Bisnis Tiket: Mari Meraih Sukses Bersama VAN!

Berbisnis tiket lebih mudah dan praktis dengan bantuan Voltras Agent Network atau VAN. VAN adalah produk unggulan kami untuk memudahkan reservasi tiket secara otomatis.

Bisnis tiket dan travel lebih mudah dijalankan dengan bantuan sistem VAN. Voltras Agent Network atau VAN adalah salah satu produk unggulan dari PT Voltras Travel. VAN tercipta dilatarbelakangi oleh pengalaman dan masalah mendasar dalam usaha berjualan tiket pesawat. Masalah yang dimaksud yaitu sulitnya cara menjadi agen tiket pesawat resmi dan tidak adanya Global Distribution System (GDS) untuk maskapai domestik di bisnis travel agent.

Tahun 2008, Voltras Travel sebagai Wholesale Tiket terpercaya hadir dengan konsep baru yaitu pemanfaatan teknologi tepat guna. Dengan menciptakan Voltras Agent Network (VAN) yang inovatif, kamu bisa menjalankan bisnis tiket dan jual tiket pesawat, kereta, dsb secara otomatis dan tanpa operator. Produk yang diciptakan ini bermaksud dapat membantu perkembangan bisnis para sub agen yang bergabung bersama Voltras Travel.

Menariknya, sistem yang seperti ini pertama kali di Indonesia. Konsepnya inovatif, mampu berjalan secara otomatis tanpa operator. Itulah salah satu nilai lebih dari sistem reservasi online ini. VAN terus berkembang dengan fitur-fitur baru untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi mitra dalam menjalankan bisnis tiket pesawat, kereta api, theme park, dan reservasi kamar hotel.

Dengan menggandeng mitra usaha, kami berkembang dan maju bersama. Inovasi tiada henti menjadi semangat team kami untuk memberikan kejutan-kejutan dengan fitur terbaru bagi kamu yang bergabung bersama kami.

Apa Saja Fitur VAN?

1. Autoticket

Kenapa masih mengandalkan cara lama dalam menjalankan bisnis tiket? Gunakan solusi kreatif dari VAN untuk kemudahan usaha tiketmu dengan fitur AUTOTICKET membantumu untuk jual tiket pesawat, kereta, dan sebagainya dengan lebih cepat, efektif, dan bebas ribet. Menariknya lagi, sistem reservasi kami membantu separuh pekerjaanmu dalam mengembangan usaha tiket atau tour and travel.

Cukup berikan kode bayar dan reservasi yang kamu buat ke penumpang. Lalu, biarkan sistem yang bekerja untukmu. Nah, sistem kami memiliki kelebihan Sangat Cepat, Sangat Tepat, dan Sangat Singkat. Lalu, kenapa masih pakai cara bisnis tiket yang lama? Segera tinggalkan kebiasaanmu! Kami siap membantu separuh dari pekerjaanmu. Inilah Solusi kreatif dari VAN demi kemudahan menjalankan usaha tiket.

jual tiket pesawatSumber: voltras Belum ada travel agent online yang memiliki fitur ini, selain VAN. Bagi pebisnis yang menjalankan bisnis jualan tiket, AUTOTICKET menjadi solusi baru dalam usaha di bidang tiket atau tour and travel ini. Pebisnis tidak perlu repot melakukan pekerjaan issuing ticket, menunggu konfirmasi pembayaran, dan lain-lain. Jadi waktu berharga pengusaha bisnis ini dapat dialihkan untuk pekerjaan lain yang lebih produktif.

2. Voltras Internet Booking Engine (VIBE)

Voltras Internet Booking Engine (VIBE) merupakan fitur VAN yang diperuntukkan bagi para member yang ingin memiliki situs (website) penjualan tiket secara online. Memiliki situs penjualan tiket sendiri memberikan kebebasan kepada member untuk melayani para pelanggan 24 jam dan akan memberikan keuntungan yang semakin besar. Kamu tak perlu susah-susah belajar jadi Programmer untuk menggunakan VIBE. VIBE benar-benar bebas ribet dan bebas rumit. Kenapa harus memiliki VIBE ?

