Mengagumkan, Jangan Lewatkan 4 Pertunjukan Seni Indonesia Ini

Mengagumkan, Jangan Lewatkan 4 Pertunjukan Seni Indonesia Ini

Teman VAN, kali ini Chelsi pengin ngajakin kalian semua buat jalan-jalan menikmati pertunjukan seni tradisional Indonesia yang mengagumkan. Kalau biasanya traveling dengan mengunjungi wisata alam atau city tour, sempatkan juga yuk untuk wisata seni biar makin kaya pengalaman dan makin cinta tanah air tentunya.

Sebenarnya ada banyaaaak banget pertunjukan seni yang menarik tapi sebagai permulaan, Chelsi rekomendasikan yang paling jadi favorit yaaa. Selain seni tradisionalnya sendiri yang udah keren, empat pertunjukan ini makin terasa magis karena lokasi dan momennya yang mendukung. Langsung aja yuk Chelsi bahas satu per satu.

1. Tari Kecak di Uluwatu, Bali

Mengagumkan, Jangan Lewatkan 4 Pertunjukan Seni Indonesia Ini
Image: agolf.xyz

Terbaaaaaik! Menonton pertunjukan Tari Kecak dengan background laut dan sunset di Pura Luhur Uluwatu adalah pengalaman yang nggak terlupakan buat Chelsi. Bahkan mau nonton berkali-kali pun, Chelsi tetep mau…

Teman VAN yang lagi di Bali atau mau liburan ke Bali, Chelsi saranin buat nonton pertunjukan seni ini. Kapan pun Teman VAN mau! Soalnya pentasnya tiap hari lho (kecuali sehari sebelum Nyepi dan Hari Nyepi) mulai jam 18.00 – 19.00 WITA.

Oh iya, kalau mau nonton Tari Kecak ini datang sekitar satu jam sebelumnya ya biar dapat tiket dan bisa pilih posisi tempat duduk terbaik.

2. Saung Angklung Udjo, Bandung

Image: blogspot.com

Setelah dari Bali, Chelsi ajak ke Bandung yuk untuk lihat pertunjukan seni musik yang nggak kalah keren yaituuuu angklung. Lebih tepatnya di Saung Angklung Udjo!

Di sana Teman VAN bisa melihat-lihat kerajinan tangan bambu, workshop instrument dari bambu, dan tentunya melihat pertunjukan angklung. Pertunjukan seni ini juga diramaikan dengan wayang golek, tarian topeng, atau pentas budaya Jawa Barat lainnya lho.

[Baca juga ya: 11 Destinasi Wisata Seru untuk Rayakan Ulang Tahun]

Nah yang bikin seruuuu adalah di akhir pentas, penonton akan diajak bermain dan belajar angklung bersama. Gimana gimanaaa, tertarik buat ke Saung Angklung Udjo? Cussss!

3. Sendratari Ramayana, Yogyakarta

Mengagumkan, Jangan Lewatkan 4 Pertunjukan Seni Indonesia Ini
Image: blogspot.com

Jogja Istimewa juga punya pertunjukan seni yang istimewa lho. Salah satunya adalah Sendratari Ramayana yang dipentaskan di kawasan wisata Candi Prambanan. Waaah favorit Chelsi banget nih. Pertunjukannya seru, dapat pemandangan Candi Prambanan malam hari pula…

[Baca juga ya: 3 Tempat Wisata yang Dibangun Sebagai Bukti Cinta]

Perkara cerita, sebenarnya pertunjukan ini mengusung cerita cinta Rama – Shinta seperti pada Tari Kecak di Uluwatu juga. Namun, ‘kemasannya’ berbeda. Sendratari Ramayana Prambanan ini kental dengan unsur Jawa yang sangat menarik untuk ditonton.

Kalau Teman VAN penasaran, langsung ke Jogja ajaaa tapi cek dulu jadwal pentasnya di sini.

4. Tari Saman, Aceh

Image: steemitimages.com

Satu lagi pertunjukan seni yang nggak boleh Teman VAN lewatkan yaitu tarian adat Aceh, Tari Saman. Gerakan penari yang kompak, harmonisasi, serta paduan suaranya membuat Tari Saman dikenal hingga mancanegara lho.

Tarian ini kerap dipentaskan untuk menyambut tamu-tamu terhormat antar kabupaten, pembukaan festival, ataupun acara kenegaraan. Jika Teman VAN ingin menyaksikan keindahan Tari Saman, wajib banget nih datang ke Saman Gayo Alas Festival yang akan diadakan tanggal 18 Agustus 2019. Masih cukup lama nih… jadi bisa nabung dulu atau nyicil beli tiket pesawatnya, siapa tau dapat tiket murah.

Dari empat pertunjukan seni yang Chelsi rekomendasikan, Teman VAN pengin nonton yang mana nih? Pilih dan rencanakan yuuuk. Biar lebih seru, jangan lupa ajakin keluarga atau sahabatmu ya. Atauuu kalau mau ngajakin Chelsi juga boleh kok 😄