian dan bookingdengan lebih mudah. Seperti yang Chelsi bilang sebelumnya, lagi ada banyakdiskon lhoooo. Selain itu, Chelsi juga kasih komisi menarik setiap Teman VANmelakukan pemesanan.

Traveling Naik Kereta? Wajib Coba Karena 5 Alasan Ini

Traveling naik kereta itu wajib dicoba! Satu pengalaman yangmenyenangkan dan bikin nagih lho…

Kereta api memang dikenal sebagai salah satu modatransportasi massal terfavorit. Baik di Pulau Jawa atau Sumatera, rutenyamelewati kota-kota penting. Jadi nggak herandeh kalau banyak yang pilih naik kereta api buat mudik atau liburan.

Eitsss, nggak cumaitu aja… Masih ada 5 alasan lagi nih kenapa traveling naik kereta wajibdicoba. Chelsi jabarin satu per satu yaaa.

Hemat Budget, Banget!

Traveling Naik Kereta Wajib Coba Karena 5 Alasan Ini
Image: tempo.co

Ini jadi alasan utama kenapa kereta disukai. Yap, hargatiketnya jauh lebih bersahabat apalagi untuk kelas ekonomi bisa hematbangetttt. Selain kelas ekonomi, kereta api juga menawarkan kelas bisnis, eksekutif,hingga luxury.

Jadi… kalau pengin liburan hemat ya naik kereta aja. Hargatiketnya juga stabil lho nggak kayak tiket pesawat. Coba cek langsung aja di sini. Dengan budget transportasiyang hemat, Teman VAN bisa mengalokasikan dana lebih untuk hal lain misalnya penginapan,tiket tempat wisata, atau kulineran.

Fasilitas Jempolan

Traveling Naik Kereta Wajib Coba Karena 5 Alasan Ini
Image: pil-tei.com

Hemat sih tapi fasilitas gimana tuh?

Tenang… meski low-budget,kereta api punya fasilitas yang jempolan. Semakin ke sini, naik kereta api jauhlebih nyaman dan aman dengan disediakannya fasilitas yang cukup lengkap. Dikereta api kelas ekonomi sekali pun udah dilengkapi dengan AC, toilet, dan stopkontak. Butuh sewa bantal atau beli makanan? Bisa, akan ada petugas yangmenawari.

Baca juga: Ibu Kota Baru, Obyek Wisatanya Seru

Pengin fasilitas lebih? Cobain deh kelas luxury aliassleeper train. Chelsi jamin bikin betah karena mewah~

Bagasi? Nggak PerluBayar

Traveling Naik Kereta Wajib Coba Karena 5 Alasan Ini
Image: amtrakvacations.com

Yes, aturan bagasi nggak ribet dan gratis! Dengan catatan…maksimum 20 kg dengan volume maksimum 100 dm³ (dimensi maksimal 70x48x30cm) dan sebanyak-banyaknya terdiri dari 4 koli (item bagasi).

Meski begitu, bawa bagasi secukupnya aja ya, Teman VAN biarlebih aman dan nyaman. Yaaaa namanya juga mau traveling, bukan mau pindahan 😀

Prosedur Naik Kereta AntiRibet

Traveling Naik Kereta Wajib Coba Karena 5 Alasan Ini
Image: smartertravel.com

Nah, buat yang belum pernah naik kereta api nggak perlubingung deh karena prosedurnya terbilang sederhana. Penumpang cuma melewatisatu pos pemeriksaan tiket aja. Setelah itu tinggal nunggu kereta datang danlangsung meluncurrrr… Tiba di stasiun 15 menit sebelum jadwal keberangkatanpun bisa.

Baca juga: 5 Kuliner Indonesia yang Terkenal Lezat Hingga Go International

Beda banget kan sama naik pesawat? Kalau traveling naikpesawat, minimal dua jam sebelum keberangkatan penumpang harus udah ada dibandara untuk melewati serangkaian pemeriksaan.

Perjalanan Anti Bosan

Traveling Naik Kereta Wajib Coba Karena 5 Alasan Ini
Image: joyspringhills.com

Alasan terakhir kenapa traveling naik kereta itu adalahnggak akan bosan selama perjalanan. Apalagi kalau ramean sama teman-teman.Teman VAN bisa memesan kursi yang berdekatan, mengaturnya agar berhadapan danmulai menikmati perjalanan dengan bercerita, bermain game sederhana, hingga melihat pemandangan alam yang dilewati.

Oh iya wajib inget nih untuk jaga volume suara supaya tidakmengganggu penumpang yang lain.

***

Setelah baca lima alasan di atas, tertarik coba travelingnaik kereta api kaaan? Tentukan destinasinya dan ajak teman-temanmu!

Begitu tau mau ke mana dan kapan, langsung pesan tiketnyayaaa. Soalnya kereta api ini banyak peminatnya, jadi tiket termurahnya pastidiserbu…

Selamat merencanakan liburan, Teman VAN!

Hotel VAN Tampil Baru

Halo Teman VAN,

Buat yang sering booking hotel, kalian akan menemukansesuatu yang baru di sistem VAN lho… Ada yang udah ngecek? Apa ituuu?

Yap, hotel VAN tampil baru! Jauh lebih fresh dengan fitur-fitur yang lebih memudahkan. Selain itu, Chelsikasih pilihan hotel yang lebih banyaaaak baik domestik atau pun internasional.Soal harga jangan ditanya deh karena pasti lebih kompetitif, banyak promo, danada komisi.