  • Tak perlu belajar Programing, cukup lakukan promosi dan promosi
  • Keuntungan penjualan dan popularitas untuk situsmu
  • Bisnis tour and travel semakin otomatis, tanpa ganggu jam tidurmu
  • Pelanggan semakin banyak, tanpa perlu punya kantor cabang

Preview VIBE Semua aktivitas transaksi dilakukan di situs milik member tanpa berpindah ke situs lain. Hal ini akan memberikan nilai tambah bagi brand dan situs member yang menggunakan VIBE. Saat calon pembeli membuka situs penjualan tiket online milik member Voltras Agent Network yang telah menggunakan VIBE akan mendapati panel pencarian tiket, dan bisa langsung melakukan pencarian tiket kemana dan kapanpun yang diinginkan. Pengunjung situs reservasi tiket onlinemu bisa mengisi panel pencarian tiket ke mana dan kapanpun yang konsumenmu inginkan.

3. Online Report

Masih ribet mengurus laporan bulanan untuk bisnis tiket setelah beberapa kali sukses bisnis menjual tiket, dsb.? Dengan menggunakan dapatkan segala kemudahan dalam menyusun laporan bulananmu. VAN kini hadir dengan fitur Online Report.

Semua transaksi yang dilakukan di sistem VAN mulai dari booking, issued, hingga top-up secara otomatis ter-report. Saatnya tinggalkan cara lama dalam membuat laporan untuk bisnis tiket online-mu. Serahkan semua masalah report kamu di sistem VAN. VAN mampu membuat report semudah searching dan download cepat.

Apa saja varian Produk VAN?

Voltras Agent Network menyediakan dua kategori keanggotaan yaitu multiple airlines (VAN) dan Garuda Indonesia Group (GIA). Multiple airlines terbagi menjadi VAN Basic, dan VAN Pro. Untuk Garuda Indonesia Group (GIA) terbagi menjadi GIA Standard dan GIA Premium. Di kategori multiple airlines kita punya produk yang bisa kamu dapatkan Gratis.

Namanya VAN Experience. Dengan VAN Experience, kamu bisa merasakan bagaimana kemudahan reservasi tiket dan dapat komisi pula jika kamu berhasil menjual tiket pesawat dan sebagainya. Produk ini bisa kamu miliki dengan mudah cukup dengan melakukan pendaftaran di situs bisnis jual tiket pesawat dan kereta ini.

Mengapa Memilih VAN?

Karena, VAN memberikan solusi terbaik yang Bebas Pilih, Bebas Ribet, dan Bebas Rumit bagi bisnis travel agent yang kamu miliki. VAN memiliki keunggulan di antaranya:

  • Web Based dimana VAN didukung dengan sistem yang sepenuhnya berbasis web sehingga bisa menikmati keunggulan dari fitur-fitur VAN seperti Auto Ticket, VIBE, dan Online Report.
  • Made for You dengan segala kemudahan dan keunggulan yang cocok untuk kamu dan dijamin pakai VAN tidak akan ribet. Kamu bisa jual tiket dengan mudah tanpa harus daftar ke IATA yang begitu ribet.
  • Built to All di mana semua orang bisa bergabung menjadi mitra VAN dengan biaya registrasi yang terjangkau
  • Easy to Use karena VAN didukung sistem canggih yang mempermudahkanmu, di tambah Ask Helpdesk yang siap melayani selama 24 jam.

Kini berjualan tiket online tidak serumit yang kamu bayangkan. Semakin berkembangnya teknologi, kini bisnis tiket dapat dilakukan di manapun dan kapanpun. kamu bisa menjalankan bisnis ini tanpa perlu modal besar. Kamu cukup menggunakan koneksi internet, baik itu dari smarphone ataupun laptop.

Baca juga: 5 Usaha yang Cocok untuk Anak Muda

VAN menyediakan semua produk yang menunjang bisnis travel agent yang akan membuatmu tidak perlu repot melakukan pemesanan tiket untuk kebutuhan bisnis travel agent kamu. VAN hadir dengan banyak pilihan maskapai domestik dan internasional dan dengan ragam pilihan hotel yang tersebar di seluruh dunia. Selain itu, VAN juga memberikan semakin banyak pilihan dengan adanya penjualan voucher hotel.

