tempat bersejarah, tempat wisata, tempat wisata di jakarta, tempat wisata di karawang

5 Tempat Bersejarah yang Menjadi Tempat Wisata

Chelsi akan mengulas tempat bersejarah yang jadi tempat wisata. Gimana ya rasanya jadi pahlawan?

Menjelang hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 72 yang jatuh pada 17 Agustus mendatang, tak ada salahnya untuk mengingat kembali bagaimana perjuangan para pahlawan kita. Salah satunya dengan mengunjungi tempat wisata yang bersejarah.

Selain menyegarkan pikiran dengan wisata, juga dapat merasakan bagaimana perjuangan para pahlawan kala itu dan semakin menumbuhkan rasa bangga dan cinta tanah air. Nah, Chelsi akan mengulas sedikit lima tempat bersejarah yang kini menjadi tempat wisata. Baca yuk…

1. Tugu Proklamasi

Tugu Proklamasi (image: beritadaerah.co.id)

Dalam membacakan teks proklamasi, Bung Karno dan Bung Hatta melakukannya di depan rumahnya. Tepatnya di  Jalan Pegangsaan Timur No. 56 yang kemudian dikenal dengan nama Gedung Proklamasi. Tugu ini dibangun untuk memperingati peristiwa proklamasi dengan dua buah patung Bung Karno dan Bung Hatta dalam ukuran besar dan saling berdampingan, layaknya dalam foto kala mereka memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

2. Monas (Monumen Nasional)

Monas (image: hargatiketmasuk.com)

Monumen kebanggaan rakyat Indonesia merupakan monumen yang dibangun oleh Presiden Soekarno untuk mengenang perjuangan yang dilakukan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Monumen ini tidak hanya bernilai sejarah tinggi, namun juga dari segi nilai bangunannya juga lumayan besar. Lidah apinya saja terbuat dari perunggu yang berlapiskan emas.

3. Gedung Joeang ’45

Gedung Joeang ’45 (image: c1.staticflickr.com)

Di Museum Joang 45 ini kita dapat melihat jejak perjuangan kemerdekaan RI dan koleksi benda-benda peninggalan para pejuang Indonesia. Ada koleksi foto dokumentasi dan lukisan yang menggambarkan perjuangan sekitar tahun 1945 – 1950an. Ada juga patung-patung dada para tokoh perjuangan.

Di Museum Joang 45 ini juga terdapat ruang pameran tetap dan temporer, Bioskop Joang 45 yang memamerkan film dokumenter dan film perjuangan lama, perpustakaan referensi sejarah ilmiah, foto studio di mana para pengunjung dapat menggunakan kostum pejuang, Teater Anak, dan juga souvenir shop.

4. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum Perumusan Naskah Proklamasi (image: rennindritha.files.wordpress.com)

Tempat bersejarah ini dulunya merupakan kediaman Laksamana Maeda. Dia adalah salah satu orang yang membantu proklamasi kemerdekaan Indonesia. Pada 17 Agustus 1945 dini hari, rumah ini disibukkan oleh aktivitas perumusan naskah proklamasi.

Baca juga: 5 Gunung yang Sering Dijadikan Lokasi Upacara 17 Agustus

Museum Perumusan Naskah Proklamasi adalah gedung yang dibangun untuk mengenang peristiwa proses perumusan naskah proklamasi kemerdekaan di Indonesia. Terletak di Menteng, di bangunan bersejarah ini terdapat 4 ruangan yang berisi pameran benda-benda yang dikenakan para tokoh yang hadir dalam perumusan naskah proklamasi.

5. Rumah Rengasdengklok

Rumah Rengasdengklok (image: kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Rumah Rengasdengklok ini sangat bersejarah. Rumah inilah yang dipakai sebagai tempat perundingan antara para pemuda yang dipimpin Soekarni dengan Soekarno-Muhammad Hatta untuk membahas kemerdekaan Indonesia. Rumah dari kayu jati bercat putih dan hijau ini dulunya adalah rumah seorang Tionghoa bernama Babah Djiaw Kie Siong.

bisnis tiket van

Kamu dapat melihat replika tempat tidur Bung Karno (tempat tidur yang asli ada di Museum Tentara di Bandung). Sampai hari ini, Rumah Rengasdengklok ini masih dirawat oleh keturunan keluarga Babah Djiaw Kie Siong. Nah Teman VAN, dengan mengunjungi tempat wisata bersejarah tersebut bisa menjadi salah satu cara kita untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.

Namun yang paling penting adalah meneruskan semangat juang para pahlawan untuk terus memajukan Indonesia dan membuat negeri ini lebih mandiri di atas kekayaannya yang dikelola sendiri. Jadi yuk semangat berjuang bersama untuk kemajuan negeri kita tercinta ini.

Chelsi punya blog tentang tips traveling dan liburan lho. Ikuti terus hanya hanya di blog Voltras Agent Network. Merdeka!