Sederet Prestasi Dunia Penerbangan Indonesia

Sederet Prestasi Dunia Penerbangan Indonesia

Selalu menarik menyimak berita dari dunia penerbangan apalagi tentang prestasinya di kancah internasional. Biar Teman VAN juga tahu, kali ini Chelsi mau berbagi kabar menyenangkan itu. Infonya dari Skytrax World Airline Awards yang merupakan salah satu penghargaan bergengsi di dunia penerbangan. Kalau di perfilman bisa dibilang seperti Oscar gitu.

Penghargaan Skytrax ini berdasarkan hasil survei kepuasan pelanggan maskapai dari seluruh dunia, melibatkan lebih dari 18 juta penumpang, Teman VAN. Meski begitu, semuanya dilakukan secara independen termasuk dalam proses survei dan penganugerahannya. Ada 245 perusahaan penerbangan internasional yang dimasukkan dalam survei ini, yang nantinya akan diukur berdasarkan 31 aspek utama terkait produk dan layanan.

[Baca ini juga yuk: 7 Fakta Pariwisata Indonesia di Mata Dunia]

Gimana, makin nggak sabar pengin tahu prestasi dunia penerbangan Indonesia di Skytrax? Kategori apa saja dan siapa yang meraihnya? Oke, langsung Chelsi bahas yaaa.

Garuda Indonesia Masuk 10 Maskapai Terbaik Dunia

Sederet Prestasi Dunia Penerbangan Indonesia
Image: cntraveler.com

Yeay! Maskapai Garuda Indonesia masuk dalam posisi 10 besar maskapai terbaik dunia versi Skytrax 2018. Lebih tepatnya di peringkat ke-9. Garuda berhasil naik satu peringkat dari tahun sebelumnya lho.

Produk dan layanan tiap maskapai jadi aspek utama survei ini. Ngomong-ngomong soal pelayanan, Garuda Indonesia juga berhasil mempertahankan predikat The World’s Best Cabin Crew selama lima tahun berturut-turut. Keren yaaa. Teman VAN yang pernah naik maskapai ini pasti udah tau banget nih gimana pelayanan jempolan khas Garuda Indonesia?

Nah, ternyata Garuda Indonesia juga dapat beberapa penghargaan lain lho dari Skytrax. Chelsi rangkum di bawah ini ya.

  • Posisi  ke-1, kategori The World’s Best Airline Cabin Crew 2018
  • Posisi ke-7, kategori World’s Best Economy Class Airlines 2018
  • Posisi ke-9, kategori The World’s Top 10 Airlines of 2018
  • Posisi ke-9, kategori  World’s Best Airport Services 2018
  • Posisi ke-12, kategori World’s Best Business Class Airlines 2018
  • Posisi ke-13, kategori World’s Best First Class Airlines 2018
  • Posisi ke-16, kategori World’s Best Airline Cabin Cleanliness 2018
  • Posisi ke-21, kategori World’s Best Inflight Entertainment 2018

Manakah Bandara Terbaik di Indonesia?

Sederet Prestasi Dunia Penerbangan Indonesia
Image: blogspot.com

Masih dari survei yang sama, Bandara Soekarno Hatta ada diurutan ke 45 dalam kategori World’s Top 100 Airports 2018. Hmm belum terlalu jadi favorit travellers ya.

[Baca ini juga yuk: Mengagumkan, Jangan Lewatkan 4 Pertunjukan Seni Indonesia Ini]

Namun setelah Chelsi telusuri lebih jauh di skytraxratings.com ada beberapa bandara Indonesia yang meraih rating bagus lho… Jadi Skytrax memang membagi bandara-bandara di dunia dalam 5 kategori yaitu Bintang 5, Bintang 4, Bintang 3, Bintang 2, dan Bintang 1. Banyak kriteria yang dinilai lho seperti efisiensi proses, kenyamanan dan kebersihan, fasilitas penumpang, hingga pelayanan staf.

Pada tahun 2018 lalu, ada lima bandara di Indonesia yang masuk peringkat Skytrax itu yaitu:

  • Bandara Internasional Kualanamu, Medan, Bintang 4
  • Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Bintang 4
  • Bandara Internasional Sultan Syarif Kasi II, Pekanbaru, Bintang 4
  • Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Bintang 3
  • Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta, Bintang 3

Segmen Low Cost, Namun Tetap High Quality. Siapa Dia?

Sederet Prestasi Dunia Penerbangan Indonesia
Image: moneysmart.id

Dikutip dari kompas.com, Edward Plaisted (CEO Skytrax) berpendapat bahwa Citilink memang segmennya low cost tapi maskapai ini tetap memberikan high quality. Pernyataan ini menanggapi penghargaan Skytrax kepada Citilink untuk maskapai berbiaya rendah atau low cost carrier dengan peringkat 4-Star Airline. Good job, Citilink!

Jika Chelsi lihat di daftar World’s Best Low-Cost Airlines 2018, Citilink berada diposisi ke-17. Namun kalau dikategorikan wilayah Asia saja, maka Citilink ada di posisi ke-6. Waaah semoga makin meningkat seiring berjalannya waktu yaaa.

***

Nah itu dia prestasi dunia penerbangan Indonesia menurut penghargaan Skytrax 2018. Semoga di tahun selanjutnya, bisa meraih penghargaan yang lebih baik. Bagikan kabar menggembirakan ini lewat social media ya, tinggal klik tombol yang ada di bawah.