Sederet Prestasi Dunia Penerbangan Indonesia

Selalu menarik menyimak beritadari dunia penerbangan apalagi tentang prestasinya di kancah internasional.Biar Teman VAN juga tahu, kali ini Chelsi mau berbagi kabar menyenangkan itu. Infonyadari Skytrax World Airline Awardsyang merupakan salah satu penghargaan bergengsi di dunia penerbangan. Kalau di perfilmanbisa dibilang seperti Oscar gitu.

Penghargaan Skytrax iniberdasarkan hasil survei kepuasan pelanggan maskapai dari seluruh dunia,melibatkan lebih dari 18 juta penumpang, Teman VAN. Meski begitu, semuanya dilakukansecara independen termasuk dalam proses survei dan penganugerahannya. Ada 245perusahaan penerbangan internasional yang dimasukkan dalam survei ini, yangnantinya akan diukur berdasarkan 31 aspek utama terkait produk dan layanan.

[Baca ini juga yuk: 7 Fakta Pariwisata Indonesia di Mata Dunia]

Gimana, makin nggak sabar pengin tahu prestasi duniapenerbangan Indonesia di Skytrax? Kategori apa saja dan siapa yang meraihnya? Oke,langsung Chelsi bahas yaaa.

GarudaIndonesia Masuk 10 Maskapai Terbaik Dunia

Sederet Prestasi Dunia Penerbangan Indonesia
Image: cntraveler.com

Yeay! Maskapai Garuda Indonesia masuk dalam posisi 10 besarmaskapai terbaik dunia versi Skytrax 2018. Lebih tepatnya di peringkat ke-9.Garuda berhasil naik satu peringkat dari tahun sebelumnya lho.

Produk dan layanan tiap maskapai jadi aspek utama surveiini. Ngomong-ngomong soal pelayanan,Garuda Indonesia juga berhasil mempertahankan predikat The World’s Best CabinCrew selama lima tahun berturut-turut. Keren yaaa. Teman VAN yang pernah naikmaskapai ini pasti udah tau banget nih gimana pelayanan jempolan khas GarudaIndonesia?

Nah, ternyata Garuda Indonesia juga dapat beberapapenghargaan lain lho dari Skytrax. Chelsi rangkum di bawah ini ya.

  • Posisi ke-1, kategori The World’s Best Airline Cabin Crew 2018
  • Posisi ke-7, kategori World’s Best Economy ClassAirlines 2018
  • Posisi ke-9, kategori The World’s Top 10Airlines of 2018
  • Posisi ke-9, kategori  World’s Best Airport Services 2018
  • Posisi ke-12, kategori World’s Best BusinessClass Airlines 2018
  • Posisi ke-13, kategori World’s Best First ClassAirlines 2018
  • Posisi ke-16, kategori World’s Best AirlineCabin Cleanliness 2018
  • Posisi ke-21, kategori World’s Best InflightEntertainment 2018

ManakahBandara Terbaik di Indonesia?

Sederet Prestasi Dunia Penerbangan Indonesia
Image: blogspot.com

Masih dari survei yang sama, Bandara Soekarno Hatta adadiurutan ke 45 dalam kategori World’s Top 100 Airports 2018. Hmm belum terlalu jadifavorit travellers ya.

[Baca ini juga yuk: Mengagumkan, Jangan Lewatkan 4 Pertunjukan Seni Indonesia Ini]

Namun setelah Chelsi telusuri lebih jauh di skytraxratings.com ada beberapa bandara Indonesiayang meraih rating bagus lho… Jadi Skytrax memang membagi bandara-bandara didunia dalam 5 kategori yaitu Bintang 5, Bintang 4, Bintang 3, Bintang 2, danBintang 1. Banyak kriteria yang dinilai lho seperti efisiensi proses,kenyamanan dan kebersihan, fasilitas penumpang, hingga pelayanan staf.

Pada tahun 2018 lalu, ada lima bandara di Indonesia yangmasuk peringkat Skytrax itu yaitu:

  • Bandara Internasional Kualanamu, Medan, Bintang4
  • Bandara Internasional Sultan Mahmud BadaruddinII, Palembang, Bintang 4
  • Bandara Internasional Sultan Syarif Kasi II,Pekanbaru, Bintang 4
  • Bandara Internasional I Gusti Ngurah RaiDenpasar, Bintang 3
  • Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta,Bintang 3

Segmen LowCost, Namun Tetap High Quality. Siapa Dia?