Tidak hanya Pesawat dan hotel saja yang ditawarkan, dengan VAN kamu dapat melakukan pemesanan tiket KAI dan juga Theme park. Jika sudah mengetahui bagaimana mudahnya memulai bisnis tiket, jual tiket, atau usaha travel agent, kenapa masih mengandalkan cara lama dalam usaha jualan tiket? Chelsi sarankan untuk meninggalkan cara lama yang ribet dan tentu memakan waktu dan tenaga kalian.

Berbisnis itu harus menguntungkan kalau membuat ribet dan susah seharusnya ditinggalin saja. layaknya seperti orang pacaran kalau disakitin terus kenapa masih bertahan? Di luar sana banyak yang lebih baik kok. Tunggu apa lagi? Tidak perlu berpikir lama untuk menjalankan bisnis tiket (travel agent). Apalagi,  segera daftarkan diri sekarang juga!

Nikmati keunggulan fitur yang Chelsi tawarkan ini dan raih keuntungan besar dengan bergabung bersama VAN. Let’s Have VAN Together.

5 Usaha Yang Cocok Untuk Anak Muda

Peluang usaha kini semakin terbuka lebar untuk anak-anak muda apalagi dibarengi oleh pesatnya kemajuan teknologi yang menyesuaikan dengan perkembangan jaman saat ini. Kebanyakan anak muda jaman sekarang ini berpikir untuk jadi pengusaha muda. Nah, berikut Chelsi akan mengurai 5 usaha yang cocok untuk anak muda. Kamu sebagai anak muda wajib untuk baca sampai selesai ya!

1. Bisnis reseller atau dropshiper

Bisnis reseller atau dropshiper (image: 2.bp.blogspot.com)

Usaha ini paling popular di kalangan anak muda karena tidak membutuhkan modal yang banyak dan bahkan ada yang benar-benar gratis. Kamu bisa menjual produk dari supplier melalui media sosial seperti BBM, Instagram, Facebook dan lain lain sebagai lapaknya tampa memerlukan kios atau toko. Hal terpenting adalah kamu harus mendapatkan kepercayaan dari pelanggan dengan cara meningkatkan kualitas produk sehingga pelanggan kamu tidak kabur ke penjual yang lain.

2. Jualan cemilan unik

Jualan Camilan Unik (image: bumburesep.org)

Kebanyakan orang memiliki hobi ngemil sehingga banyak sekali produk-produk cemilan. Nah, tidak ada salahnya kamu jadi pengusaha muda di bidang cemilan. Kamu membuat cemilan kreasimu dan tentunya unik dan masih jarang dijual. Yang terpenting adalah berani beda, untuk masalah harga bisa kamu sesuaikan. Jangan lupa buatkan akun khusus usaha cemilan di instagram dan facebook agar mendapat banyak pembeli

3. Menjual tiket atau travel agent

Jualan tiket (image: freepik.com)

Tingginya tingkat permintaan akan tiket pesawat membuat usaha ini terus menuai hasil yang manis. Jutaan tiket pesawat setiap bulannya laku terjual, hal ini dikarenakan setiap manusia pasti melakukan bepergian. Nah, coba kamu bayangkan jika kamu ikut andil dalam usaha jual tiket, selain kamu update terhadap informasi promo tiket, kamu juga berhak mendapatkan komisi sampai 5% dari harga tiket yang kamu issued untuk pelanggan.

Tertarik? Coba kamu kunjungin website www.travelagent.co.id dan pelajari bagaimana mudahnya memulai usaha jual tiket tanpa modal yang besar, bahkan gratis lho. Untuk anak muda, wajib banget punya usaha ini apalagi kalau kamu punya hobi traveling karena kalau kamu jual tiket pesawat dan kereta bersama VAN, kamu akan mendapat banyak tawaran promo tiket.

Yuk jadi pengusaha muda di bisnis tiket. Mumpung masih muda, kamu juga bisa sering-sering traveling.

