Tradisi Sambut Ramadhan di Daerah-daerah Indonesia

Setiap daerah di Indonesia memiliki tradisi masing-masing dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Setiap tahunnya, tradisi ini dilaksanakan saat menyambut bulan suci dan sekaligus menjadi atraksi wisata yang menarik untuk didatangi. Nah, berikut Chelsi merangkum tradisi unik pada setiap daerah menjelang bulan suci Ramadhan :
Tradisi Santap Daging Bersama Jelang Ramadan di Aceh

https://steemit-production-imageproxy-upload.s3.amazonaws.com

Masyarakat Aceh punya tradisi khusus menyambut bulan suci Ramadan. Dua hari sebelum puasa, warga Tanah Rencong membeli daging lembu atau kerbau untuk dimasak, lalu disantap bersama. Tradisi ini sudah berlangsung sejak 400 tahun lalu dan bernama Meugang. Harga daging yang dijual pada hari Meugang atau Madmeugang melonjak drastis. Meski tergolong mahal, tapi itu tidak menjadi masalah bagi masyarakat Tanah Rencong. Sebabnya, jauh hari sebelum Meugang warga sudah mempersiapkan diri untuk membeli daging sesuai kemampuan. Saat Meugang semua orang statusnya sama baik orang kaya ataupun miskin. Mereka semua beli daging untuk dimakan bersama keluarga. Tradisi Meugang ini sudah dilakukan sejak masa Sultan Iskandar Muda memimpin Aceh.

 

Tradisi Gerebek Apem di Jombang

https://www.nu.or.id

Warga Kabupaten Jombang, Jawa Timur punya cara unik untuk menyambut bulan suci Ramadan, yakni Gerebek Apem. Di tradisi ini, warga memperebutkan 21 gunungan kue apem yang dipercaya sebagai simbol permohonan ampun kepada Allah SWT. Gerebek Apem diawali dengan kirab gunungan dari GOR Merdeka Jombang menuju Ringin Contong di Jalan Gus Dur. Sedikitnya 21 gunungan dari kue apem diarak membelah ribuan warga yang memadati jalan. Gerebek Apem sebagai tradisi warga Jombang sejak puluhan tahun silam untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Kue apem mempunyai filosofi yang harus selalu menjadi pegangan warga kota santri. Apem dalam bahasa arab adalah afwan, artinya meminta pengampunan dari Allah SWT.

Padusan, Jateng-DIY

https://www.an-najah.net

Salah satu cara yang dipercaya untuk bisa menyucikan diri adalah dengan cara mandi atau berendam di laut atau sumber-sumber air yang dianggap kramat. Masyarakat Boyolali di Jawa Tengah adalah salah satu daerah yang masih mempercayai tradisi seperti ini. Setiap menjelang bulan ramadan masyarakat Boyolali akan beramai-ramai mendatangi air terjun atau sumber air lainnya yang dianggap kramat.

Permainan Bola Api di Cileunyi

http://www.josstoday.com

Sementara itu di Cileunyi, menyambut Ramadan, anak-anak Kelurahan Cibiru Hilir, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, bermain bola api. Permainan bola api dilakukan oleh 10 orang anak-anak yang dibagi ke dalam dua tim. Secara umum, permainan bola api yang dilakukan anak-anak ini sama seperti permainan sepak bola pada umumnya. Namun yang membedakan, gawang hanya berukuran satu langkah kaki dan tanpa ada penjaga gawang. Sebelum permainan dimulai, anak-anak berkumpul mengelilingi bola api yang terbuat dari batok kelapa yang telah direndam minyak tanah. Dibimbing salah seorang ustaz, mereka membaca doa sebelum permainan dimulai.

Bicara soal Bulan Ramadan, tandanya sudah semakin dekat pula ke musim mudik lebaran. Belum dapat tiket mudik? Jangan khawatir, karena VAN  punya banyak solusi untuk perjalanan mudik kamu. Selain lebih mudah, mudik dengan VAN  juga lebih murah karena selalu ada harga terbaik, ke mana pun. Belum bergabung menjadi member VAN? segera daftar,  gratis sekarang  di www.travelagent.co.id

Daftar Negara-Negara Yang Ramah Muslim Traveler

Bulan suci sebentar lagi hadir dan semua umat muslim menyambut dengan penuh suka cita. Berpuasa penuh selama bulan ramadhan tentu menjadi harapan semua umat muslim tanpa terkecuali. Nah, buat kamu yang ingin berlibur saat bulan puasa, ada baiknya simak ulasan Chelsi tentang negara-negara yang ramah dengan para muslim traveler. Berikut daftar negara-negara tersebut :

