Tambah Tabungan, Manfaatkan Hobi Travelling untuk Kerja Sampingan

Tahun 2019 ini punya target tabungan untuk masa depan? Keren… mesti komitmen dan konsisten dari awal lho. Jadi sampai akhir bulan Februari ini apa kabar? Aman atau masih susah nabung?

Yaaah, kalau masih merasa kesulitan untuk ngejar taget tabungan dari gaji aja, Chelsi saranin buat cari kerja sampingan dengan memanfaatkan hobi. Punya hobi travelling sama kayak Chelsi? Ada banyak peluang untuk dapat kerja sampingan yang menguntungkan lho.

Oke, Chelsi kasih rekomendasi kerja sampingan apa saja yang cocok untuk kita-kita yang hobi travelling. Baca terus sampai selesai yaaa.

1. Tour Guide, Serunya Travelling Tapi Dibayar

Tambah Tabungan, Manfaatkan Hobi Travelling untuk Kerja Sampingan - Tour Guide

Image: seruni.id

Ketertarikan pada dunia travelling bisa menjadikanmu sebagai tour guide lho. Tentunya harus berbekal pengalaman dan pengetahuan tentang seluk beluk wisatanya. Selain itu wajib juga dibarengi dengan skill berbicara dan bercerita yang asik serta harus friendly. Kalau bisa seperti itu sih, jelas paket lengkap untuk jadi tour guide idola.

Nah meski Teman VAN bekerja 9 to 5, kerja jadi tour guide tetap bisa dilakukan kok misalnya pas weekend, hari libur nasional, atau bela-belain cuti saat destinasinya cukup jauh. Kalau Teman VAN bisa jadi tour guide, kenapa nggak dilakukan? Apalagi demi tabungan masa depan.

2. Jadi Travel Writer, Berbagi Cerita Perjalanan yang Menarik

Tambah Tabungan, Manfaatkan Hobi Travelling untuk Kerja Sampingan - Travel Writer

Image: mataramweb.com

Nggak pede jadi tour guide? Tenang… Chelsi masih punya rekomendasi kerja sampingan untukmu yang suka travelling. Gimana kalau jadi travel writer aja?

Chelsi percaya kok tiap orang punya pengalaman yang berbeda meskipun obyek wisatanya sama. Jadi, kenapa enggak Teman VAN menceritakan pengalaman jalan-jalanmu lewat tulisan. Apalagi jaman serba digital ini membuat tulisan kita punya kesempatan dilihat banyak orang. Misalnya menulis untuk situs travelling, publish di blog atau media sosial sendiri. Jika peminatnya banyak, peluang untuk jadi travel writer secara profesional pun terbuka lebar. Siapa tau bisa kayak Trinity, keliling dunia dan menuliskannya dalam karya berupa buku.

Baca ini juga yuk: 7 Fakta Pariwisata Indonesia di Mata Dunia

Wah, pasti seru deh. Menginspirasi dan berbagi dengan orang lain lewat tulisan, tambah lagi bisa punya penghasilan untuk ditabung. Siapa mau?

3. Suka Foto-Foto? Kerja Sampingan Fotografer Udah Paling Pas

Tambah Tabungan, Manfaatkan Hobi Travelling untuk Kerja Sampingan - Fotografer

Image: worldoftravelphotography.com

Hobi travelling dan punya kemampuan fotografi? Perpaduan sempurna nih!

Teman VAN bisa kerja sampingan sebagai fotografer, kalau bisa video sekalian videografer juga. Saat sedang jalan-jalan, manfaatkan juga kesempatan itu untuk berburu foto yang bagus. Foto-foto tersebut bisa dijual dan penghasilannya ditabung.

Jangan lupa bikin portofolio juga ya di media sosial atau blog, siapa tau ada yang tertarik dengan karyamu dan butuh jasamu untuk mengabadikan momen travelling mereka. Yuk dicoba!

Baca ini juga ya: 6 Kota Paling Berwarna di Dunia

 4. Bisnis Jastip Untung, Bisa Nabung

Bisnis jastip

Image: amazonaws.com

Sekarang bisnis jastip banyak peminatnya lho. Salah satu alasannya karena banyak produk menarik yang tidak beredar di Indonesia. Nah kalau Teman VAN suka travelling ke luar negeri, ide bagus lho sekalian buka jastip. Lumayankan bisa dapat penghasilan tambahan yang bisa ditabung. Beberapa produk yang laris di jastip adalah camilan, make up, produk fashion seperti tas dan pakaian, hingga buku.

