Tahun 2019, Saatnya Explore Sri Lanka yang Indah dan Murah

Tahun 2019, Saatnya Explore Sri Lanka yang Indah dan Murah

Akhir tahun ini nggak kemana-mana? Nggak masalah, masih ada waktu untuk membuat bucket list baru dan mewujudkannya di tahun 2019 nanti. Pengin kemana sih, Teman VAN?

Kalau masih pilih-pilih negara yang menarik untuk dikunjungi, Sri Lanka bisa Teman VAN masukkan ke bucket list. Kenapa Sri Lanka? Selain rekomendasi dari Chelsi, negara dengan julukan ‘mutiara Samudera Hindia’ ini juga menduduki posisi pertama dalam 10 negara terbaik untuk dikunjungi tahun 2019 versi Lonely Planet.

Wah, ada apa saja ya di Sri Lanka sampai bisa diunggulkan. Penasaran? Chelsi tunjukkan pesona Sri Lanka lewat 5 destinasi wisata yang wajib Teman VAN explore.

1. Sigiriya: Istana di Atas Batu Raksasa

Explore Sri Lanka - Sigiriya

Image: cdn.shopify.com

Wisata populer Sri Lanka ini telah terdaftar di Situs Warisan Dunia UNESCO. Bagaimana tidak? Sigiriya adalah benteng dan istana yang dibangun di atas batu raksasa yang tingginya hampir 200 meter.  Menurut sejarah, situs ini dibangun oleh Raja Kasyapa di tahun 477-495 untuk ibu kotanya yang baru. Sang Raja mendekorasi dinding-dinding situs tersebut dengan lukisan kuno dan membangun gerbang dalam bentuk seekor singa raksasa. Karena itulah, Sigiriya juga dikenal sebagai Lion’s Rock.

[Baca Juga: Liburan Bareng Anak? Lakukan 5 Aktivitas Seru Ini]

2. Nuwara Eliya: Surga Bagi Pecinta Teh

Explore Sri Lanka - Nuwara Eliya

Image: infoob.com

Jika Teman VAN adalah seorang pecinta teh maka wajib ke Sri Lanka. Negara ini memiliki hamparan kebun teh yang luas dan kualitas kelas dunia, salah satunya Nuwara Eliya.

Untuk mencapai wisata teh di Nuwara Eliya, Teman VAN bisa naik kereta dari Colombo (ibu kota Sri Lanka). Sepanjang perjalanan tersebut mata akan dimanjakan dengan pemandangan hijau perbukitan teh yang cantik.

Nah di Nuwara Eliya, Teman VAN bisa melihat proses pembuatan teh dari memetik daun hingga teh siap diedarkan. Selain itu, cobalah duduk menikmati suasana dengan ditemani secangkir teh.

3. Taman Nasional Kaudulla: Melihat Kawanan Gajah

Taman Nasional Kaudulla

Image: static1.squarespace.com

Di Taman Nasional Kaudulla, Teman VAN bisa melihat lebih dekat ratusan gajah di alam bebasnya. Pada musim kemarau, gerombolan gajah tersebut akan berkumpul di danau. Saat itulah kesempatan para pengunjung untuk melihat mereka.

Selain gajah, Taman Nasional Kaudulla juga memiliki 24 spesies mamalia, 25 spesies reptil, 26 jenis ikan, dan 160 spesies burung. Menarik untuk dikunjungi bukan? Jika Teman VAN ingin ke sana, waktu terbaik untuk berkunjung pada bulan Januari hingga Maret atau Mei hingga Juni.

4. Puncak Adam: Jejak Kaki di Gunung Suci

Puncak Adam

Image: www.atlasandboots.com

Selain memiliki pemandangan yang bagus, Puncak Adam atau Adam’s peak adalah salah satu gunung yang sering dikunjungi oleh para peziarah. Di puncak Sri Pada, sebutan oleh warga setempat, terdapat jejak kaki yang dianggap penting bagi empat agama besar dan memiliki sejarah yang berbeda-beda. Bagi umat Buddha, tapak kaki itu milik Buddha. Sementara umat Hindu menyebutnya milik Dewa Siwa. Sedangkan umat nasrani dan muslim percaya bahwa jejak kaki itu milik Nabi Adam.

[Baca Juga: Sebelum Ganti Tahun, Ini 8 Festival Pariwisata Wajib Dikunjungi Tahun 2018]

Jika Teman VAN ingin mendaki Puncak Adam yang memiliki ketinggian 2.243 dpl ini maka siapkan fisikmu dulu ya. Pasalnya Teman VAN perlu menaiki 5.500 anak tangga yang membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

5. Pantai Weligama: Belajar Surfing Hingga Memancing

Pantai Weligama

Image: www.saltshots.com

Selain empat wisata di atas, Chelsi masih punya satu rekomendasi lagi nih yaitu Pantai Weligama. Pantai di sisi selatan ini bisa mewakili keindahan laut Sri Lanka. Tak heran, kalau lebih diminati wisatawan dibandingkan pantai lainnya.

Jika tidak ingin sekedar duduk menikmati pemandangan pantai, Teman VAN bisa belajar surfing. Ombak di sana tidak terlalu tinggi dan konsisten kok, jadi cocok bagi yang baru belajar.

Di Weligama, Teman VAN juga bisa melihat nelayan lokal memancing dengan cara tradisional yang unik. Mereka menggunakan petta, jangkungan dari galah yang menancap di pantai dangkal. Nelayan duduk atau berdiri di atas pijakan tersebut sambil memancing.

***

Gimana, ternyata Sri Lanka menarik untuk dijelajahi ya? Pantas saja jika masuk dalam rekomendasi Lonely Planet. Nyatanya, Sri Lanka memiliki potensi wisata yang besar baik dari keindahan alam, satwa liar, hingga budayanya. Untuk liburan ke sana juga terbilang murah lho Teman VAN, saat ini 100 Rupee Sri Lanka sekitar Rp8.300 saja.

Jadi, siapa yang tahun 2019 mau ke Sri Lanka? Biar dapat tiket pesawat murah, booking dan issued sekarang aja di sistem VAN. Cek juga promo menariknya di sini.