5 Kuliner Indonesia yang Terkenal Lezat Hingga Go International

Kuliner Indonesia adalah salah satu kekayaan yang patut dibanggakan. Pakar kuliner senior Prof Dr Ir Murdijati Gardjito membuktikan kalau kuliner Indonesia ada 3.529. Angka itu masih bisa bertambah karena banyak kuliner yang belum diketahui namanya. Wah, banyak bangetttt ya.

Ada satu hal yang lebih membanggakan lagi lho, Teman VAN.Beberapa kuliner Indonesia berhasil ‘go international’! Kelezatannya diakuiduniaaaa. Yeay!

Kalau Jepang punya Sushi, Thailand punya Tom Yum, atau Korea dengan Kimchi maka Indonesia punya 5 kuliner ini:

1. Rendang

kuliner Indonesia
Image: friedchillies.com

Kuliner khas Minangkabau,Sumatera Barat ini dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia versi CNN tahun2017. Lebih dari 35 ribu orang berpartisipasi dalam survei CNN tersebut danRendang mendapat suara terbanyak.

Ternyata, “rendang”berasal dari kata “marandang” yang berarti secara lambat. Ini merujuk prosesmemasak rendang yang butuh waktu lama, biar citarasanya maksimal denganrempah-rempah yang kuat dan tekstur daging yang kering. Jadi sebenarnya rendangitu teknik memasak lho, bukan nama makanan.

Nah soal daging, dulu masyarakat Minangkabau memakai daging kerbau sebagai bahan utama. Namun sekarang, rendang daging sapi yang paling sering dijumpai.

2. Nasi Goreng

kuliner Indonesia
Image: i0.wp.com

Siapa yang sukanasi goreng?

Pasti banyakyang sukaaa… apalagi nasi goreng itu mudah ditemui mulai dari gerobak pinggirjalan sampai restoran mewah. Meski bukan asli Indonesia, nasi goreng versinegara kita ini terkenal lezat dan mendunia lho. Mantan Presiden AmerikaSerikat, Barrack Obama aja suka!

Baca juga ya: Mau Liburan ke Eropa? Pertimbangkan Buat ke 3 Kota Favorit Chelsi Ini

Kuliner Indonesia ini akan makin nikmat jika dimasak dengan bahan tambahan seperti ikan teri, ayam, daging sapi, daging kambing, petai, sosis, atau udang. Setelah itu disajikan dengan telur dadar atau ceplok, kerupuk, dan acar. Aduuuuh bikin laper ya.

3. Sate

kuliner Indonesia
Image: suratkabar.id

KulinerIndonesia yang “go international’ selanjutnya adalah sate. Setiap daerah diIndonesia punya olahan sate yang khas lho. Jenis daging, cara mengolah, sertabumbunya yang beda bikin kuliner ini makin unik dan menarik. Beberapa jenissate yang populer yaitu Sate Ayam Madura, Sate Lilit Bali, Sate Maranggi, SatePadang, dan masih banyak lagi. Kalau Teman VAN paling suka sate apa nih?

Oh iya, sate itu salah satu kuliner asli Indonesia lho. Di sekitar abad 19, masyarakat terinspirasi daging kebab yang dikenalkan oleh pedagang Timur Tengah. Jika dulu daging hanya diolah dengan direbus, masyarakat pun mencoba mengolahnya dengan ditusuk dan dibakar. Kini, kuliner itu pun diakui dunia dan jadi kuliner terenak peringkat ke-14 versi CNN Travel 2017.

4. Gado-Gado

kuliner Indonesia
Image: veroathome.com

Sehat dan enakadalah dua kata yang menggambarkan kuliner Indonesia ini. Yap, gado-gado!Makanan yang satu ini juga udah terkenal di kancah internasional lho biasanyadisebut salad dari Indonesia. Restoran Indonesia yang berada di luar negeri punbiasanya menyajikan menu ini.

Gado-gado bisa dibilang kuliner yang kaya. Soalnya terdiri dari sayur segar dan lauk yang beragam. Belum lagi bumbu kacangnya yang gurih, manis, serta sedikit pedas. Cocok nih buat makan siang nanti ?

Baca juga: 7 Fakta Pariwisata Indonesia di Mata Dunia

5. Soto

kuliner Indonesia
Image: kateringnonmsg.com

KulinerIndonesia lezat yang ‘go international’ terakhir ada soto! Siapa yang langsungkebayang segernya? Kuliner berupa hidangan berkuah dari kaldu daging dansayuran ini emang favorit banyak orang termasuk masyarakat dunia. Bahkan sotojuga cukup terkenal di Jepang lho.