Untuk yang travelling di Indonesia juga tetap bisa kok buka bisnis jastip. Barang yang biasanya dicari tuh seperti makanan khas suatu daerah, kue-kue artis, hingga kerajinan tangan. Travelling sekaligus bisnis, kenapa enggak?

5. Bisnis Travel Agent Bisa Dimana Saja dan Kapan Saja

Tambah Tabungan, Manfaatkan Hobi Travelling untuk Kerja Sampingan

Image: blogspot.com

Rekomendasi kerja sampingan terakhir dari Chelsi adalah bisnis travel agent. Ini beda dari lainnya lho. Kalau empat opsi sebelumnya butuh waktu khusus seperti saat weekend atau cuti, bisnis travel agent sendiri bisa dikerjakan kapan pun. Misalnya saat pekerjaan udah selesai, jam istirahat, atau setelah jam kerja.

Baca ini juga yuk: Ikuti Passion Dengan Bisnis Travel Agent Bersama VAN

Lewat bisnis travel agent ini, Teman VAN bisa menjual tiket pesawat, kereta api, hotel, dan themepark. Untuk menjalankan bisnis ini, Teman VAN cuma perlu laptop atau smartphone aja karena sistemnya udah serba online. Mudah kan? Untuk mulai kerja sampingan ini, Teman VAN bisa gabung VAN Experience yang gratis pendaftaran.

Nah setelah bisnis ini berjalan, hasil penjualannya bisa ditabung deh… Keuntungan lainnya nih ya, Teman VAN bisa travelling dengan harga transportasi dan akomodasi yang lebih murah, kan pakai harga agent 😄

***

Gimana, dari lima rekomendasi Chelsi di atas ada yang cocok? Semoga ada ya biar Teman VAN bisa mulai menabung. Chelsi harap di akhir tahun nanti, target tabunganmu tercapai. Semangat terus yaaa, Teman VAN pasti bisa!

Weekend di Jakarta Juga Bisa Berwisata

Teman VAN tinggal di Jakarta? Atau lagi business trip di sini? Eh jangan buru-buru pulang, mending sekalian aja habiskan weekend di Jakarta. Karena di Jakarta juga bisa berwisata lho.

Selain muterin mall, nongkrong di cafe, ke Monas, atau Kota Tua; Kota Metropolitan ini juga punya tempat-tempat menarik untuk piknik di akhir pekan. Chelsi punya 3 tempat wisata andalan nih yang biasa didatengin pas lagi suntuk-suntuknya.

1. Museum di Tengah Kebun

Weekend di Jakarta Juga Bisa Berwisata - Museum di Tengah Kebun

Image: jakarta-tourism.go.id

Ingin melihat benda-benda antik dengan suasana yang tenang? Teman VAN bisa mengunjungi Museum di Tengah Kebun yang ada di daerah Kemang. Yang bikin Chelsi suka dengan tempat ini karena konsepnya yang menggabungkan museum, alam, dan galeri. Menarik banget deh.

Sebenarnya Museum di Tengah Kebun ini adalah rumah Sjahrial Djalil yang memiliki hobi mengumpulkan benda seni dan antik dari berbagai negara, tepatnya dari 63 negara dan 21 provinsi di Indonesia. Koleksi itu terdiri dari lukisan, patung, wayang, keramik, hingga fosil bersejarah. Jika dihitung, ada 2.841 koleksi lho. Banyak banget ya!

Kalau Teman VAN mau ke Museum di Tengah Kebun ini, wajib ajak teman-teman yang lain ya karena harus rombongan berjumlah 7-12 orang. Tenang, masuknya gratis kok!

2. Museum MACAN

Weekend di Jakarta Juga Bisa Berwisata - Museum MACAN

Image: archinesia.com

Satu lagi museum menarik dan hits yang ada di Jakarta yaitu Museum MACAN atau Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Ini adalah museum pertama di Indonesia yang punya koleksi seni modern & kontemporer Indonesia serta Internasional. Udah pasti keren-keren, Teman VAN!