Sederet Prestasi Dunia Penerbangan Indonesia
Image: moneysmart.id

Dikutip dari kompas.com, Edward Plaisted (CEO Skytrax)berpendapat bahwa Citilink memang segmennya lowcost tapi maskapai ini tetap memberikan highquality. Pernyataan ini menanggapi penghargaan Skytrax kepada Citilinkuntuk maskapai berbiaya rendah atau lowcost carrier dengan peringkat 4-Star Airline. Good job, Citilink!

Jika Chelsi lihat di daftar World’s Best Low-Cost Airlines2018, Citilink berada diposisi ke-17. Namun kalau dikategorikan wilayah Asiasaja, maka Citilink ada di posisi ke-6. Waaah semoga makin meningkat seiringberjalannya waktu yaaa.

***

Nah itu dia prestasi dunia penerbangan Indonesia menurutpenghargaan Skytrax 2018. Semoga di tahun selanjutnya, bisa meraih penghargaanyang lebih baik. Bagikan kabar menggembirakan ini lewat social media ya, tinggal klik tombol yang ada di bawah.

Mengagumkan, Jangan Lewatkan 4 Pertunjukan Seni Indonesia Ini

Teman VAN, kali ini Chelsi penginngajakin kalian semua buat jalan-jalan menikmati pertunjukan seni tradisional Indonesiayang mengagumkan. Kalau biasanya travelingdengan mengunjungi wisata alam atau citytour, sempatkan juga yuk untuk wisata seni biar makin kaya pengalaman danmakin cinta tanah air tentunya.

Sebenarnya ada banyaaaak bangetpertunjukan seni yang menarik tapi sebagai permulaan, Chelsi rekomendasikan yangpaling jadi favorit yaaa. Selain seni tradisionalnya sendiri yang udah keren, empatpertunjukan ini makin terasa magis karena lokasi dan momennya yang mendukung.Langsung aja yuk Chelsi bahas satu per satu.

1. Tari Kecak di Uluwatu, Bali

Mengagumkan, Jangan Lewatkan 4 Pertunjukan Seni Indonesia Ini
Image: agolf.xyz

Terbaaaaaik!Menonton pertunjukan Tari Kecak dengan backgroundlaut dan sunset di Pura Luhur Uluwatu adalah pengalaman yang nggak terlupakan buat Chelsi. Bahkan maunonton berkali-kali pun, Chelsi tetep mau…

Teman VAN yanglagi di Bali atau mau liburan ke Bali, Chelsi saranin buat nonton pertunjukanseni ini. Kapan pun Teman VAN mau! Soalnya pentasnya tiap hari lho (kecualisehari sebelum Nyepi dan Hari Nyepi) mulai jam 18.00 – 19.00 WITA.

Oh iya, kalaumau nonton Tari Kecak ini datang sekitar satu jam sebelumnya ya biar dapat tiketdan bisa pilih posisi tempat duduk terbaik.

2. Saung Angklung Udjo, Bandung

Image: blogspot.com

Setelah dariBali, Chelsi ajak ke Bandung yuk untuk lihat pertunjukan seni musik yang nggak kalah keren yaituuuu angklung.Lebih tepatnya di Saung Angklung Udjo!

Di sana TemanVAN bisa melihat-lihat kerajinan tangan bambu, workshop instrument dari bambu,dan tentunya melihat pertunjukan angklung. Pertunjukan seni ini juga diramaikandengan wayang golek, tarian topeng, atau pentas budaya Jawa Barat lainnya lho.

[Baca juga ya: 11 Destinasi Wisata Seru untuk Rayakan Ulang Tahun]

Nah yang bikinseruuuu adalah di akhir pentas, penonton akan diajak bermain dan belajarangklung bersama. Gimana gimanaaa, tertarik buat ke Saung Angklung Udjo?Cussss!

3. Sendratari Ramayana, Yogyakarta

Mengagumkan, Jangan Lewatkan 4 Pertunjukan Seni Indonesia Ini
Image: blogspot.com

Jogja Istimewajuga punya pertunjukan seni yang istimewa lho. Salah satunya adalah SendratariRamayana yang dipentaskan di kawasan wisata Candi Prambanan. Waaah favoritChelsi banget nih. Pertunjukannya seru, dapat pemandangan Candi Prambanan malamhari pula…

[Baca juga ya: 3 Tempat Wisata yang Dibangun Sebagai Bukti Cinta]

Perkara cerita,sebenarnya pertunjukan ini mengusung cerita cinta Rama – Shinta seperti padaTari Kecak di Uluwatu juga. Namun, ‘kemasannya’ berbeda. Sendratari RamayanaPrambanan ini kental dengan unsur Jawa yang sangat menarik untuk ditonton.

