Susun Bucket List, Ini Destinasi Terbaik untuk Liburan Januari Hingga Desember

Penghujung tahun nih, udah mulai menyusun bucket list liburan?

Entah menyusun bucket list atau resolusi tahun baru 2019, baiknya Teman VAN juga melengkapinya dengan langkah-langkah agar terwujud. Ya, ubah bucket list jadi rencana bukan sekadar  wacana. Nggak ingin kan di ujung tahun 2019 nanti bucket list tetap utuh nggak ada yang tercoret?

Kali ini Chelsi akan membantumu untuk merealisasikan bucket list yaitu dengan merekomendasikan destinasi wisata yang cocok per bulannya dari Januari hingga Desember. Pemilihan waktu untuk traveling itu juga penting Teman VAN. Jangan sampai sudah datang ke destinasi impian eh tapi musimnya tidak tepat. Nggak mau kan?

Yuk, Chelsi mulai pembahasannya ya…

Januari: Menikmati Festival Musim Dingin di Korea Selatan

Bucket List Januari: Menikmati Festival Musim Dingin di Korea Selatan

Image: trendingdunia.net

Korea Selatan jarang dilirik oleh wisatawan saat musim dingin. Karena hal itu, tiket pesawat ke sana jadi lebih murah lho. Coba saja cek harganya di sini.

Padahal Korea Selatan punya festival musim dingin yang menarik, salah satunya Hwacheon Sancheoneo Ice Festival tanggal 5-27 Januari 2019 di Hwacheoncheon Stream, Hwacheon-gun, Gangwon-do. Di sana ada banyak aktivitas seru lho seperti memancing ikan di sungai yang permukaannya beku, flying fox, patung es, dan salju. Saking menariknya, festival ini termasuk satu dari empat festival musim dingin utama di dunia.

Februari: Jalan-Jalan di Tiongkok Kecil, Lasem

Bucket List Februari: Jalan-Jalan di Tiongkok Kecil, Lasem

Image: ceknricek.com

Bertepatan dengan Tahun Baru Imlek di bulan Februari, Chelsi merekomendasikan untuk menjelajah Lasem yang dijuluki Tiongkok Kecil. Sesuai julukannya, kecamatan di Rembang, Jawa Tengah tersebut memang kental dengan nuansa sejarah China bahkan masih terasa hingga sekarang.

[Baca Juga: Tahun 2019, Saatnya Explore Sri Lanka yang Indah dan Murah]

Di Lasem ada beberapa tempat yang bisa Teman VAN kunjungi seperti Desa Karang Turi, Klenteng Cu Ang Kiong, Klenteng Po An Bio, Klenteng Gie Yong Bio, Pantai Caruban dan tambak garam Desa Dasun. Yang menarik, klenteng-klenteng di Lasem punya bangunan yang unik dan dindingnya memiliki gambar kisah komik. Saat Imlek, Lasem akan makin meriah dengan pertunjukan barongsai dan gamelan di beberapa klenteng.

Maret: Merasakan Suasana Nyepi di Pulau Bali

Bucket List Maret: Merasakan Suasana Nyepi di Pulau Bali

Image: tripsavvy.com

Jika ingin suasana yang beda saat liburan di Bali, datanglah saat Nyepi. Wisatawan bisa melihat rangkaian upacara adat yang dilaksanakan menjelang Nyepi. Sementara di hari Nyepi-nya, wisatawan harus mengikuti peraturan yaitu tidak keluar dari penginapan, tidak membuat keributan, dan menyalakan lampu kamar dengan jendela tertutup.

Meski tidak boleh keluar, Teman VAN bisa menikmati fasilitas hotel atau berjalan-jalan di lingkungan hotel. Selain itu, saat Nyepi jadi waktu yang tepat untuk meditasi, yoga hingga melihat bintang karena saat itu Bali bebas dari polusi.

Jadi liburan di Pulau Bali saat Nyepi, Chelsi rekomendasikan untuk Teman VAN yang ingin beristirahat sejenak dan menikmati suasana yang tenang.

April: Melihat Bunga Sakura Mekar di Osaka

Bucket List April: Melihat Bunga Sakura Mekar di Osaka

Image: s-ec.bstatic.com

Musim semi cocoknya traveling ke Jepang sambil lihat bunga sakura mekar. Ada banyak tempat untuk melihatnya tapi jika ingin melihat taman sakura yang luas dan indah datanglah ke Kema Sakuranomiya Park di Osaka. Di taman ini ada sekitar 5000 pohon sakura yang ditanam dan dirawat dengan baik. Kebayang nggak cantiknya seperti apa pas mekar semua?

Jika Teman VAN tertarik ke sana, carilah tiket pesawat terbang ke Osaka sekitar awal April ya.

