8 Ritual dan Tradisi di Indonesia Tahun 2018

Suka traveling untuk mengenal keragaman tradisi di Indonesia? Kamu harus jadwalkan ke 8 acara ritual dan tradisi pada kalendermu! Ini delapan acara tersebut

Di tahun 2018, sebagian besar orang-orang melakukan traveling dengan tujuan tertentu. Ada yang traveling untuk mencicipi kuliner yang ada di destinasi tujuan dan ada juga yang hanya ingin belanja barang-barang unik dari daerah tujuan.

Buat kamu yang suka traveling untuk tujuan mengenal keragaman budaya dan tradisi di Indonesia, kamu wajib tandai beberapa jadwal dan daerah penyelenggara ritual dan tradisi berikut pada kalendermu! Ada 8 tradisi dan ritual yang tentunya wajib untuk kamu tonton! Berikut delapan acara tersebut :

1. Bau Nyale Mandalika, NTB

http://sidomi.com

Bau Nyale merupakan festival rakyat yang diadakan di Lombok, NTB. Festival ini dirayakan dengan berduyun-duyun ke laut untuk menangkap cacing laut. Festival Bau Nyale akan diadakan pada tanggal 20 Februari 2018. Perayaan tahun ini akan berpusat di sepanjang Pantai Seger di Desa Kuta, Kecamatan Pujut.

 

2. Cap Go Meh di Singkawang

http://static.republika.co.id

Cap Go Meh merupakan festival yang diadakan sebagai pertanda hari kelima belas setelah berakhirnya perayaan Tahun Baru Imlek. Biasanya Cap Go Meh ini selalu dirayakan dengan meriah dengan menggelar festival dan atraksi unik. Para tatung, perantara roh dewa, melakukan aksi ekstrem, seperti menusuk tubuh dengan menggunakan benda tajam. Festival ini akan diadakan pada tanggal 30 Maret 2018 di Singkawang, Kalimantan Barat.

 

3. Seba Badui di Banten

https://i2.wp.com

Seba Badui merupakan tradisi yang dilakukan oleh Suku Badui yang tinggal di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak. Salah satu rangkaian acaranya adalah mereka berjalan kaki puluhan meter untuk bersilaturahmi dengan para pimpinan pemerintah Banten.

Selain itu, ritual ini juga dimeriahkan dengan beragam atraksi, mulai dari wayang golek, panggung Tari Jaipong, beragam stand pameran karya kreatif warga Baduy, hingga pameran kuliner khas Banten. Tradisi ini akan dilaksanakan ada tanggal 30 April 2018.

 

4. Bakar Tongkang, Riau

http://2.bp.blogspot.com

Festival Bakar Tongkang ini bisa traveler saksikan pada tanggal 28-30 Juni di Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Festival ini berupa kegiatan bakar Tongkang sampai tumbang. Ritual ini juga untuk memperingati kehadiran masyarakat Tionghoa ke Bagansiapiapi pada tahun 1820.

 

5. Yadnya Kasadha dan Bromo Exotica

http://jelajahnesia.com

Acara Yadnya Kasadha dan Bromo Exotica bisa traveler kunjungi pada 29-30 Juni 2018 di Bromo, Jawa Timur. Acara ini merupakan upacara Suku Tengger setiap bulan kesepuluh kelender adat, yang diselenggarakan di lereng dan kawah Gunung Bromo.

 

6. Parade Kuda Sandelwood dan Tenun Ikat Sumba

https://services.gardanasional.id

Pulau Sumba melalui event Festival Sandalwood dan Festival Tenun Ikat Sumba dengan menampilkan acara utama Parade 1.001 Kuda Sandalwood dan atraksi 2018 seniman Tenun Ikat Sumba. Parade ini juga dikemas dengan dengan mengkombinasikan daya tarik budaya, kerajinan, kuliner, wisata alam dan potensi dari wilayah Sumba. Parade ini bisa traveler saksikan pada tanggal 2-9 Agustus 2018.

 

7. Pacu Jalur, Riau

http://www.tripriau.com

Pacu Jalur merupakan sebuah perlombaan mendayung di sungai dengan menggunakan sebuah perahu panjang yang terbuat dari kayu pohon. Acara Pacu Jalur ini diadakan di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau pada tanggal 29 Agustus-1 September 2018

 

8. Gandrung Sewu Banyuwangi

http://uc.blogdetik.com

Gandrung Sewu Banyuwangi merupakan event tari kolosal yang melibatkan seribu penari Gandrung. Event ini dapat kamu saksikan pada tanggal 20 Oktober 2018 di Banyuwangi. Festival ini juga memperkenalkan pada dunia tentang pesona Tari Gandrung.

