4 Ide Rayakan Hari Kemerdekaan, Setahun Sekali Lho!

Hari kemerdekaan 17 Agustus tinggal sebentar lagi. Bendera merah putih dan atribut hiasan bertemakan hari kemerdekaan juga sudah menghiasi setiap sudut daerah. Kita sebagai warga negara juga ikut berpartisipasi memeriahkan HUT RI yuk!

Banyak cara dan banyak kegiatan yang bisa kita ikuti lho. Kalau Teman VAN masih bingung, Chelsi kasih beberapa ide ya.

1. Mengibarkan Bendera Merah Putih

Image: tribunnews.com

Kalau yang satu ini sih wajib! Teman VAN tahu nggak sih kalau kewajiban ini diatur undang-undang?

Berdasarkan Pasal 9 Ayat (3) Undang-undang Nomor 214 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan disebutkan bendera negara wajib dikibarkan pada setiap peringatan hari kemerdekaan bangsa Indonesia pada 17 Agustus.

Baca juga: Selalu Pegang 3 Prinsip Ini Biar Dompet Merdeka

Meski wajibnya di tanggal 17 Agustus tapi tradisi masyarakat banyak yang mengibarkan sejak awal bulan. Tentu bagus dan makin meriah!

Nah, Teman VAN udah mengibarkan bendera di depan rumah beluuum?

2. Berpartisipasi Dalam Perlombaan 17 Agustus

Image: shopback.co.id

Perayaan hari kemerdekaan selalu identik dengan lomba-lomba khas tujuhbelasan. Banyak lomba yang seru lho seperti panjat pinang, balap karung, tarik tambang, makan kerupuk, lari kelereng, daaaan masih banyak lagi. Kalau sebelum-sebelumnya Teman VAN cuma nonton, kali ini ikut berpartisipasi yuk!

Gimana kalau di sekitar Teman VAN nggak ada perlombaan?

Hmm… bikin sendiri aja, misalnya dengan ajak teman-teman kantor. Selain memeriahkan hari kemerdekaan, perlombaan bisa jadi kegiatan untuk refreshing, menumbuhkan kebersamaan, dan kekompakan.

Chelsi punya fakta menarik soal lomba 17 Agustus lho. Simak infografis di bawah ini ya.

3. Ikut Upacara Kemerdekaan

Image: tribunnews.com

Selain di Istana Negara, instansi pemerintah, lembaga, dan sekolah, upacara kemerdekaan juga dilaksanakan diberbagai tempat yang unik lho. Ada upacara 17 Agustus di dasar laut, dalam goa, tambang bawah tanah, akuarium Sea World Ancol, hingga di puncak gunung. Ini sebagai bentuk cinta pada alam dan tanah air Indonesia.

Tempat unik yang bikin tertarik ya? Teman VAN pun bisa ikut berpartisipasi kok. Ayo tunjukkan rasa cinta pada Indonesia!

4. Jalan-jalan Sambil Belajar Sejarah

Image: ulinulin.com

Kegiatan terakhir yang bisa Teman VAN lakukan buat merayakan hari kemerdekaan adalah belajar kembali tentang sejarah Indonesia. Belajarnya pakai cara Chelsi aja biar nggak bosen dan lebih nyenengin yaitu dengan jalan-jalan.

Teman VAN bisa mengunjungi monumen atau museum yang ada di kotamu. Dari situ, kita bisa tau bagaimana para pahlawan berjuang untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Bukan hal yang mudah lho… sehingga kita wajib menghormati jasa para patriot bangsa.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Sejarah yang Membuatmu Makin Cinta Indonesia

***

Ya itu dia 4 ide yang bisa dilakukan saat 17 Agustus nanti. Teman VAN pengin yang mana nih? Intinya sih tunjukkan rasa cintamu pada Indonesia dengan melakukan kegiatan yang positif.

Indonesia Jaya, Indonesia Merdeka!