4. Usaha Fashion

Usaha Fashion (image: 1.bp.blogspot.com)

Sepertinya usaha di bidang fashion tidak ada matinya. Selama manusia masih bernapas maka pakaian akan selalu diperlukan. Apalagi semakin berkembangnya jaman menuntut semua orang untuk memperhatikan penampilan mereka, karena itu besar dampaknya terhadap pekerjaan yang mereka lakoni.

Kamu hanya cukup harus update tentang perkembangan mode fashion terkini. Percaya deh, usaha fashion kamu pasti diburu. Jangan lupa, manfaatkan media sosial yang ada untuk promosi!

5. Usaha Event Organizer

Event Organizer (image: eclatantedesign.com)

Hal terpenting bagi kamu yang ingin membuka usaha event organizer, kamu cukup memperbanyak relasi dengan penyewaan vendor, catering, dan lain-lainnya yang berkaitan dengan pernak-pernik penyelenggaraan hajatan.

Kamu juga harus mendengarkan apa yang diinginkan oleh pelanggang sehingga nantinya mereka merasa puas dengan dekorasi yang kamu persiapkan. Nah, kalau mereka nanti merasa puas pasti dengan sengaja mempromosikan event organizer yang kamu miliki.

Baca juga: Festival-Festival Seru di Indonesia

Nah, tidak perlu mencoba kelimanya, cukup pilih satu satu saja dan jalanin dengan kesungguhan. Jika kamu belum berhasil alias gagal, pesan Chelsi jangan mudah menyerah ya!

Karena masa muda adalah masa dimana semangat itu harus kamu pompa agar kelak kamu bisa menuai hasil yang masih dimasa tua. Selamat mencoba ya teman-teman. Berusahalah jadi pengusaha muda yang sukses.

Festival-Festival Seru di Indonesia

Chelsi merangkum beberapa festival Indonesia yang seru untuk blog tips traveling kali ini . So, kamu harus baca ini dan catat tanggalnya karena sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja! Yuk simak baik-baik nama festival, tanggal diselenggerakannya dan tempatnya. Jika kamu berminat untuk ikut serta menyaksikan keseruan festival, Chelsi sarankan kamu untuk segera pesan tiket pesawat segera ya!

1. Festival Danau Toba  (6-9 September 2017)

Festival Danau Toba (image: tripelaketoba.com)

Festival Danau Toba begitu terkenal akan berbagai kegiatan seperti atraksi seni budaya, wisata olahraga atau sport tourism seperti lomba perahu tradisional, lomba renang rakyat dan lainnya. Selain itu, akan ada juga pemilihan Ucok-Butet dan pertunjukan musik juga.

Toba bukan hanya nama danau terbesar di Indonesia. Namun juga merupakan sebuah nama yang mewakili tradisi, seni, hingga karakter masyarakat yang hidup di sekitarnya. Sehingga ketika ada Festival Danau Toba, yang ditampilkan bukan hanya kekhasan fisik danau, namun juga tradisi yang berkembang di sekitarnya. Popularitas Danau Toba yang mendunia membuat festival ini juga mendapatkan perhatian turis mencanegara.

2. Pesta Budaya Tabuik, Pariaman  (20 September–1 Oktober 2017)

Pesta Budaya Tabuik (Image: roronoa9.files.wordpress.com)

Festival Tabuik merupakan salah satu tradisi tahunan di dalam masyarakat Pariaman. Festival ini telah berlangsung sejak puluhan tahun lalu dan diperkirakan telah ada sejak abad ke-19 masehi. Setiap tahunnya puncak acara Festival Tabuik ini selalu disaksikan puluhan ribu pengunjung yang datang dari berbagai pelosok Sumatera Barat.

Tidak hanya masyarakat lokal saja, festival ini pun mendapat perhatian dari banyak turis asing yang membuatnya menjadi perhelatan besar yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya.

3. Festival Reog Ponorogo (10 – 16 Oktober)

Festival Reog Ponorogo (Image: wacana.co)

Nama Ponorogo sebagai tempat lahirnya kesenian Reog memang sudah mendunia. Sampai saat ini festival Reog sebagai ikon masyarakat Ponorogo masih terus dilestarikan. Biasanya, festival seni ini dilangsungkan setiap tahun di bulan Oktober. Festival ini diikuti oleh berbagai peserta dari seluruh Indonesia yang sebagian besar adalah orang-orang perantauan. Festival Reog Ponorogo 2017 sendiri akan diselenggarakan tanggal 10 s.d. 16 Oktober.