Baca juga: Inilah Daftar Maskapai Paling Tepat Waktu

Wah, menarik sekali ya! Ayo dipilih mau nonton tradisi di Indonesia mana  dan segera cara tiket murah di VAN. Jangan sampai kamu melewatkan tradisi unik dan seru ini. Chelsi juga mau nonton ah!

Inilah Daftar Maskapai Paling Tepat Waktu

Semua orang pasti kecewa ketika pesawat yang akan mereka naiki delay apalagi sampai berjam-jam. Bagi kamu yang ingin menghindari delay bisa coba naik maskapai paling tepat waktu ini. Inilah 10 maskapai paling tepat waktu di dunia.

Semua orang pasti tidak menyukai jika pesawat yang akan mereka naiki mengalami delay apalagi sampai berjam-jam lamanya. Nah, bagi kamu yang ingin menghindari delay bisa coba naik maskapai paling tepat waktu ini.  Sebuah situs data penerbangan pesawat, OAG.com baru-baru ini merilis daftar ‘World’s Most Punctual Airline’ alias Maskapai Paling Tepat Waktu di Dunia.

Daftar ini disusun dari survey yang dilakukan pada 250 maskapai di seluruh dunia selama satu tahun. Kriteria penilaian tentu saja pada ketepatan waktu tiap maskapai kepada 57 juta penerbangan selama tahun 2017. Standar On-Time Performance (OTP) yang digunakan, yaitu berada di bawah 15 menit, dari jadwal keberangkatan atau pendaratan. nilah 10 maskapai paling tepat waktu. Penilaiannya dipilih dari 57 juta penerbangan selama tahun 2017 pada 250 maskapai di seluruh dunia.

 

1. airBaltic 90.01%

https://www.airbaltic.com

AirBaltic adalah perusahaan saham gabungan yang didirikan pada tahun 1995. Pemegang saham utamanya adalah negara Latvia, yang memiliki 80,05% saham. Sementara, Lars Thuesen memegang sekitar 20% melalui SIA Aircraft Leasing 1 SIA. airBaltic melayani lebih dari 60 destinasi dari pangkalan asalnya di Riga, Latvia.

bisnis tiket van

Dari setiap lokasi ini, airBaltic menawarkan koneksi nyaman melalui Riga ke jaringannya yang mencakup Eropa, Skandinavia, CIS dan Timur Tengah. Selain itu, airBaltic juga menawarkan penerbangan langsung dari Tallinn dan Vilnius. AirBaltic adalah maskapai penerbangan pertama di dunia yang memperkenalkan pesawat Bombardier CS300 yang baru. Sampai saat ini armada airBaltic terdiri dari 30 pesawat – Bombardier CS300, Boeing 737-500, Boeing 737-300 dan Bombardier Q400Next Gen.

2. Hong Kong Airlines 88.83%

http://www.hongkongairlines.com

Hong Kong Airlines Ltd adalah perusahaan penerbangan yang berbasis di Hong Kong, dengan kantor pusatnya di distrik Tung Chung dan pusat utamanya di Bandara Internasional Hong Kong. Didirikan pada tahun 2006 sebagai anggota Grup HNA.

Jaringan bertaraf Hong Kong Airlines saat ini mencakup lebih dari 30 kota secara regional, termasuk Gold Coast, Auckland, Beijing, Shanghai, Bangkok, Bali, Taipei, Seoul, Tokyo, Sapporo dan Okinawa, dan rute Vancouver dan Los Angeles yang baru diluncurkan pada tahun 2017. Maskapai ini memiliki gabungan armada sebanyak 35 pesawat. Armada penumpang saat ini memiliki 31 pesawat dengan usia rata-rata sekitar 5,0 tahun per September 2017.