Hingga kinitercatat Indonesia punya 72 macam ragam soto yang tersebar di berbagaiwilayah  Indonesia. Iya, setiap daerahpunya ciri khas soto yang berbeda. Biasanya cita rasa rempah-rempah yang membedakannya.Meski begitu, sajian soto selalu enak buat disantap.

Menariknya lagi,Kementerian Pariwisata juga mengangkat soto sebagai national food lho. Ini sebagai bentuk promosi supaya pariwisataIndonesia makin dilirik banyak turis. Dari lidah turun ke hati gitu ya, TemanVAN.

***

Gimana, Teman VAN lezat-lezat kankuliner di atas? Kelezatannya udah berhasil ‘go international’ lho. Chelsiharap ke depannya makin banyak kuliner yang dikenal dan disukai masyarakatdunia juga. Kalau Teman VAN punya kesempatanl, kenalin kuliner Nusantara keteman-teman dari negara lain ya.

Makin Mudah Issued Pakai Cicilan 0% Kartu Kredit BRI

Halo Teman VAN!

Memberi kemudahan pada Teman VAN sudah jadi komitmen Chelsi. Untuk itu, kali ini Chelsi mau mengumumkan kabar gembira yaituuu ada payment channel baru!

Kini Teman VAN bisa melakukan pembayaran dengan metode Cicilan 0% Kartu Kredit BRI. Yes, nggak perlu ribet dan bisa bayar nanti-nanti. Jelas memudahkan bangetttt. Teman VAN bisa pilih juga nih mau cicilan 0% dalam jangka waktu 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan. Tentukan sesuai kebutuhanmu yaaa.

Mau issued pakai cicilan 0% Kartu Kredit BRI? Pastikan transaksi yang Teman VAN lakukan minimal Rp500.000,00 yaaa bisa untuk issued tiket pesawat, KAI, hotel, dan themepark. Nah supaya lebih jelas, baca info di bawah ini ya.

Syarat dan Ketentuan

•  Opsi Cicilan 0% Kartu Kredit BRI:

–  Cicilan 0% 3 Bulan

–  Cicilan 0% 6 Bulan

–  Cicilan 0% 12 Bulan

•  Transaksi minimal Rp500.000,00

•  Pembelian produk airlines, KAI, hotel, dan themepark

•  Alur pembayaran:

Booking → Klik issued → Pilih “Cicilan” → Pilih opsi cicilan yang dikehendaki → Klik “Pay” → Isi detail kartu kredit dan lakukan pembayaran


Gimana, payment channel baru ini sangat memudahkan dan membantu kaaan? Manfaatkan sebaik-baiknya supaya bisa issued sebanyak-banyaknya. Biar Teman VAN bisa nikmati komisi yang berlipat-lipat dari Chelsi.


Happy Selling!

Chelsi

Mau Liburan ke Eropa? Pertimbangkan Buat ke 3 Kota Favorit Chelsi Ini

Liburan ke Eropa itu impian bagisebagian besar wisatawan. Bahkan data cnbcindonesia.commenyebutkan kalau Eropa jadi destinasi utama yang menyedot 51% pelancong dunia.Wow! Tentu aja termasuk wisatawan Indonesia. Di tahun 2015, sebanyak 360.000wisatawan Indonesia liburan ke sana lho. Jumlahnya semakin naik dari tahun ketahun.

Eropa yang identik dengankeindahan, ketertiban, budaya, dan kuliner tentu jadi daya tarik tersendiri.Belum lagi perkembangan pariwisata di sana cepat jadi sangat memanjakan danmemudahkan wisatawan.

Nah, negara Eropa yang penginbanget Teman VAN jelajahi mana sih? Sebelum memutuskan, Chelsi mau kasih tigakota yang bisa Teman VAN pertimbangin juga. Udah pasti menarik deh… Ayooosimak pembahasan Chelsi selengkapnya di bawah ini.

London: Kota Paling Populer di Eropa

liburan ke eropa

Siapa sih yang nggak penginliburan ke London? Ibukota Inggris ini adalah salah satu kota besar di Eropayang digemari banyak turis. London juga jadi destinasi paling populer diInstagram lho. Tentu saja kota ini kan fotogenik… Di setiap sudut kotanya adabanyak spot-spot yang cantik.

Baca juga: 4 Trik Nabung Buat Liburan ke Destinasi Impian

Liburan ke Negeri Ratu Elizabethini, Teman VAN harus melihat keindahan istana Inggris secara langsung. Duatempat yang wajib dikunjungi adalah Buckingham Palace dan Windsor Castle.Keindahannya bikin Chelsi inget kisah-kisah princess waktu kecil…

Oh iya, jangan lupa kunjungi jugatempat wisata ikonik seperti Big Ben, London Eye, Tower Bridge, Hyde Park, danCamden Town.