4. Banyuwangi Ethno Carnival (12 November 2017)

Banyuwangi Ethno Festival (image: 2.bp.blogspot.com)

Karnaval Etnik Banyuwangi yang biasa dipromosikan dengan nama Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) ini merupakan event karnaval busana yang yang menepuh rute 2,2 km. Rute berawal dari Taman Blambangan hingga Kantor Bupati Banyuwangi dan melewati jalan-jalan protokol di kota paling timur Pulau Jawa tersebut.

Tahun ini BEC akan mengambil tema “The Legend of Sritanjung Sidopakso”. Melalui acara ini, Banyuwangi ingin meperkenalkan kekayaan etniknya hingga mancanegara. Setiap tahun, BEC selalu terbukti mendapat tempat bagi wisawatan asing.

5. Festival Teluk Ambon (8-10 September 2017)

Festival Teluk Ambon (image: s-media-cache-ak0.pinimg.com)

Pemerintah Provinsi Maluku kembali menggelar Pesta Teluk Ambon yang ke 12. Tahun ini, Festival Teluk Ambon akan mengangkat thema Exotic marine Paradise atau Surga Laut Maluku yang Eksotis. Tujuan diangkatnya tema tersebut yakni guna memperkenalkan Maluku yang memiliki sumber daya hayati dan potensi wisata bahari.

6. Festival Kora-Kora (9-10 Desember 2017)

Festival Kora-kora (image: cilubintang.com)

Festival Kora-Kora akan menampilkan beraneka ragam kebudayaan Maluku Utara. Mulai dari kesenian, seni tari, musik, hingga santapan kulinernya bisa kamu cicipi di Festival Kora-kora yang akan digelar pada Desember 2017 nanti.

Tak hanya itu saja, buat kamu yang penasaran langsung saja datang dan lihat hiburan lainnya, seperti, lomba perahu tradisional Kora-Kora, lomba memancing, lomba foto bawah laut, lomba dayung perahu kora-kora sampai lomba pawai perahu hias.

Baca juga: 5 Tips Traveling Rame-Rame Bareng Teman

Nah, itulah beberapa festival seru yang sayang buat dilewatkan begitu saja. Kalau bukan kita yang melestarikan festival seni & budaya seru di Indonesia, lalu siapa lagi? Chelsi saranin buat kamu segera beli tiket pesawat di VAN, lagi banyak harga promo lho. Segera atur jadwalnya ya. Atau, bisa juga kamu jual tiket pesawat dengan komisi yang menggiurkan untukmu. 

Traveling Ramai-Ramai Bersama Teman? Simak 5 Tips Ini!

Ini Tips Liburan ala Chelsi untuk Liburan Rame-Rame. Jangan hanya memikirkan hal-hal yang menyenangkan aja. Ada 5 hal yang harus direncakanan bersama.

Liburan bersama teman-teman tentu akan membuat liburan semakin seru. Namun, kamu harus tahu beberapa tips traveling dan liburan ala Chelsi untuk merencanakan beberapa hal sebelum pergi berlibur beramai-ramai. Jangan hanya memikirkan hal-hal yang menyenangkan saja. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan bila akan bepergian bersama teman-teman.

1. Pilih destinasi
Traveling Ramai-Ramai Bersama Teman - Pilih destinasi

Tentukan Destinasi (image: tap-airportugal.co.uk)

Diskusikan terlebih dahulu bersama teman-teman untuk destinasi yang ingin dituju. Tanyakan semua pendapat yang ikut berlibur, jangan sampai liburan menjadi gagal karena beberapa orang tidak suka atau tidak setuju dengan pilihan destinasi.

2. Dana yang dikeluarkan
Traveling Ramai-Ramai Bersama Teman - Dana yang dikeluarkan

Hitung dana yang dikeluarkan image: insuremytrip.com

Tips berikutnya setelah menentukan destinasi, lanjutkan dengan perencanaan dana yang dibutuhkan untuk liburan bersama. Jangan sampai ada beberapa yang merasa dirugikan karena dia mengeluarkan banyak dana.