Ada sekitar 90 karya seni yang dikumpulkan oleh Haryanto Adikoesoemo, seorang kolektor, pengusaha sekaligus penggagas museum MACAN. Nggak cuma lukisan, ada juga seni instalasi dengan berbagai medium dan teknik.  Salah satu karya seni yang paling hits adalah Infinity Mirrored Room karya seniman Jepang, Yayoi Kusama.

[Baca juga: 3 Tempat Wisata yang Dibangun Sebagai Bukti Cinta]

Nah kalau Teman VAN mau ke sana, bisa mampir dulu ke www.museummacan.org. Siapa tau pas ada pameran atau workshop menarik untuk diikuti, biar makin seru gitu.

 3. Taman Wisata Alam Mangrove

Weekend di Jakarta Juga Bisa Berwisata - Taman Wisata Alam Mangrove

Image: jakarta-tourism.go.id

Bosen di pusat kota dan pengin lihat yang hijau-hijau? Chelsi ajak ke Taman Wisata Alam Mangrove yuk! Iya, Jakarta juga punya hutan bakau kok tepatnya di kawasan Pantai Indah Kapuk.

Di sana Teman VAN bisa menikmati hutan mangrove yang asri dengan berjalan kaki menyusuri jalan kayu yang sudah disediakan oleh pengelola. Jalur ini juga cakep lho dijadikan tempat foto-foto. Bahkan ada juga yang memilihnya sebagai spot foto pre-wedding.

Masih pengin pengalaman yang beda? Yuk susuri kawasan wisata Hutan Mangrove ini dengan naik perahu. Seru banget deh. Selain melihat-lihat hutan mangrove, pengelola juga menyediakan beberapa kegiatan yang edukatif lho seperti belajar menanam mangrove, observasi burung, juga ada kegiatan yang fun seperti bermain kano dan sepeda air.

4. Pulau Harapan

Pulau Harapan

Image: paradisotraveling.com

Pulau Harapan adalah salah satu destinasi favorit di Kepulauan Seribu, Jakarta. Favorit Chelsi juga nih, apalagi kawasan pulau ini punya pantai yang cantik dan bersih.

[Baca juga: 7 Fakta Pariwisata Indonesia di Mata Dunia]

Lokasi Pulau Harapan ini termasuk lebih jauh Teman VAN dengan lama perjalanan sekitar 3-4 jam dari Pelabuhan Kali Adem di Muara Angke. Karena itu juga, Pulau Harapan punya spot snorkeling yang paling eksotis di Kepulauan Seribu. Cocok banget deh buat refreshing! Weekend di Pulau Harapan bisa Teman VAN habiskan dengan bermain di pantai, jelajah pulau, snorkeling, melihat penangkaran penyu, dan nggak lupa makan ikan.

Nah, karena liburan di pulau, pemilihan waktu wajib banget diperhatikan. Supaya Teman VAN bisa liburan seru di cuaca yang aman.Emang kapan sih waktu yang pas buat ke Pulau Harapan atau Kepulauan Seribu? Baca di sini ya.

***

Gimana, weekend di Jakarta juga bisa berwisata kan? Kalau bosen dengan rutinitas dan ingin liburan sejenak, pilih aja satu dari empat rekomendasi Chelsi di atas. Jangan lupa ajakin keluarga, sahabat, atau pasangan biar makin seru! Jadi kapan mau jalan?

3 Tempat Wisata yang Dibangun Sebagai Bukti Cinta

Teman VAN bentar lagi Hari Valentine nih… Menjelang hari kasih sayang ini, Chelsi mau cerita tentang beberapa tempat wisata di dunia yang dulunya dibangun sebagai bukti cinta. Romantis banget kan?

Memang, ada banyak cara untuk menunjukkan kasih sayang. Beberapa diantaranya sanggup mendirikan bangunan megah yang penuh makna sebagai bukti cinta mereka kepada pasangannya. Seiring berjalanannya waktu, bangunan-bangunan tersebut tetap dikenang dan mampu menyentuh hati banyak orang. Jadi nggak heran kalau sampai sekarang masih ramai dikunjungi dan bahkan jadi tempat wisata.