Jadi, apa aja yang baru?

  1. Tampilan lebih fresh dengan image dan detailfasilitas hotel.
  2. Harga lebih kompetitif mulai dari hotel budget sampai dengan hotel berbintang.
  3. Lebih banyak promo diskon yang menarik.
  4. Lebih mudah melakukan pencarian dengan keyword.Cukup masukkan nama hotel/kota/area/landmark.
  5. Include komisi untuk setiap pemesanan hotel diVAN.
  6. Lebih banyak pilihan hotel domestik daninternasional.

Yang Teman VAN perlu perhatikan:

  1. Jika Teman VAN masih memerlukan akses ke hotelVAN versi sebelumnya, misalnya untuk mengakses data transaksi sebelumnya, makabisa melalui URL berikut ini: http://www.travelagent.co.id/home.jsp?hotelversion=0
  2. Jika ada pertanyaan terkait tampilan baru hotelVAN dapat menghubungi tim Helpdesk.

Sekian info dari Chelsi. Semoga tampilan baru hotel VANsemakin memudahkan dan membuat Teman VAN nyaman bertransaksi. Selamat mencoba!


Cheers,

Chelsi

Ibu Kota Baru, Obyek Wisatanya Seru

Teman VAN udah dengar kan kalau lokasi ibu kota baru ada diKalimantan Timur? Lebih tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara dan KutaiKartanegara. Pengumuman ini disampaikan Presiden Joko Widodo tanggal 26 Agustus2019 lalu di Istana Negara, Jakarta.

Nah, setelah pengumuman ini pasti banyak dari Teman VAN yang cari tahu ada obyek wisata seru apa di sana. Baiklah… Chelsi akan rangkum obyek wisata seru di Kalimantan Timur yang patut Teman VAN kunjungi.

1.Bukit Batu Dinding

Image: kumpulanupdateberita.blogspot.com

Di ibu kotabaru, kita akan dimanjakan dengan wisata alam yang masih asri. Salah satunyaadalah Bukit Batu Dinding yang terletak di Desa Bukit Merdeka, KecamatanSamboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Seperti namanya, bukit ini jika dilihat dari jauh memang menyerupai dinding yang berasal dari tumpukan batu yang tersusun memanjang kurang lebih 400 meter. Karena lokasinya di ketinggan 200 mdpl dan sekelilingnya hutan asri, Bukit Batu Dinding jadi tempat favorit untuk melihat sunrise dan sunset lho.

2. Pulau Kumala

Image: backpackerjakarta.com

Jakarta punyaTMII dan Dufan, Kalimantan Timur?

Jangan khawatiryang mau liburan keluarga di Kalimantan Timur bisa ke Taman Wisata PulauKumala. Pulau kecil ini memanjang ke sebelah barat Kota Tenggarong, KabupatenKutai Kartanegara.

Baca juga: 5 Kuliner Indonesia yang Terkenal Lezat Hingga Go International

Karena dibuat sebagai tempat rekreasi dan pengenalan budaya Kalimantan, di sini Teman VAN bisa lihat lamin (rumah suku Dayak), bangunan candi bernama Pura Pasak Pulau, dan patung Lembu Swana. Selain itu, TemanVAN juga bisa menikmati wahana seru seperti sky tower setinggi 75 m, kereta mini, trampolin, hingga cable car.

3. Samboja Lestari

Image: orangutan.or.id

Obyek wisata seru selanjutnya adalahSamboja Lestari di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Penangkaran orangutanini terdiri dari tujuh pulau tapi hanya dua yang dibuka untuk wisatawan umum. Limapulau lainnya hanya untuk pengelola, peneliti, dan relawan konservasi. Oh iya,disebut pulau karena areanya dibatasi sungai kecil.

Di Samboja Lestari, kita bisa berinteraksi langsung dan mengenal karakteristik orangutan. Wah, bakal jadi pengalaman yang menarik yaa.

4. Museum Mulawarman

Image: wikimedia.org

Di ibu kota baru, ada satu museum yangpaling terkenal yaitu Museum Mulawarman. Bangunan museum itu dulunya istanakesultanan lho. Koleksi Museum Mulawarman pun didominasi peninggalan KesultananKutai, patung-patung, dan benda bersejarah. Jumlah koleksinya kurang lebih5.373.

Baca juga: Spot Glamping Terbaik untuk Nikmati Alam di Akhir Pekan

 Pengin berkunjung ke sana? Langsung saja menuju Jalan Tepian Pandan, Panji, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp2.500 untuk orang dewasa dan Rp1.000 untuk anak-anak.

5. Taman Kota Raja Tenggarong

Image: djehanprakoso.it.student.pens.ac.id

Obyek wisata seru terakhir rekomendasiChelsi adalah Taman Kota Raja Tenggarong. Tempat ini cocok banget buatpiknik… Bisa bersantai sambil menikmati pemandangan jembatan Kartanegara dan menarayang mirip pohon di Garden Bay Singapore.

Taman Kota Raja Tenggarong ini buka selama 24jam lho. Kalau datang malam hari, Teman VAN bisa dapat pemandangan yang cantikdengan lampu warna-warni.

***

Itulah obyek wisata seru yang ada di kawasan ibu kota baru! Daritaman kota, wisata sejarah, hingga wisata alam ada semuaaaa. Lengkap danmenyenangkan…