Kalau Teman VANpenasaran, langsung ke Jogja ajaaa tapi cek dulu jadwal pentasnya di sini.

4. Tari Saman, Aceh

Image: steemitimages.com

Satu lagipertunjukan seni yang nggak bolehTeman VAN lewatkan yaitu tarian adat Aceh, Tari Saman. Gerakan penari yangkompak, harmonisasi, serta paduan suaranya membuat Tari Saman dikenal hinggamancanegara lho.

Tarian ini kerapdipentaskan untuk menyambut tamu-tamu terhormat antar kabupaten, pembukaanfestival, ataupun acara kenegaraan. Jika Teman VAN ingin menyaksikan keindahanTari Saman, wajib banget nih datang ke Saman Gayo Alas Festival yang akandiadakan tanggal 18 Agustus 2019. Masih cukup lama nih… jadi bisa nabung duluatau nyicil beli tiket pesawatnya, siapa tau dapat tiket murah.

Dari empat pertunjukan seni yang Chelsi rekomendasikan, Teman VAN pengin nonton yang mana nih? Pilih dan rencanakan yuuuk. Biar lebih seru, jangan lupa ajakin keluarga atau sahabatmu ya. Atauuu kalau mau ngajakin Chelsi juga boleh kok ?

11 Destinasi Wisata Seru untuk Rayakan Ulang Tahun

Merayakan ulang tahun sambil traveling pasti bikin tambaaaah happy ya. Melakukan hal yang disuka, di tempat wisata yang diidam-idamkan. Mantuuul! Namun kalau Teman VAN belum ada ide mau kemana dan mau ngapain, Chelsi kasih referensi ya. Siapa tau ada yang cocok dan bisa dilakukan tahun ini. Jadi… ini dia 11 destinasi dan kegiatan seru untuk rayakan ulang tahun! Baca sampai selesai ya.

1. Main Sepuasnya di Hong Kong Disneyland

11 Destinasi Wisata Seru untuk Rayakan Ulang Tahun

Image: unsplash.com

Nggak cuma anak kecil yang suka main ke themepark, apalagi Disneylaaaand! Chelsi sih suka banget, kalau Teman VAN gimana?

Rayakan ulang tahunmu dengan main wahana sepuas dan sebebasnya di Hong Kong Disneyland. Taman hiburan buatan Walt Disney Company ini punya berbagai wahana dan pertunjukan yang bikin hari ulang tahunmu makin berkesan. Biar lebih seru, ajak teman terdekat ya.

2. Rasakan Musim Semi di Jepang

11 Destinasi Wisata Seru untuk Rayakan Ulang Tahun

Image: cloudfront.net

Siapa yang ulang tahun bulan Maret atau April?

Wah pas banget lho sama musim semi di Jepang yang artinyaaa bunga sakura pun bermekaran. Yuk, birthday trip ke Jepang! Jalan-jalan di taman sambil foto dengan background bunga pink cantik yang cuma mekar setahun sekali. Chelsi punya tiket promo buat ke Jepang lho, ini infonya: Vantastic Early Bird Fare, Explore Japan!

3. Me time di Ubud, Bali

11 Destinasi Wisata Seru untuk Rayakan Ulang Tahun

Image: unsplash.com

Pengin menikmati momen ulang tahun dengan lebih tenang? Chelsi sarankan buat staycation aja di Ubud, Bali. Suasana Ubud yang asri emang cocok banget buat ‘me time’. Klik di sini, untuk cari penginapannya.

4. Makan Sup Rumput Laut Ala Korea Selatan

11 Destinasi Wisata Seru untuk Rayakan Ulang Tahun

Image: media.npr.org

Sesekali rayakan ulang tahun ala orang Korea Selatan yuk, yaitu dengan makan Miyeokguk. Yap, Miyeokguk atau sup rumput laut jadi sajian wajib saat ulang tahun lho. Memakan sup ini jadi tanda bahwa kita menghormati ibu.