Mei: Mengenal Ritual Tak Bat di Luang Prabang

Bucket List Mei: Mengenal Ritual Tak Bat di Luang Prabang

Image: c1.staticflickr.com

Luang Prabang di Laos Utara memiliki ritual yang menarik di pagi hari yaitu Tak Bat. Ini adalah upacara pengumpulan sumbangan dari umat yang menjadi tradisi Buddha Theravada sejak jaman dahulu. Barisan panjang biksu akan berjalan tanpa alas kaki untuk melakukan ritual tersebut.

Ritual ini memang unik hingga menjadi daya tarik wisata. Namun jika ingin ke sana, baiknya tetap menghormati jalannya ritual ya misalnya dengan melihat dari kejauhan agar tidak mengganggu.

Juni: Sabana Terbaik di Taman Nasional Baluran

Bucket List Juni: Sabana Terbaik di Taman Nasional Baluran

Image: id.majesticjava.com

Taman Nasional Baluran tampil eksotis di bulan Juni dengan sabana yang menguning. Karena keindahannya, destinasi wisata populer di Situbondo, Jawa Timur ini disebut-sebut sebagai ‘Africa van Java’ lho.

Selain berfoto dengan background padang sabana Bekol, jika beruntung Teman VAN juga bisa menemukan segerombolan kawanan banteng, rusa, ayam hutan atau merak lho. Supaya bisa melihat seluas apa sih sabana ini, cobalah naik ke menara pandang untuk mengamatinya dari ketinggian.

Juli: Menjelajahi Kepulauan Seribu

Bucket List Juli: Menjelajahi Kepulauan Seribu

Image: 1.bp.blogspot.com

Siapa yang tinggal di Jakarta tapi nggak pernah kepikiran untuk liburan di Pulau Seribu? Mulai sekarang, coba pertimbangkan yuk. Selain dekat dan murah, Kepulauan Seribu ini juga punya pemandangan yang nggak kalah cantik lho baik itu pulau, pantai, dan underwater-nya.

Beberapa pulau yang jadi favorit wisatawan adalah Pulau Perak, Pulau Harapan, Pulau Tidung, Pulau Pramuka, dan Pulau Pari. Meski namanya Kepulauan Seribu, menurut poskotanews.com hanya ada 109 pulau yang masuk di perairan Kepulauan Seribu. Nah, jika Teman VAN suka explore bisa tuh mengunjunginya satu persatu untuk menemukan keunggulannya. Menarik ya.

Agustus: Bermain Air di Pantai Terbaik Dunia, Pantai Shipwreck

Bucket List Agustus: Bermain Air di Pantai Terbaik Dunia, Pantai Shipwreck

Image: medium.com

Pantai Shipwreck yang memiliki nama lain Pantai Navagio berada di Zakynthos, Yunani. Pantai ini dinobatkan sebagai pantai terbaik di dunia lho oleh Flightnetwork agency. Bagaimana tidak? Pantai terisolasi di Pulau Zakynthos ini memiliki pasir putih dengan laut yang biru memesona. Perairannya pun tenang, jernih, dan bersih sehingga cocok untuk berenang. Daya tarik lain Pantai Shipwreck adalah adanya kapal karam yang fenomenal bernama Panayiotis.

Jika ingin mengunjungi pantai terbaik maka pastikan ada di musim yang baik juga ya misalnya dengan berkunjung di bulan Agustus.

September: Menyaksikan Indahnya Sunrise di Bromo

September: Menyaksikan Indahnya Sunrise di Bromo

Image: cdn2.tstatic.net

Saat musim kemarau seperti bulan September, Teman VAN bisa melihat sunrise yang indah di kawasan Gunung Bromo. Puncak Penanjakan atau Pananjakan adalah spot terfavorit karena merupakan puncak tertinggi untuk melihat matahari terbit ke arah Gunung Bromo.

[Baca Juga: Liburan Bareng Anak? Lakukan 5 Aktivitas Seru Ini]

Setelah puas melihat sunrise, Teman VAN bisa melanjutkan menjelajahi kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Beberapa di antaranya Kawah Gunung Bromo, Pasir Berbisik, Bukit Teletubbies, dan Pura Luhur Poten.

Oktober: Berendam di Pamukkale, Turki

Oktober: Berendam di Pamukkale, Turki

Image: cdn.akurat.co

Bulan Oktober, Turki sudah masuk musim gugur dengan udara yang mulai dingin. Di cuaca seperti itu, berendam di Pamukkale pasti menyenangkan sekali.

Pamukkale merupakan kolam air panas berundak dengan pemandangan serba putih yang indah sehingga sering disebut sebagai istana kapas. Suhu air panas di sana sekitar 36 derajat Celcius dan kaya akan mineral lho sehingga cocok untuk rileksasi dan menyehatkan tubuh.

Siapa yang tertarik mengunjungi salah satu UNESCO World Heritage Site ini?

November: Menyelami Lautan Wakatobi

November: Menyelami Lautan Wakatobi

Image: file.jalanjalanlagi.com

Pesona Wakatobi yang ada di Sulawesi Tenggara sudah dikenal dan diakui sebagai wisata bahari terbaik, tidak hanya di Indonesia tapi juga di dunia. Pasalnya, Taman Nasional Wakatobi menjadi habitat bagi 3.000 spesies ikan dan 600 jenis koral dunia. Ini setara dengan 75% terumbu karang di dunia, berkumpul semua di Wakatobi. Keren ya! Gimana, tertarik untuk menyelam di sana?