3. Pesan Tiket
Traveling Ramai-Ramai Bersama Teman - Pesan Tiket

Beli tiket yang sesuai dengan budget

Jangan melakukan pemesanan tiket sendiri-sendiri. Ada baiknya memesan tiket secara bersama. Di Voltras Agent Network, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa penjualan tiket pesawat menawarkan diskon up to 10% bagi mereka yang memesan tiket bersama teman-teman.  Jadi tunggu apalagi, segera daftar menjadi member kami gratis di sini untuk pesan tiket dan siap-siap menikmati liburan yang seru.

4. Jaga Barang Bawaan
Jaga Barang Bawaan

Jaga selalu barang bawaan (image: chicalogic.com)

Meskipun pergi secara bersama-sama, namun bukan berarti dengan mudah saling percaya terkait barang bawaan. Lebih baik kamu menjaga barang bawaan kalian masing-masing. Jangan merusak liburan karena salah satu dari kalian kehilangan. Barang bawaan kamu adalah tanggung jawab kamu.

5. Abadikan momen
Abadikan momen

Abadikan momen bahagiamu image: pexels.com

Liburan bersama teman-teman saat ini adalah moment yang bisa dikatakan langka. Jadi jangan lupa bawa kamera maupun smartphone agar bisa mengabadikan momen bersama. Sebelum berangkat, lakukan pengecekan terhadap kamera beserta baterai cadangan. Pastikan memorinya mencukupi biar bisa foto sepuasnya.

Baca juga: 5 Tempat Bersejarah yang Menjadi Tempat Wisata

Nah, itulah 5 tips liburan yang mungkin bisa kamu terapkan ketika memutuskan untuk liburan bersama. Terlepas dari itu semua, ingatlah bahwa liburan bertujuan untuk membuat kamu merasakan kebahagiaan yang berbeda. Jadi jangan sampai pilihan kamu untuk berlibur sendiri, berdua, maupun ramai-ramai tidak berakhir dengan bahagia ya!

Jangan lupa share artikel ke teman-temanmu. Biar mereka mau traveling rame-rame bareng kamu. Jangan lupa juga ikuti tips liburan ala Chelsi hanya di blog Voltras Agent Network.

5 Tempat Bersejarah yang Menjadi Tempat Wisata

Chelsi akan mengulas tempat bersejarah yang jadi tempat wisata. Gimana ya rasanya jadi pahlawan?

Menjelang hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 72 yang jatuh pada 17 Agustus mendatang, tak ada salahnya untuk mengingat kembali bagaimana perjuangan para pahlawan kita. Salah satunya dengan mengunjungi tempat wisata yang bersejarah.

Selain menyegarkan pikiran dengan wisata, juga dapat merasakan bagaimana perjuangan para pahlawan kala itu dan semakin menumbuhkan rasa bangga dan cinta tanah air. Nah, Chelsi akan mengulas sedikit lima tempat bersejarah yang kini menjadi tempat wisata. Baca yuk…

1. Tugu Proklamasi
Tempat Bersejarah yang Menjadi Tempat Wisata - Tugu Proklamasi

Tugu Proklamasi (image: beritadaerah.co.id)

Dalam membacakan teks proklamasi, Bung Karno dan Bung Hatta melakukannya di depan rumahnya. Tepatnya di  Jalan Pegangsaan Timur No. 56 yang kemudian dikenal dengan nama Gedung Proklamasi. Tugu ini dibangun untuk memperingati peristiwa proklamasi dengan dua buah patung Bung Karno dan Bung Hatta dalam ukuran besar dan saling berdampingan, layaknya dalam foto kala mereka memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

2. Monas (Monumen Nasional)
Tempat Bersejarah yang Menjadi Tempat Wisata - Monas (Monumen Nasional)

Monas (image: hargatiketmasuk.com)

Monumen kebanggaan rakyat Indonesia merupakan monumen yang dibangun oleh Presiden Soekarno untuk mengenang perjuangan yang dilakukan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Monumen ini tidak hanya bernilai sejarah tinggi, namun juga dari segi nilai bangunannya juga lumayan besar. Lidah apinya saja terbuat dari perunggu yang berlapiskan emas.

