Sederet Prestasi Dunia Penerbangan Indonesia

Sederet Prestasi Dunia Penerbangan Indonesia

Selalu menarik menyimak beritadari dunia penerbangan apalagi tentang prestasinya di kancah internasional.Biar Teman VAN juga tahu, kali ini Chelsi mau berbagi kabar menyenangkan itu. Infonyadari Skytrax World Airline Awardsyang merupakan salah satu penghargaan bergengsi di dunia penerbangan. Kalau di perfilmanbisa dibilang seperti Oscar gitu.

Penghargaan Skytrax iniberdasarkan hasil survei kepuasan pelanggan maskapai dari seluruh dunia,melibatkan lebih dari 18 juta penumpang, Teman VAN. Meski begitu, semuanya dilakukansecara independen termasuk dalam proses survei dan penganugerahannya. Ada 245perusahaan penerbangan internasional yang dimasukkan dalam survei ini, yangnantinya akan diukur berdasarkan 31 aspek utama terkait produk dan layanan.

[Baca ini juga yuk: 7 Fakta Pariwisata Indonesia di Mata Dunia]

Gimana, makin nggak sabar pengin tahu prestasi duniapenerbangan Indonesia di Skytrax? Kategori apa saja dan siapa yang meraihnya? Oke,langsung Chelsi bahas yaaa.

GarudaIndonesia Masuk 10 Maskapai Terbaik Dunia

Sederet Prestasi Dunia Penerbangan Indonesia
Image: cntraveler.com

Yeay! Maskapai Garuda Indonesia masuk dalam posisi 10 besarmaskapai terbaik dunia versi Skytrax 2018. Lebih tepatnya di peringkat ke-9.Garuda berhasil naik satu peringkat dari tahun sebelumnya lho.

Produk dan layanan tiap maskapai jadi aspek utama surveiini. Ngomong-ngomong soal pelayanan,Garuda Indonesia juga berhasil mempertahankan predikat The World’s Best CabinCrew selama lima tahun berturut-turut. Keren yaaa. Teman VAN yang pernah naikmaskapai ini pasti udah tau banget nih gimana pelayanan jempolan khas GarudaIndonesia?

Nah, ternyata Garuda Indonesia juga dapat beberapapenghargaan lain lho dari Skytrax. Chelsi rangkum di bawah ini ya.

  • Posisi ke-1, kategori The World’s Best Airline Cabin Crew 2018
  • Posisi ke-7, kategori World’s Best Economy ClassAirlines 2018
  • Posisi ke-9, kategori The World’s Top 10Airlines of 2018
  • Posisi ke-9, kategori  World’s Best Airport Services 2018
  • Posisi ke-12, kategori World’s Best BusinessClass Airlines 2018
  • Posisi ke-13, kategori World’s Best First ClassAirlines 2018
  • Posisi ke-16, kategori World’s Best AirlineCabin Cleanliness 2018
  • Posisi ke-21, kategori World’s Best InflightEntertainment 2018

ManakahBandara Terbaik di Indonesia?

Sederet Prestasi Dunia Penerbangan Indonesia
Image: blogspot.com

Masih dari survei yang sama, Bandara Soekarno Hatta adadiurutan ke 45 dalam kategori World’s Top 100 Airports 2018. Hmm belum terlalu jadifavorit travellers ya.

[Baca ini juga yuk: Mengagumkan, Jangan Lewatkan 4 Pertunjukan Seni Indonesia Ini]

Namun setelah Chelsi telusuri lebih jauh di skytraxratings.com ada beberapa bandara Indonesiayang meraih rating bagus lho… Jadi Skytrax memang membagi bandara-bandara didunia dalam 5 kategori yaitu Bintang 5, Bintang 4, Bintang 3, Bintang 2, danBintang 1. Banyak kriteria yang dinilai lho seperti efisiensi proses,kenyamanan dan kebersihan, fasilitas penumpang, hingga pelayanan staf.

Pada tahun 2018 lalu, ada lima bandara di Indonesia yangmasuk peringkat Skytrax itu yaitu:

  • Bandara Internasional Kualanamu, Medan, Bintang4
  • Bandara Internasional Sultan Mahmud BadaruddinII, Palembang, Bintang 4
  • Bandara Internasional Sultan Syarif Kasi II,Pekanbaru, Bintang 4
  • Bandara Internasional I Gusti Ngurah RaiDenpasar, Bintang 3
  • Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta,Bintang 3

Segmen LowCost, Namun Tetap High Quality. Siapa Dia?

Sederet Prestasi Dunia Penerbangan Indonesia
Image: moneysmart.id

Dikutip dari kompas.com, Edward Plaisted (CEO Skytrax)berpendapat bahwa Citilink memang segmennya lowcost tapi maskapai ini tetap memberikan highquality. Pernyataan ini menanggapi penghargaan Skytrax kepada Citilinkuntuk maskapai berbiaya rendah atau lowcost carrier dengan peringkat 4-Star Airline. Good job, Citilink!

Jika Chelsi lihat di daftar World’s Best Low-Cost Airlines2018, Citilink berada diposisi ke-17. Namun kalau dikategorikan wilayah Asiasaja, maka Citilink ada di posisi ke-6. Waaah semoga makin meningkat seiringberjalannya waktu yaaa.

***

Nah itu dia prestasi dunia penerbangan Indonesia menurutpenghargaan Skytrax 2018. Semoga di tahun selanjutnya, bisa meraih penghargaanyang lebih baik. Bagikan kabar menggembirakan ini lewat social media ya, tinggal klik tombol yang ada di bawah.