Oke, Chelsi akan mulai bahas bukti cinta yang melegenda itu. Sebagai bocoran, salah satu tempat wisata yang dibangun sebagai bukti cinta itu ada di Indonesia lho. Penasaran? Yuk baca sampai selesai ya!

1. Taj Mahal, India

3 Tempat Wisata yang Dibangun Sebagai Bukti Cinta - Taj Mahal, India

Image: independent.co.uk

Siapa yang tidak tahu Taj Mahal, India? Namun apakah Teman VAN juga tahu kalau salah satu keajaiban dunia ini adalah bukti cinta seorang kaisar India untuk istrinya?

Kaisar itu bernama Mughal Shah Jahan. Ia membangun Taj Mahal sebagai mausoleum atau makam untuk istrinya, Mumtaz Mahal yang meninggal setelah melahirkan anaknya yang ke-14. Bisa dikatakan kalau Taj Mahal ini adalah wujud penghormatan dan rasa cinta Mughal Shah Jahan untuk Mumtaz Mahal.

Taj Mahal ini luar biasa megah dan indah lho Teman VAN. Arsitekturnya kental dengan campuran gaya Islam, Persia, dan India. Selain kubah marmer putihnya yang cantik, Taj Mahal juga dihiasi dengan berbagai batu mulia seperti berlian, jed, kristal, topaz, dan nilam.

Siapa yang udah pernah ke Taj Mahal dan melihatnya langsung?

[Yuk baca ini juga: Liburan Saat Musim Hujan? Ini Cara Chelsi Biar Liburan Tetap Seru]

2. Boldt Castle, New York

3 Tempat Wisata yang Dibangun Sebagai Bukti Cinta - Boldt Castle, New York

Image: wikimedia.org

Sebuah kastil megah yang ada di pulau. Ini bukan dongeng tapi beneran ada lho Teman VAN. Boldt Castle namanya. Kastil ini terletak di Heart Island, salah satu pulau di wilayah Thousand Islands, Amerika Serikat.

Boldt Castle ini disebut sebagai Monumen Cinta lho. Penasaran ada cerita apa dibalik tempat wisata ini? Langsung Chelsi ceritain aja deh.

George Boldt adalah jutawan Amerika Serikat yang membangun Boldt Castle ini di tahun 1900. Kastil besar dan megah ini dipersembahkan untuk istri tercinta, Louise. Sayangnya, umur seseorang memang tidak dapat ditebak. Januari 1904, Louise meninggal. Sementara George Boldt yang terpukul meninggalkan Heart Island dan menghentikan pembangunan kastil itu. Dari situlah, kastil yang belum jadi itu menjadi monumen cinta George terhadap istrinya. Mengharukan ya Teman VAN…

3. Candi Plaosan, Indonesia

3 Tempat Wisata yang Dibangun Sebagai Bukti Cinta - Candi Plaosan, Indonesia

Image: earthnworld.com

Cerita yang terakhir berasal dari Indonesia. Siapa yang nebak kalau Chelsi bakalan cerita soal Candi Prambanan? Sayang sekali bukan… karena cerita Candi Prambanan udah banyak yang tahu makanya Chelsi mau sedikit memaparkan tentang Candi Plaosan.

[Yuk baca ini juga: 7 Fakta Pariwisata Indonesia di Mata Dunia]

Ternyata, Candi Plaosan yang ada di Klaten, Jawa Tengah ini dibangun untuk pembuktian cinta juga lho. Rakai Pikatan dari Dinasti Sanjaya pemeluk Hindu membangun candi ini untuk istrinya Pramodyawardani yang berasal dari dinasti Syailendra pemeluk agama Buddha. Karena cintanya pada sang istri, Rakai Pikatan pun mendirikan candi Buddha dengan sedikit sentuhan arsitektur Hindu. Ya, itulah Candi Plaosan.

***

Itulah tiga tempat wisata yang menyimpan cerita cinta pada proses pembangunannya.  Sampai saat ini bangunan tersebut masih berdiri dengan kokoh dan cantik lho. Teman VAN ingin mengunjungi yang mana nih?