Frankfurt: Pusat Bisnis Dengan Wisata Menarik

liburan ke eropa

Frankfurt adalah kota terbesarkelima di Jerman yang terkenal sebagai pusat bisnis dan salah satu pusat lalulintas udara. Bandara Internasional Frankfurt sendiri menempati urutan keempatsebagai bandara tersibuk di Eropa.

Liburan ke Frankfurt juga akanjadi pengalaman yang mengasyikkan lho. Salah satu yang wajib dikunjungi adalahGoethe House. Dulunya ini adalah rumah kediaman Johann Wolfgang von Goethe,seorang sastrawan terkenal yang berasal dari Frankfurt. Nah di tempat ini, kitabisa melihat berbagai karya sastra Goethe yang mendunia.

Wisata Frankfurt nggak cuma ituaja, Teman VAN bisa jalan-jalan ke landmark kota Römerberg, museum sejarah alamterbesar kedua di Jerman yaitu Naturmuseum Senckenberg, museum seni Städel,hingga Old Opera House. Menarik kaaan?

Paris: Kota Romantis Favorit Wisatawan

liburan ke eropa

Rekomendasi terakhir buat TemanVAN liburan ke Eropa adalaaaah Paris. Kota romantis ini emang udah jadi favoritbanyak wisatawan yaaa, termasuk Chelsi 😀 Banyak orang dari berbagai belahandunia pergi ke Paris untuk melihat langsung Menara Eiffel dan berfoto di sana.

Baca juga: Hi Ladies, Ini Lho 5 Negara Aman untuk Solo Traveling

Selain ke Menara Eiffel, TemanVAN harus siap menjelajahi tempat-tempat romantis lainnya yaaa. Jangan lewatkanmenuliskan nama di gembok cinta dan menguncinya di Pont des Arts. Melihattulisan “I Love You” dalam 250 bahasa juga menarik yaitu di The I Love YouWall. Masih banyak lagi obyek wisata di Paris yang patut dikunjungi misalnyasaja Disneyland Paris, jembatan Pont Alexandre III, Basilika Sacre-Coeur hinggawisata belanja di La Vallee Village yang terkenal dengan branded stuff berharga miring.

***

Gimana Teman VAN tertarik mengunjungi salah satunya? Kalau iya, Chelsi punya kabar gembira nih… Ada promo tiket pesawat murah buat ke sana di sistem VAN. Mulai dari 4,2 jutaan aja, Teman VAN bisa terbang ke London Heathrow, Franfurt, atau Paris dengan Vietnam Airlines. Muraaaah kan? Ayo issued sekarang!

4 Ide Rayakan Hari Kemerdekaan, Setahun Sekali Lho!

Hari kemerdekaan 17 Agustustinggal sebentar lagi. Bendera merah putih dan atribut hiasan bertemakan harikemerdekaan juga sudah menghiasi setiap sudut daerah. Kita sebagai warga negarajuga ikut berpartisipasi memeriahkan HUT RI yuk!

Banyak cara dan banyak kegiatan yang bisa kita ikuti lho. Kalau Teman VAN masih bingung, Chelsi kasih beberapa ide ya.

1. Mengibarkan Bendera Merah Putih

Image: tribunnews.com

Kalau yang satuini sih wajib! Teman VAN tahu nggak sih kalau kewajiban ini diaturundang-undang?

BerdasarkanPasal 9 Ayat (3) Undang-undang Nomor 214 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa,dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan disebutkan bendera negara wajibdikibarkan pada setiap peringatan hari kemerdekaan bangsa Indonesia pada 17Agustus.

Baca juga: Selalu Pegang 3 Prinsip Ini Biar Dompet Merdeka

Meski wajibnyadi tanggal 17 Agustus tapi tradisi masyarakat banyak yang mengibarkan sejakawal bulan. Tentu bagus dan makin meriah!

Nah, Teman VAN udah mengibarkan bendera di depan rumah beluuum?

2. Berpartisipasi Dalam Perlombaan 17 Agustus

Image: shopback.co.id

Perayaan harikemerdekaan selalu identik dengan lomba-lomba khas tujuhbelasan. Banyak lombayang seru lho seperti panjat pinang, balap karung, tarik tambang, makankerupuk, lari kelereng, daaaan masih banyak lagi. Kalau sebelum-sebelumnyaTeman VAN cuma nonton, kali ini ikut berpartisipasi yuk!

Gimana kalau disekitar Teman VAN nggak ada perlombaan?

Hmm… bikin sendiriaja, misalnya dengan ajak teman-teman kantor. Selain memeriahkan harikemerdekaan, perlombaan bisa jadi kegiatan untuk refreshing, menumbuhkankebersamaan, dan kekompakan.