5. Tantang Adrenalin Dengan Paralayang

11 Destinasi Wisata Seru untuk Rayakan Ulang Tahun

Image: bababeli.com

Awali usia baru dengan menantang dirimu sendiri di ketinggian. Berani nggak coba Paralayang?

Salah satu spot terbaik di Indonesia adalah Gunung Banyak, Batu, Malang. Teman VAN bisa bermain paralayang dengan view yang cakeeep lho, perpaduan hijaunya pepohonan dan keindahan kota. Tentunya, wajib ditemani ahlinya ya bagi yang bukan profesional.

6. Nonton Konser Musisi Favorit

11 Destinasi Wisata Seru untuk Rayakan Ulang Tahun

Image: unsplash.com

Traveling ke luar negeri sekaligus nonton konser musisi favorit akan jadi perayaan ulang tahun yang seru bangettt. Pengin nonton konsernya siapa sih?

Oh iya, Chelsi pernah nulis tips jalan-jalan sambil nonton konser lho. Baca juga ya…

7. Foto Bareng Idola di Alive Star, Ancol

11 Destinasi Wisata Seru untuk Rayakan Ulang Tahun

Image: blogspot.com

Pengin ketemu idola terus foto bareng? Kalau belum bisa ketemu langsung, main ke Alive Star, Ancol aja yuk! Ketemu dan foto bareng idolamu dalam bentuk patung lilin dulu ajaaa. Mirip banget lho sama aslinya.

8. Road Trip di Australia

11 Destinasi Wisata Seru untuk Rayakan Ulang Tahun

Image: wanderlust.co.uk

Rayakan ultah dengan road trip bareng teman-teman pasti seru banget yaaa. Di Australia, Teman VAN bisa road trip dengan pemandangan yang keren lho yaitu rute jalan dari Pacific Highway menuju Blue Mountain di New South Wales. Nah, buat terbang ke Australia, Chelsi kasih promo spesial deh. Baca info promonya di sini ya.

 9. Beli Kado Langsung di Surga Belanja

11 Destinasi Wisata Seru untuk Rayakan Ulang Tahun

Image: unsplash.com

Ulang tahun nggak akan lengkap tanpa kado. Selain dapat kado dari orang terdekat, kasih kado untuk diri sendiri juga bisa lho. Langsung aja ke surga wisata belanja buat cari barang yang Teman VAN mau. Ada 6 negara yang Chelsi rekomendasikan untuk wisata belanja lho karena super lengkaaap, baca artikelnya di sini.

10. Explore Labuan Bajo

11 Destinasi Wisata Seru untuk Rayakan Ulang Tahun

Image: unsplash.com

Liburan dengan main di pantai, snorkeling, hingga jelajah pulau selalu berkesan. Lebih berkesan lagi kalau ke sananya pas hari spesial seperti ulang tahun. Jadi, kenapa nggak merayakan ulang tahun dengan explore Labuan Bajo? Destinasi impian yaaa. Banyak pulau cantik yang bisa dijelajahi lho.

Baca Juga: Explore 5 Pulau Cantik di Labuan Bajo

11. Rayakan Ulang Tahun Dengan Makan Bersama di Bandung

11 Destinasi Wisata Seru untuk Rayakan Ulang Tahun

Image: trivindo.com

Jika birthday trip tahun ini tidak bisa terlalu jauh, mending ke Bandung aja Teman VAN! Ajak keluarga dan sahabat buat makan bersama di cafe atau resto yang punya view bagus. Beberapa di antaranya The Stone Cafe, Pinisi Restaurant, Goldstar 360 Cafe, atau Lereng Anteng.

***

Gimana Teman VAN, dari 11 referensi di atas ada yang cocok? Kalau ada, mulai rencanakan birthday trip-mu yuk. Jika butuh tiket pesawat, tiket kereta api, hingga hotel, Teman VAN bisa langsung klik travelagent.co.id. Chelsi kasih harga terbaik untuk perayaan hari ulang tahunmu.

4 Kota Tujuan Mudik Terfavorit Dengan Kereta Api Lebaran

Kereta Api Lebaran jadi salah satu transportasi yang paling diburu untuk mudik. Selain harga tiketnya relatif murah, mudik naik kereta juga udah pasti aman dan nyaman. Pihak Kereta Api Indonesia pun pengertian banget Teman VAN, soalnya tahun ini jumlah Kereta Api Lebaran diperbanyak. Yeaaay! Ada peningkatan 3% jadi 406 kereta api, kapasitas seat udah pasti ikutan naik yaitu 5% (247.010). Jadi, siapa yang mau mudik naik kereta?