7 Fakta Pariwisata Indonesia di Mata Dunia

Indonesia memang punya potensi pariwisata yang besar. Apalagi hampir di setiap daerahnya ada obyek wisata yang diunggulkan. Tak heran kalau di bulan Januari-November 2018 lalu ada 14,39 juta kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Angka ini naik 11,63% lho dari periode yang sama di tahun 2017.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) itu menunjukkan kalau Indonesia makin digemari oleh wisatawan mancanegara. Nah, Chelsi penasaran nih bagaimana dunia melihat pariwisata Indonesia. Teman VAN juga ingin tahu? Oke, Chelsi akan merangkum hasil kepo Chelsi lewat 7 Fakta Pariwisata Indonesia di Mata Dunia berikut ini.

Fakta 1: Ubud Jadi Destinasi Impian Para Milenial

Fakta Pariwisata Indonesia - Ubud Jadi Destinasi Impian Para Milenial

Image: cloudfront.net

Sebuah situs traveling, müvTravel baru saja mempublikasikan 30 list destinasi yang diimpikan oleh para milenial sebagai bucket-list 2019. Yang menggembirakan ada Indonesia lho di posisi kedua, lebih tepatnya Ubud, Bali.

Generasi milenial memang lebih tertarik mencari pengalaman lokal dan menikmati setiap momen traveling. Ya, hal itu memang bisa didapat saat traveling ke Ubud, Bali. Apalagi Ubud punya pemandangan alam yang asri serta budaya yang kental.

Fakta 2: Top 10 Negara Terbaik untuk Dikunjungi Tahun 2019

Fakta Pariwisata Indonesia - Top 10 Negara Terbaik untuk Dikunjungi Tahun 2019

Image: condecdn.net

Di penghujung tahun lalu, Indonesia dapat penghargaan sebagai Top 10 Negara Terbaik untuk Dikunjungi Tahun 2019 dari Lonely Planet lho. Indonesia ada di peringkat ke-7, Teman VAN. Kekayaan alam, budaya, hingga kuliner jadi nilai plus untuk negara kita ini.

[Baca juga: Liburan Saat Musim Hujan? Ini Cara Chelsi Biar Liburan Tetap Seru]

Dengan direkomendasikan Lonely Planet bisa dikatakan kalau wisata Indonesia makin diakui dunia nih. Semoga tahun ini makin banyak yang berkunjung ke Indonesia dan jatuh cinta dengan pariwisata kita ya.

Fakta 3: Punya Destinasi Wisata yang Instagrammable

Fakta Pariwisata Indonesia - Punya Destinasi Wisata yang Instagrammable

Image: pinimg.com

Siapa yang suka traveling ke tempat-tempat Instagrammable? Nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri Teman VAN karena Indonesia aja ada di peringkat empat negara paling Instagrammable versi Big Seven Travel.

Tujuh spot yang direkomendasikan untuk berburu foto keren adalah Hanging Gardens Infinity Pool, Tanah Lot, Candi Borobudur, Pura Uluwatu, Kepulauan Gili, Gunung Bromo, dan Candi Prambanan.

Fakta 4: Kuliner Indonesia pun Mendunia

Fakta Pariwisata Indonesia - Kuliner Indonesia pun Mendunia

Image: photos.tpn.to

Chelsi menemukan fakta pariwisata Indonesia lain nih Teman VAN. Ternyata, kuliner Indonesia telah mendunia. Tidak hanya dikenal namanya tapi juga disukai rasanya oleh wisatawan mancanegara. Dari daftar CNN, kuliner Indonesia menempati posisi pertama dan kedua lho untuk kategori makanan terenak di dunia yaitu rendang dan nasi goreng. Sementara sate ada di posisi ke-14.

Dengan begitu, daya tarik pariwisata Indonesia makin lengkap nih. Nggak hanya alam dan budayanya tapi kuliner Nusantara pun juga makin dilirik.

Fakta 5: 4 Pantai di Indonesia Termasuk yang Terbaik di Dunia

4 Pantai di Indonesia Termasuk yang Terbaik di Dunia

Image: hostelworld.com

Sebagai negara kepulauan, Indonesia emang punya banyak banget pantai Teman VAN. Empat pantai di Indonesia pun masuk kategori 100 pantai terbaik di dunia lho. Bisa tebak pantai mana saja?