3. Gedung Joeang ’45
Tempat Bersejarah yang Menjadi Tempat Wisata - Gedung Joeang '45

Gedung Joeang ’45 (image: c1.staticflickr.com)

Di Museum Joang 45 ini kita dapat melihat jejak perjuangan kemerdekaan RI dan koleksi benda-benda peninggalan para pejuang Indonesia. Ada koleksi foto dokumentasi dan lukisan yang menggambarkan perjuangan sekitar tahun 1945 – 1950an. Ada juga patung-patung dada para tokoh perjuangan.

Di Museum Joang 45 ini juga terdapat ruang pameran tetap dan temporer, Bioskop Joang 45 yang memamerkan film dokumenter dan film perjuangan lama, perpustakaan referensi sejarah ilmiah, foto studio di mana para pengunjung dapat menggunakan kostum pejuang, Teater Anak, dan juga souvenir shop.

4. Museum Perumusan Naskah Proklamasi
Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum Perumusan Naskah Proklamasi (image: rennindritha.files.wordpress.com)

Tempat bersejarah ini dulunya merupakan kediaman Laksamana Maeda. Dia adalah salah satu orang yang membantu proklamasi kemerdekaan Indonesia. Pada 17 Agustus 1945 dini hari, rumah ini disibukkan oleh aktivitas perumusan naskah proklamasi.

Baca juga: 5 Gunung yang Sering Dijadikan Lokasi Upacara 17 Agustus

Museum Perumusan Naskah Proklamasi adalah gedung yang dibangun untuk mengenang peristiwa proses perumusan naskah proklamasi kemerdekaan di Indonesia. Terletak di Menteng, di bangunan bersejarah ini terdapat 4 ruangan yang berisi pameran benda-benda yang dikenakan para tokoh yang hadir dalam perumusan naskah proklamasi.

5. Rumah Rengasdengklok
Rumah Rengasdengklok

Rumah Rengasdengklok (image: kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Rumah Rengasdengklok ini sangat bersejarah. Rumah inilah yang dipakai sebagai tempat perundingan antara para pemuda yang dipimpin Soekarni dengan Soekarno-Muhammad Hatta untuk membahas kemerdekaan Indonesia. Rumah dari kayu jati bercat putih dan hijau ini dulunya adalah rumah seorang Tionghoa bernama Babah Djiaw Kie Siong.

bisnis tiket van

Kamu dapat melihat replika tempat tidur Bung Karno (tempat tidur yang asli ada di Museum Tentara di Bandung). Sampai hari ini, Rumah Rengasdengklok ini masih dirawat oleh keturunan keluarga Babah Djiaw Kie Siong. Nah Teman VAN, dengan mengunjungi tempat wisata bersejarah tersebut bisa menjadi salah satu cara kita untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.

Namun yang paling penting adalah meneruskan semangat juang para pahlawan untuk terus memajukan Indonesia dan membuat negeri ini lebih mandiri di atas kekayaannya yang dikelola sendiri. Jadi yuk semangat berjuang bersama untuk kemajuan negeri kita tercinta ini.

Chelsi punya blog tentang tips traveling dan liburan lho. Ikuti terus hanya hanya di blog Voltras Agent Network. Merdeka!

5 Gunung yang sering Dijadikan Lokasi Upacara 17 Agustus

Upacara 17 Agustus nggak melulu di lapangan atau halaman gedung, cobain deh sensasi upacara di lokasi yang unik misalnya gunung.

Buat para pecinta alam atau pendaki gunung tentunya sudah tidak asing lagi dengan lima gunung  di Indonesia yang sering dijadikan lokasi upacara 17 Agustus. Berikut Chelsi kasih tahu lima gunung tersebut:

1. Gunung Merapi, Yogyakarta
Gunung yang sering Dijadikan Lokasi Upacara 17 Agustus - Gunung Merapi, Yogyakarta

Harus Waspada ya Kalau Upacara Bendera di Gunung Merapi  (Image: trevelsia.com)

Gunung Merapi masih tergolong gunung aktif hingga saat ini, gunung ini termasuk gunung yang unik dengan segala misteri dan kejadian aneh yang sering terjadi. Gunung ini juga tidak mudah dideteksi oleh para vulkanologi tentang kapan gunung ini akan meletus atau tidak aktif kembali.