Nah buat Teman VAN yang mau mudik naik kereta, mending langsung pesen tiketnya dari sekarang. Karena penjualan tiket Kereta Api Lebaran udah dibukaaaa di sistem VAN. Pastikan pesan di H-90 keberangkatan ya… biar gampang langsung kepoin jadwal pemesanannya di sini.

[Baca ini juga ya: Tiket Aman, Mudik Tenang. Beli Tiket KAI Sekarang!]

Untuk dapat tiket Kereta Api Lebaran, Teman VAN emang harus gercep alias gerak cepat. Apalagi kalau tujuan mudikmu ke empat kota ini soalnya termasuk tujuan favorit lho. Kota mana saja itu? Chelsi jabarkan satu per satu yaa.

1. Yogyakarta

4 Kota Tujuan Mudik Terfavorit Dengan Kereta Api Lebaran

Image: keretaanakbangsa.com

Pulang ke kotamu

Ada setangkup haru dalam rindu~

Siapa yang bacanya sambil nyanyiii?

Jogja itu emang ngangenin yaaa. Ternyata kota istimewa ini pun jadi salah satu tujuan mudik favorit lho. Entah memang banyak yang merantau ke ibu kota, ingin berkunjung ke rumah kakek-nenek, atau mau lebaran aja di Jogja biar bisa langsung liburan.

Tak jarang, pemudik yang tinggal di sekitar Jogja seperti Magelang, Purworejo, dan Klaten pun memilih naik Kereta Api Lebaran ke Kota Gudeg ini. Tujuannya adalah biar sekalian belanja baju lebaran atau oleh-oleh di Malioboro atau Pasar Beringharjo. Bener nggak nih?

2. Purwokerto

4 Kota Tujuan Mudik Terfavorit Dengan Kereta Api Lebaran

Image: instagram.com

Dari tahun ke tahun, penumpang KA Lebaran ke Purwokerto, Jawa Tengah makin meningkat lho. Kota yang letaknya di tengah-tengah Pulau Jawa ini memang punya akses yang cukup terbatas yaitu jalur darat saja. Jadi… pantas aja kereta jadi salah satu yang diburu.

Faktor lainnya adalah banyak orang Purwokerto yang bekerja, sekolah, atau sudah pindah ke kota lain. Lebaran pun jadi momen yang menyenangkan untuk pulang dan merayakan Idul Fitri bersama sanak saudara.

3. Semarang

4 Kota Tujuan Mudik Terfavorit Dengan Kereta Api Lebaran

Image: blogspot.com

Teman VAN termasuk yang mudik ke Semarang? Meski perjalanan mudik lewat jalur Pantai Utara (Pantura) sudah lebih cepat dan nyaman, nyatanya banyak orang yang tetap memilih kereta lho.

Waaaah… saran Chelsi, siap-siap berburu tiket ya. Karena, kota Semarang juga jadi salah satu kota tujuan mudik favorit yang berarti tiket Kereta Api Lebaran ke sana juga paling cepat habis.

4. Surabaya

4 Kota Tujuan Mudik Terfavorit Dengan Kereta Api Lebaran

Image: wikimedia.org

Selain Jawa Tengah, kota-kota di Jawa Timur juga banyak yang jadi tujuan pemudik. Salah satu yang tiket Kereta Api Lebarannya paling laris adalah Surabaya. Meski sebenarnya Surabaya ini termasuk kota besar tapi ternyata banyak juga penduduknya yang tinggal di luar kota.

[Baca ini juga ya: Tambah Tabungan, Manfaatkan Hobi Travelling untuk Kerja Sampingan]

Jadi kalau Teman VAN mau mudik ke Surabaya dan mau naik kereta, udah harus menentukan nih mau pulang tanggal berapa. Supaya bisa beli tiket on time biar nggak kehabisan.

***

Nah itulah empat kota tujuan mudik yang jadi favorit. Kalau kampung halamanmu ada di list itu, harus siap-siap beli tiketnya di sistem VAN pas jadwal pemesannya dibuka. Bahkan kalau perlu dibela-belain begadang deh biar kebagian~

Selamat berburu tiket mudik, Teman VAN. Biar tiket aman, mudik tenang!