3. Hawaiian Airlines 87.24%

http://iris.theaureview.com

Hawaiian Airlines adalah maskapai terbesar di negara bagian A.S. Hawaii. Ini adalah maskapai komersial terbesar ke-10 di AS, dan berbasis di Honolulu, Hawaii. Hawaii Airlines mengoperasikan penerbangan ke Asia, Hawaii, Selandia Baru, Australia dan daratan Amerika Serikat. Hawaii adalah kapal induk tertua di AS yang tidak pernah mengalami kecelakaan fatal atau kehilangan lambung sepanjang sejarahnya, dan sering kali menduduki daftar carrier tepat waktu di Amerika Serikat, serta pembatalan paling sedikit

4. Copa Airlines 86.39%

http://travelskills.com

Copa Airlines mengoperasikan lebih dari 315 jadwal penerbangan harian ke 74 destinasi di 31 negara di seluruh dunia Amerika Utara, Tengah dan Selatan. Maskapai ini juga merupakan operator utama dan pemilik maskapai penerbangan Kolombia AeroRepública yang saat ini dikenal sebagai Copa Airlines Colombia. Copa didirikan pada tahun 1947 sebagai maskapai penerbangan nasional Panama dan memulai operasi domestik ke tiga kota di Panama beberapa saat kemudian.

5. Qantas 86.18%

https://static.straitstimes.com

Qantas Airways adalah maskapai terbesar dengan penerbangan internasional dan destinasi internasional. Maskapai ini adalah maskapai tertua ketiga di dunia, setelah KLM dan Avianca, didirikan pada bulan November 1920. Maskapai ini memulai penerbangan penumpang internasional pada bulan Mei 1935. Nama Qantas berasal dari “QANTAS”, sebuah akronim untuk nama aslinya, “Queensland and Northern Territory Aerial Services”, dan dijuluki “The Flying Kangaroo”

6. Japan Airlines 85.27%

https://www.jal.com

Japan Airlines adalah maskapai penerbangan terbesar kedua di negara ini setelah All Nippon Airways. Berkantor pusat di Shinagawa, Tokyo, Jepang dan pusat utamanya adalah Bandara Internasional Narita Tokyo dan Bandara Internasional Tokyo (Bandara Haneda), serta Bandara Internasional Kansai Osaka dan Bandara Internasional Osaka. Japan Airlines memiliki armada sebanyak 279 pesawat. Pada tahun fiskal yang berakhir pada tanggal 31 Maret 2009, kelompok maskapai membawa lebih dari 52 juta penumpang dan lebih dari 1,1 juta ton kargo dan surat.

7. Vueling Airlines 85.25%

http://www.secretflying.com

Vueling Airlines adalah maskapai bertarif rendah Spanyol yang berbasis di El Prat de Llobregat di Greater Barcelona di Bandara Barcelona Pratama dan Bandara Leonardo da Vinci-Fiumicino di Roma, Italia. Namanya berasal dari bahasa Spanyol vuelo, yang berarti penerbangan. Ini adalah maskapai terbesar kedua di Spanyol setelah Iberia. Vueling melayani lebih dari 100 destinasi di Afrika, Asia dan Eropa dan merupakan maskapai terbesar di Spanyol. Pada 2015, maskapai ini membawa lebih dari 24 juta penumpang dengan faktor beban 81%.

8. Jetstar Asia 85.08%

http://content.presspage.com

Jetstar Asia Airways adalah maskapai bertarif rendah yang berbasis di Singapura. Ini adalah salah satu cabang Asia dari induk Jetstar Airways, maskapai penerbangan berbiaya rendah dari maskapai Qantas Australia. Maskapai ini mengoperasikan layanan ke daerah tujuan di Asia Tenggara ke negara-negara seperti Myanmar, Kamboja, Malaysia, Indonesia, Filipina, Thailand dan Vietnam. Maskapai ini juga terbang ke rute regional di Asia Timur seperti Jepang, Taiwan dan Hong Kong.

9. Skymark Airlines 85.00%

https://i.pinimg.com

Skymark adalah maskapai bertarif rendah pertama yang didirikan di Jepang dan merupakan satu-satunya maskapai yang menawarkan penerbangan domestik di Bandara Haneda dalam persaingan dengan duopoli All Nippon Airways dan Japan Airlines.

10. Aer Lingus 84.46% 

https://blog.aerlingus.com

Aer Lingus adalah maskapai penerbangan terbesar kedua di Irlandia. Didirikan oleh pemerintah Irlandia, namun sekarang merupakan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh International Airlines Group (IAG), perusahaan induk British Airways dan Iberia. Kantor pusat maskapai penerbangan berada di dasar Bandara Dublin di Cloghran, County Dublin, Irlandia.