Chelsi punya fakta menarik soal lomba 17 Agustus lho. Simak infografis di bawah ini ya.

3. Ikut Upacara Kemerdekaan

Image: tribunnews.com

Selain di Istana Negara, instansipemerintah, lembaga, dan sekolah, upacara kemerdekaan juga dilaksanakandiberbagai tempat yang unik lho. Ada upacara 17 Agustus di dasar laut, dalamgoa, tambang bawah tanah, akuarium Sea World Ancol, hingga di puncak gunung.Ini sebagai bentuk cinta pada alam dan tanah air Indonesia.

Tempat unik yang bikin tertarik ya? Teman VAN pun bisa ikut berpartisipasi kok. Ayo tunjukkan rasa cinta pada Indonesia!

4. Jalan-jalan Sambil Belajar Sejarah

Image: ulinulin.com

Kegiatanterakhir yang bisa Teman VAN lakukan buat merayakan hari kemerdekaan adalahbelajar kembali tentang sejarah Indonesia. Belajarnya pakai cara Chelsi ajabiar nggak bosen dan lebih nyenengin yaitu dengan jalan-jalan.

Teman VAN bisa mengunjungi monumen atau museum yang ada di kotamu. Dari situ, kita bisa tau bagaimana para pahlawan berjuang untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Bukan hal yang mudah lho… sehingga kita wajib menghormati jasa para patriot bangsa.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Sejarah yang Membuatmu Makin Cinta Indonesia

***

Ya itu dia 4 ide yang bisa dilakukansaat 17 Agustus nanti. Teman VAN pengin yang mana nih? Intinya sih tunjukkanrasa cintamu pada Indonesia dengan melakukan kegiatan yang positif.

Indonesia Jaya, IndonesiaMerdeka!

Selalu Pegang 3 Prinsip ini Biar Dompet Merdeka

Di bulan Kemerdekaan ini, coba deh tengok dompetmu apakah sudah merdeka juga? Atau justru udah nungguin tanggal gajian yang masih lama? Hmmm  gajian baru kemarin lho ?

Jika masalah di atas masih Teman VAN rasakan, yuk telusuriapa penyebabnya dan segera temukan solusinya. Supaya dompet merdeka, mulaisekarang tanamkan juga tiga prinsip ini…

Sedikit Demi SedikitLama-Lama Menjadi Bukit

Menabung itu wajib! Kalausebelumnya selalu gagal, bulan depan coba lagi yuk. Tapi beneran diniatinnabung lho. Jadi begitu gajian, langsung sisihkan ke rekening khusus.Nominalnya berapa? Sesuaikan dengan kemampuanmu aja, sedikit demi sedikitlama-lama menjadi bukit. Yang penting konsisten!

Baca juga: Chelsi Beri Bukti Bukan Janji!

Nah kalau pengin dompet makinmerdeka dan tabungan makin banyak, Teman VAN bisa menghemat juga. Tips berhematdan nabung ala Chelsi di linkini juga bisa dipraktekin lho.

Never Spend Your Money Before You Have Earned It

Ini adalah kutipan dari ThomasJefferson yang sangat sangat Chelsi setujui! Kalau belum dapat uangnya, janganpernah deh menghabiskannya terlebih dahulu misalnya dengan berhutang. Kalaukayak gitu, gimana dompet bisa merdeka?

Keberadaan kartu kredit ataulayanan paylater di aplikasi online harus kita waspadai demikesehatan dompet kita. Namun kalau benar-benar membutuhkannya, Teman VAN harusmemastikan bisa melunasinya segera begitu gajian.

Gaji Kurang? Saatnya Tambah Sumber Pemasukan

Merasa gaji kurang? Biar dompetmerdeka, ini saatnya Teman VAN tambah sumber pemasukan. Chelsi rekomendasikanuntuk bisnis travel agent aja. Jangan khawatir perkara modal karena ada VANExperience yang memberikan kesempatan Teman VAN untuk memulai bisnis travelagent tanpa modal. Iya, dengan 0Rupiah udah bisa bisnis penjualan tiket pesawat, hotel, dan pembayaran tagihan(PPOB).

Baca juga ya: Ragu Mulai Bisnis? Para CEO Ini Akan Meyakinkanmu

Selain tanpa modal, VANExperience juga punya kelebihan lain lho yaitu komisi menarik tiap transaksi,kemudahan issued tiket di sistemVAN dan aplikasi VAN Mobile, sistem deposit yang praktis, dan layananhelpdesk 24/7. Tertarik? Langsung daftar aja di travelagent.co.id.

***

Sanggup nggak nih pegang tigaprinsip di atas? Kalau mau dompet merdeka, tentunya harus berusaha. Yuksemangat! Pasti bisa kok…