Malaysia

http://www.alshahedonline.net

Negara serumpun Malaysia berada di urutan pertama dalam daftar. Tak heran sebab Malaysia memang dikenal memiliki ragam tempat wisata, bukan hanya wisata alam tapi juga wisata kota yang indah. Penduduknya yang mayoritas muslim pun lebih mempermudah langkah pemerintah Malaysia menjadikan negaranya sebagai negara ramah muslim. Malaysia juga sering mendapatkan penghargaan sebagai negara ramah akan muslim traveler dan juga wisata halalnya.

Indonesia

https://www.hijabtraveler.com

Jika belum bisa mendapat urutan pertama, setidaknya urutan kedua pun sudah sangat membanggakan. Indonesia ternyata punya prestasi mentereng beberapa tahun belakangan ini pada industri wisata muslimnya. Terbukti, Indonesia bisa berada di atas Jepang sampai Uni Emirat Arab sebagai negara paling favorit dikunjungi oleh traveler muslim milennial dunia. Mayoritas penduduknya yang beragama muslim tentu saja kian mempermudah langkah pemerintah untuk menciptakan wisata halal.. Berbagai penghargaan terkait wisata muslim pun telah datang dari dunia untuk Indonesia.

Jepang

https://cdns.klimg.com/dream.co.id

Negeri Matahari Terbit ini sebenarnya sudah menjadi tujuan para pelancong dunia untuk berlibur. Tak terkecuali bagi traveler muslim. Setiap tahun jumlah wisatawan muslim ke negara ini terus meningkat sampai kemudian pemerintah Jepang pun memberikan fasilitas wisata halal saat ini. Mulai dari berbagai aspek telah tersedia bagi traveler muslim di sini, mulai dari masjid, makanan halal sampai dengan penginapan halal.

Korea Selatan

https://d3rr2gvhjw0wwy.cloudfront.net

Sejak mewabahnya demam K-Pop dan drama Korea beberapa tahun belakangan, industri wisata Korea juga berkembang amat pesat. Dengan budaya dan keindahan alam yang cantik, Korea sukses merebut hati wisatawan dunia.

Sederet destinasi wisata halal yang bisa kamu kunjungi di Korea adalah Nami Island, Gyeongbok Palace, Seoul Tower, Jayu Park, dan masih banyak lagi. Bagi kamu yang ingin merasakan suasana tradisional Korea dan menikmati hidangan tradisionalnya, kamu bisa berkunjung ke Jeonju. Di kawasan ini, ada sangat banyak kuliner khas Korea Selatan yang halal, seperti bibimbap.

Uni Emirat Arab

https://www.visitorscoverage.com

Dubai jadi salah satu kota terbaik untuk kamu kunjungi. Ada sangat banyak hotel yang sudah memiliki sertifikasi halal. Tak hanya hotel, pemerintah setempat juga sudah mencanangkan aturan terkait standarisasi halal di negara ini.

Hal ini mencakup seluruh aspek yang ada seperti makanan, minuman, pakaian, waktu salat, kesehatan, dan segala aspek yang diatur oleh hukum Islam. Jika kamu umat berlibur ke sini, tak perlu lagi khawatir soal kehalalan yang ada di UEA. Terjamin!

Turki

https://handluggageonly.co.

Sejak lama, reputasi Turki sebagai negara dengan wisata halal sudah tak diragukan lagi. Bahkan, negara ini menciptakan sebuah standar pelayanan yang diperuntukkan khusus bagi umat muslim. Standar ini dinamakan Turki Standards Institution (TSE). Setiap hotel yang ingin mendapat setifikasi halal harus mematuhi sejumlah peraturan dan standar yang ditetapkan.

Antara lain tak ada bar yang menyediakan alkohol, ada musala, masjid, restoran halal, penjualan produk kosmetik halal dan sebagainya. Telah ada lebih dari 50 hotel halal di Turki. Istanbul, Aydin, Izmir, dan Ankara jadi kota terfavorit wisatawan muslim.

 

Tertarik berlibur ke salah satu negara tersebut disaat bulan ramadhan nanti? Segera pesan tiket pesawatnya hanya di VAN ya! Login segera kemudian issued dan nikmati liburan halal di negara-negara yang ramah dengan muslim traveler.