Baca juga: 5 Rute Penerbangan Paling Cantik Sedunia

Bagaimana? Ingin mencoba salah satu dari 10 maskapai paling tepat waktu di atas? Buat kamu yang mau pesan tiketnya langsung saja login ke VAN ya. Temukan harga jujur hanya di website www.travelagent.co.id.

Desain Paspor Terindah di Dunia, Paspor Indonesia Termasuk Lho

Paspor didesain secara indah oleh beberapa negara untuk menunjukkan kekhasan negaranya. Kali ini Chelsi sharing tentang desain paspor terindah di dunia. Berbanggalah karena paspor Indonesia termasuk.

Buat kamu yang sering pergi keluar negeri tentu sangat akrab dengan dokumen satu ini yaitu paspor. Semakin ke sini, paspor bukan lagi hanya sekadar buku identitas dokumen resmi biasa, paspor-paspor sejumlah negara sengaja didesain dengan berbagai sentuhan seni yang indah.

Kini banyak paspor yang memunculkan gambar-gambar identitas negeri yang bersangkutan di dalam halaman-halamannya. Ada beberapa negara yang mendesain khusus paspornya dengan hiasan yang menjadi ikon negara tersebut. Berikut ini negara dengan desain paspor terindah di dunia, seperti dilansir dari laman Seasia. Apakah paspor Indonesia termasuk? Simak saja yuk.

1. Norwegia

Paspor Norwegia berdesain modern yang indah (http://norwaytoday.info)

Paspor Norwegia yang baru menampilkan desain modern yang didominasi tiga warna: merah terang, biru kehijauan, dan abu-abu terang. Dalam lembaran paspor ini menampilkan bayangan sebuah gunung di bawah sinar matahari. Di bawah sinar Ultraviolet, gambar ini berubah menjadi cahaya Aurora Borealis di malam hari.

 

2. Australia

Paspor Australia yang tak hanya indah tapi juga paling sulit dipalsukan (https://www.insureandgo.com)

Jika dilihat sepintas, paspor Australia tampak biasa. Namun jika dilihat dari bawah sinar ultra violet akan ada banyak ornamen yang muncul. Seperti lambang bintang federasi, tulisan Australia, dan gambar kanguru. Paspor Australia juga memuat gambar flora khas benua tersebut seperti kanguru, emus, platipus. Di balik keindahannya paspor Australia merupakan salah satu paspor yang paling sulit dipalsukan.

 

bisnis tiket van

 

3. Finlandia

Seolah gambar rusa bisa berjalan di halaman Paspor Finlandia (https://i.ytimg.com)

Paspor terindah ketiga di dunia dipegang oleh Finlandia. Selain tampilan warna burgundy, yang menarik dari paspor ini adalah adanya gambar rusa yang sedang berjalan santai kalau buku dibalik dengan cepat. Seolah melintasi halaman paspor itu.

 

4. Hungaria

Ada not balok tersembunyi pada Paspor Hungaria (https://static.dezeen.com)

Hungaria memuat barisan not balok dari salat satu dari dua lagu kebangsaannya, berjudul ‘Szozat’. Tak hanya itu, bahkan tertulis lirik lagu pada delapan baris awal dengan huruf yang indah. Gambar dan tulisan tersebut dapat dilihat di bawah sinar ultra violet.

 

5. Kanada

Ornamen-ornamen tersembunyi pada Paspor Kanada (https://www.snowbirdadvisor.ca)

Di paspor Kanada dapat dilihat kekayaan negara ini yang menampilkan bangunan bersejarah, tokoh terkenal, air mancur, dan daun maple. Semuanya dapat dilihat dengan mata telanjang, tetapi ketika paspor dilihat dari bawah sinar ultra violet maka timbulah ornamen lain, seperti kembang api di atas gedung, ornamen daun, dan lainnya.

 

6. Indonesia

Paspor Indonesia termasuk jadi paspor terindah di dunia (http://img.jakpost.net)

Paspor Indonesia masuk di posisi keenam sebagai paspor terindah di dunia. Halaman paspor berwarna biru dan emas, dan menampilkan gambar indah flora dan fauna khas Indonesia. Selain itu, terdapat komodo, bunga Rafflesia, badak, burung, ikan, ondel-ondel dan masih banyak lagi.