Di hari biasa gunung ini begitu ramai, jadi bisa terbayangkan bagaimana ramainya ketika 17 Agustus? Sesungguhnya  Penelitian Teknologi Kebencanaan Geologi Yogyakarta selalu mengimbau agar tidak ada upacara di Gunung Merapi karena di puncak gunung sudah sangat sempit dan tidak  ada area terbuka yang lapang.

2. Gunung Semeru, Jawa Timur
Gunung yang sering Dijadikan Lokasi Upacara 17 Agustus - Gunung Semeru, Jawa Timur

Upacara Bendera di gunung tertinggi di Jawa, Gunung Semeru (Image: inovasee.com)

Gunung  Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa. Gunung yang berada di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah salah satu destinasi favorit bagi para pecinta alam khususnya para pendaki gunung. Upacara bendera 17 Agustus biasanya tidak dilakukan di puncak melainkan di lerengnya yaitu Kali Mati.

Hal ini dilakukan karena Gunung Semeru yang masih aktif ini masih dalam status waspada level II, sehingga cukup berbahaya jika berada di puncaknya. Upacara 17 Agustus di Gunung Semeru bukan hanya diikuti oleh wisatawan lokal, tapi juga turis asing.

3. Gunung Prau, Dataran Tinggi Dieng
Gunung yang sering Dijadikan Lokasi Upacara 17 Agustus - Gunung Prau, Dataran Tinggi Dieng

Upacara Bendera di Gunung Prau (image: inovasee.com)

Gunung Prau memiliki ketinggian 2.565 mdpl. Gunung dengan pemandangan yang indah karena terdapat padang rumput yang berbunga serta bukit-bukit kecil seperti serial Teletubbies. Untuk 17 Agustus, upacara boleh saja dilakukan, tapi para pendaki tetap harus mengutamakan keselamatan.

4. Gunung Papandayan, Garut
Gunung Papandayan, Garut

Upacara Bendera 17 Agustus di Gunung Papandayan (Image: trevelsia.com)

Gunung Papandayan memiliki Padang Edelweis yang masuk dalam daftar 4 Padang Edelweis terbaik se-Indonesia, juga memiliki camping ground yang sangat luas dan fasilitasnya lengkap, mulai dari MCK, warung, hingga suplai air yang melimpah.

Makanya, Gunung Papandayan sering dijadikan sebagai lokasi upacara 17 Agustus. Selain para peserta bisa merayakan Hari Kemerdekaan, tapi juga bisa camping dan menikmati pemandangan indah di sekitar Gunung Papandayan.

5. Gunung Rinjani, Lombok
Gunung Rinjani, Lombok

Pemandangan Indah dari Gunung Rinjani (image: wiranurmansyah.com)

Gunung Rinjani adalah gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl. Meskipun sering terjadi angin kencang di bulan Agustus, tapi gunung ini tetap selalu ramai, terutama saat upacara bendera. Rata-rata, para pendaki tersebut berstatus mahasiswa atau kelompok pecinta alam yang ingin mengibarkan bendera merah putih di Rinjani.

Baca juga: 5 Pulau Terindah di Dunia

Gimana? Terlihat sangat seru ya bisa menghadiri upacara 17 Agustus di gunung. Selain bisa merasakan sensasi yang berbeda juga lebih bisa menyatu pada alam Indonesia. Tapi, ada tapinya loh, sesuatu yang indah tentu tidak bisa dengan mudah untuk mencapainya begitu juga dengan mendaki gunung, dibutuhkan persiapan yang matang.

Jadi buat kamu yang berencana mendaki gunung untuk melakukan upacara kemerdekaan, ada baiknya disiapkan secara jauh-jauh hari ya seperti latihan fisik, alat-alat pendakian, dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan saat berada di atas gunung.

Oiya, jangan lupa untuk mengikuti artikel-artikel terbaru dari Chelsi tentang tips traveling dan liburan hanya di blog Voltras Agent Network. Merdeka!