FlightNetwork, sebuah travel agent online asal Kanada, merilis daftar pantai terbaik dunia 2018. Dalam daftar itu ada empat pantai di Indonesia. Keindahan Pantai Pianemo, Raja Ampat ada di peringkat ke-46. Kemudian ada Pink Beach di Perairan Komodo pada peringkat 65, Pantai Kelingking (Bali) peringkat 70, dan Nyang Nyang Beach (Bali) peringkat 74.

[Baca juga: 6 Kota Paling Berwarna di Dunia]

Fakta 6: Pulau Terbaik Dunia Ada di Indonesia Lho

Pulau Terbaik Dunia Ada di Indonesia Lho

Image: huffpost.com

Teman VAN, Pulau Jawa ditetapkan oleh situs web Travel and Leisure sebagai pulau terbaik di dunia lho. Candi Borobudur yang jadi situs warisan dunia UNESCO disebut sebagai salah satu alasan kenapa wisatawan mancanegara tertarik mendatangi pulau terpadat di Indonesia ini.

Keberagaman potensi wisata di Pulau Jawa pun semakin jadi daya tarik apalagi dengan fasilitas transportasi dan akomodasi yang sudah bagus. Selain Pulau Jawa, Pulau Bali dan Lombok juga tercatat di daftar Travel and Leisure ini. Wah, Indonesia makin keren ya!

Fakta 7: Indonesia, Negara Paling ‘Selow’ di Dunia

Indonesia, Negara Paling ‘Selow’ di Dunia

Image: kayumanis.com

Studi terbaru yang Chelsi temukan nih Teman VAN. Indonesia disebut sebagai negara paling selow alias paling santai di dunia. Waaaah kok bisa ya?

Studi ini berasal dari Lastminute, sebuah penyedia jasa perjalanan Eropa. Dilansir dari Good News From Indonesia, mereka meneliti berbagai faktor yang ada di negara kita ini seperti wilayah, hak-hak pribadi warga negara, suhu, jumlah hari libur, serta fasilitas kesehatan seperti spa. Nah dari hasil penelitian itu disimpulkan bahwa Indonesia adalah negara yang paling santai dibanding negara lain yang Lastminute teliti.

***

Yap, itulah 7 fakta pariwisata Indonesia di mata dunia yang berhasil Chelsi rangkum. Wisatawan mancanegara aja begitu tertarik pada Indonesia, jadi sebagai Warga Negara Indonesia harusnya kita bisa lebih cinta tanah air dan bangga. Dukung terus pariwisata Indonesia yuk Teman VAN! Jangan lupa sebarkan fakta baik tentang Indonesia ini ke teman-temanmu yang lain ya.

Issued Tiket Garuda Indonesia di VAN Langsung Untung

Hallo Teman VAN

Chelsi punya kabar gembira nih… yaitu issued tiket Garuda Indonesia di VAN langsung untung lho. Gimana maksudnya? Yap, Cashback Topup yang Chelsi janjikan sebelumnya akan langsung didapatkan begitu berhasil issued tiket. Yeay, langsung dapet tanpa ribet kaaaan!

Nominal Cashback Topup dapat Teman VAN lihat dari proses booking dan tercatat juga di menu laporan transaksi untuk setiap issued tiket yang sudah berhasil.

Besar Benefit yang Akan Teman VAN Dapatkan:

  • 2% dari Basic Fare untuk penjualan tiket Garuda Indonesia rute domestik
  • 3% dari Basic Fare untuk penjualan tiket Garuda Indonesia rute internasional

Syarat & Ketentuan:                                                          

  • Tanpa target penjualan
  • Benefit diberikan dalam bentuk cashback topup ke deposit milik Teman VAN. Cashback tersebut dapat digunakan untuk issued semua produk VAN.
  • Berlaku untuk member VAN Experience, VAN Basic, VAN Pro, GIA Standard, dan GIA Super.
  • Berlaku per date of issued (DOI) 1 Februari 2019

Gimana kabar dari Chelsi ini bikin semangat jualan kan? Jelas dong, kalau bisnis travel agent di Voltras selalu cuan dan fun karena Chelsi selalu punya kejutan spesial untuk Teman VAN. Yuk semangat terus ya, jangan kasih kendor jualannya!

Oh iya, tunggu kejutan selanjutnya dari Chelsi ya. Pantau terus lewat social media VAN!

Cheers,

Chelsi