Roma di perairan Pulau Tomia menjadi titik selam favorit karena pemandangan bawah lautnya yang menakjubkan. Penyelam bisa melihat keberagaman jenis ikan dan terumbu karang yang berwarna-warni.

Desember: Melihat Blue Fire di Kawah Ijen

Desember: Melihat Blue Fire di Kawah Ijen

Image: www.indonesiakaya.com

Fenomena alam Blue Fire hanya ada dua di dunia, salah satunya di Kawah Ijen, Banyuwangi. Untuk melihatnya, Teman VAN harus mendaki dini hari karena Blue Fire hanya ada pukul 02.00 hingga 04.00 WIB.

Setelah melihat indahnya Blue Fire, Teman VAN akan disuguhi pemandangan matahari terbit hingga perlahan kawah Gunung Ijen yang berwarna hijau tosca akan tampak. Di bulan Desember, pengunjung bisa menikmati panorama Gunung Ijen dengan leluasa tanpa terhalang kabut tebal. Namun karena memasuki musim hujan, diperlukan persiapan yang lebih matang.

***

Nah, itulah rekomendasi Chelsi untuk liburan bulan Januari hingga Desember. Yuk langsung susun bucket list liburan 2019-mu! Supaya liburan seru, rencanakan dari sekarang dan beli tiket jauh-jauh hari agar lebih hemat ya. Coba cek tiket ke destinasi impianmu di travelagent.co.id.

Tips Cermat dan Hemat Belanja di Harbolnas 12.12

Harbolnas 12.12 datang! Diskon yang bertebaran tentu jadi godaan untuk membeli barang ini dan itu. Apalagi jika penghasilan di rekening masih aman.

Tahun 2018 ini adalah tahun keenam diselenggarakannya Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas, di mana ada lebih dari 250 e-commerce yang berpartisipasi. Setiap e-commerce pun berlomba-lomba untuk menyukseskan penjualan dan menarik konsumen sebanyak mungkin dengan menawarkan harga diskon, cashback, gratis ongkir, dan promo lainnya.

Teman VAN udah mulai kepincut promo Harbolnas? Meski terlihat menggiurkan, sebagai konsumen kita juga harus belanja online dengan pintar. Nah, kali ini Chelsi akan membagikan tips supaya Teman VAN bisa belanja online di Hari Belanja Online Nasional 12.12 dengan lebih cermat dan siapa tau bisa hemat juga. Yuk Chelsi jabarkan!

Tips Cermat dan Hemat Belanja di Harbolnas 12.12

1. Buat Budgeting

Tips Cermat dan Hemat Belanja di Harbolnas 12.12 - Buat Budgeting

Image: www.thebalance.com

Belanja kebutuhan di event Harbolnas adalah cara smart agar hemat. Sebelumnya Teman VAN bisa buat daftar barang yang memang ingin dibeli beserta dengan anggarannya. Ketika Harbolnas sudah berlangsung seperti saat ini, Teman VAN tinggal mencari e-commerce yang menawarkan barang sesuai kebutuhanmu dengan harga diskon.

2. Kredibilitas E-commerce

Tips Cermat dan Hemat Belanja di Harbolnas 12.12 - Kredibilitas E-commerce

Image: cdn.midwesthome.com

Seperti yang sudah Chelsi tulis di atas, ada lebih dari 250 e-commerce yang ikut Harbolnas. Sebelum bertransaksi di e-commerce, pastikan terlebih dahulu kredibilitasnya. Selain itu juga cari tahu kualitas produk, testimonial, hingga bagaimana customer service-nya.

3. Pelajari Diskon Harbolnas Dengan Baik

Tips Cermat dan Hemat Belanja di Harbolnas 12.12 - Pelajari Diskon Dengan Baik

Image: www.cashewnutstore.com

Sepintas diskon yang diberikan oleh e-commerce memang menarik. Namun selalu pelajari lebih lanjut ya dengan membaca syarat dan ketentuan promonya. Selain itu juga pastikan Teman VAN sudah memahami cara pemesanan, pembayaran hingga metode pengirimannya.

***

Dengan tiga tips di atas, Chelsi selalu berhasil belanja cermat dan hemat lho. Kini, saatnya Teman VAN yang coba. Ingin beli apa sih di Harbolnas 12.12 ini?

Jika ingin berburu tiket pesawat hemat untuk liburan, Teman VAN bisa langsung meluncur ke Sistem VAN lho. Pasalnya di Hari Belanja Online Nasional 12.12 ini, VAN punya diskon sampai Rp1.500.000 untuk pembelian tiket pesawat di tanggal 12 Desember 2018. Selain itu, VAN juga punya diskon 80% untuk join VAN Basic, hanya dengan modal Rp60.000 aja!