 

7. Irlandia

Ada landmark indah khas Irlandia pada Paspor irlandia (https://www.irishtimes.com)

Paspor Irlandia yang baru, dirancang dengan menampilkan gambar-gambar landmark Irlandia yang terkenal seperti Croagh PatrickKylemore Abbey dan Croke Park. Selain gambar-gambar tersebut, ada pula gambar musik, tarian Irlandia dan permainan Gaelik.

Baca juga: Bandara-Bandara Terunik di Dunia

Wah, ternyata paspor Indonesia masuk urutan ke enam untuk desain paspor terindah di dunia. Kita patut bangga dengan nominasi ini dan semoga saja semakin banyak turis luar negeri yang berkunjung ke Indonesia. Maju terus wisata Indonesia! Nah, buat kamu yang belum punya paspor segera buat ya karena lagi banyak promo terbang hemat keluar negeri hanya di VAN. Segera cek promo tiketnya di www.travelagent.co.id

Resolusi Tahun Baru di 2018 yang Trend

Saatnya buat resolusi tahun baru untuk dicapai di 2018. Menurut survey YouGov, ada beberapa pilihan resolusi yang populer. Penasaran resolusi apa saja itu? Apa resolusimu termasuk di antaranya?

Resolusi tahun baru – Tahun 2018 telah tiba. Saatnya kamu membuat resolusi dalam hidup untuk segera diwujudkan pada tahun ini. Tentu kamu memiliki banyak resolusi yang ingin dicapai, mulai dari hal yang sepele hingga hal yang paling utama. Nah, menurut survei dari YouGov, ada beberapa resolusi yang begitu populer untuk tahun 2018. Penasaran resolusi apa saja itu? Chelsi juga! Nah, mending baca sampai selesai ya. Siapa tahu salah satu resolusi kamu juga termasuk yang paling populer :

1. Lebih rajin olahraga

Rajin olahraga bisa jadi resolusi di tahun 2018. (https://cdn-mf0.heartyhosting.com)

Kesehatan memang penting dalam hidup jadi tidak heran jika kebanyakan orang di belahan dunia memilih lebih rajin olahraga untuk tahun yang baru ini. Resolusi tahun baru ini adalah hal yang harus diwujudkan demi kebaikan diri kamu terutama kebugaran fisik. Jadi, jangan malas okahraga ya! Atau buat kamu yang belum memasukkan resolusi ini, segera jadikan salah satu resolusi kamu.

2. Berhemat

Yuk giat berhemat di tahun 2018. (https://cdn.gobankingrates.com)

Kemajuan zaman tentu menuntut semua orang untuk lebih giat berhemat. Banyaknya godaan seperti belanja online yang kini marak tentu jika dituruti akan membuat kantong terkuras dan mengancam keuangan kamu. Jadi, ini salah satu resolusi yang teramat penting untuk segera dilakukan yaitu “Berhemat”.

3. Pekerjaan Baru

Apa kamu ingin dapat pekerjaan baru di tahun 2018? (https://www.futureswithoutviolence.org)

Banyak hal yang diinginkan saat menyambut tahun baru salah satunya adalah pekerjaan baru. Banyak alasan yang membuat banyak orang ingin mendapatkan pekerjaan baru antara lain sudah mulai bosan dengan pekerjaan lama atau ingin meningkatkan karir ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Tidak hanya pekerjaan saja yang baru, kamu juga bisa memasukan resolusi tahun baru dengan membuka usaha baru. Jangan terlalu bingung menentukan usaha apa yang cocok untuk kamu. Ambil saja kesempatan yang ada misal bergabung bisnis tiket online bersama VAN secara gratis. Sudah gratis, sistem reservasi VAN mudah digunakan lagi. Jadi, tidak perlu ada yang ditakuti ketika ingin memulai usaha baru.

4. Tampil lebih menarik

Kamu bisa tampil lebih menarik di tahun ini. (https://ak4.picdn.net)

Tahun baru tentu ingin serba baru, misalkan ingin membuat penampilan agar lebih menarik. Seperti mengganti model rambut dengan pergi ke salon atau mengubah gaya fashion agar terlihat lebih muda.

Baca juga: Tips Memulai Usaha dari Nol

Apakah dari 4 resolusi tahun baru di atas ada yang menjadi resolusimu juga? Kalau tidak adapun tidak masalah. Setiap orang memiliki resolusinya masing-masing mengikuti cita-cita dan harapan masing-masing pula. Jadi apapun resolusimu, jangan pantang menyerah untuk segera mewujudkannya. Chelsi doakan, semoga kamu berhasil ya! Semangat