Daya Tarik Dieng yang Bikin Liburan Makin Berkesan

Sebagai generasi milenial, kita tuh emang suka liburan dengan explore tempat-tempat unik yang nambah pengalaman baru. Pokoknya liburan yang berkesan deh. Betul nggak, Teman VAN?

Dieng atau Dataran Tinggi Dieng mampu memenuhi kriteria liburan itu lho. Daya tarik Dieng beneran nggak abis-abis… Chelsi kasih tau nih apa aja daya tarik Dieng biar Teman VAN nggak ragu buat liburan ke sini.

Dieng Diselimuti Embun Beku

Daya Tarik Dieng
Image: medcom.id

Ini dia daya tarik Dieng yang kemarin sempat viral, embun beku atau frost. Fenomena ini terjadi karena hawa Dieng yang lagi dingin banget… Dipengaruhi aliran angin muson timur dari Australia juga yang udaranya kering dan dingin. Diprediksikan embun beku masih dapat berlangsung hingga Agustus nanti. Jadi, buat Teman VAN yang mau lihat langsung, buru-buru ajuin cuti deh. Apalagi bakal ada satu event spesial di Dieng yaituuuu baca selanjutnya yaa~

Dieng Culture Festival yang Selalu Diserbu Wisatawan

Daya Tarik Dieng
Image: dieng.co.id

Dieng Culture Festival adalah daya tarik utama yang membuat Dataran Tinggi Dieng diserbu wisatawan baik lokal maupun macanegara. Untuk tahun ini diselenggarakan tanggal 2 – 4 Agustus 2019 nanti. Siapaaa yang udah punya tiketnya?

Baca juga: Saatnya Liburan, Kunjungi 5 Pantai Terindah di Indonesia Versi Chelsi

Salah satu acara yang paling ditunggu adalah ritual Ruwatan, pemotongan anak rambut gimbal Dieng. Selain itu juga ada Festival Jazz Atas Awan, Festival Lampion, Festival Kembang Api, Kirab Budaya, Festival Kopi Jawa, daaaan masih banyak lagi. Chelsi jamin liburanmu makin berkesan deh kalau ke Dieng Culture Festival.

Menyaksikan Golden Sunrise di Puncak Sikunir

Daya Tarik Dieng
Image: menorehtour.com

Dieng punya salah satu sunrise terbaik di Pulau Jawa lho yaitu di Puncak Sikunir. Aduuuuh beneran cakep lho sunrise di sini. Pas musim kemarau, matahari terbit tanpa terhalang kabut tebal. Warna keemasan langit, gumpalan awan, dan panorama gunung-gunung tertinggi semakin menunjukkan kalau Dieng itu Negeri di Atas Awan…

Iya kayak yang udah Chelsi bilang, dari Puncak Sikunir ketinggian 2463 mdpl Teman VAN bisa lihat jajaran gunung-gunung cantik seperti Gunung Prau, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi.

Unik dan Indahnya Telaga Warna

Daya Tarik Dieng
Image: jogjatourwisata.id

Daya tarik Dieng nggak cuma sampai di situ aja soalnya masih ada Telaga Warna nih. Banyak wisatawan yang ingin membuktikan langsung apa iyaaa warna danau bisa berubah-ubah? Tentu saja terbukti! Karena kandungan sulfur yang cukup tinggi membuat warna air danau bervariasi ketika kena sinar matahari. Jadi yaaa sewaktu-waktu airnya bisa warna biru, hijau, atau kuning.

Mau lihat Telaga Warna dari ketinggian? Teman VAN tinggal menuju spot wisata Batu Pandang Ratapan Angin aja.

Ada Kawah di Daerah Datar?

Daya Tarik Dieng
Image: histori.id

Di Dieng, Teman VAN bisa menemukan kawah aktif yang ada di daerah datar. Unik ya… padahal biasanya kawah kan ada di puncak gunung. Tempat wisata ini bernama Kawah Sikidang.

Baca juga: 4 Trik Nabung Buat Liburan ke Destinasi Impian

Menariknya lagi, lokasi kawahnya pindah-pindah lho dengan rata-rata berpindah setiap empat tahun sekali. Di sana Teman VAN bisa melihat aktivitas vulkanik berupa semburan lumpur dan asap dari dasar kawah juga. Pastikan pakai masker ya kalau ke Kawah Sikidang soalnya bau belerangnya cukup menyengat.

***

Lima poin daya tarik Dieng yang udah Chelsi tulis di atas, udah cukup kaaan buat meyakinkan Teman VAN liburan ke Negeri Atas Awan? Sebenarnya masih banyak obyek wisata menarik di Dataran Tinggi Dieng. Namun, lima poin di atas adalah daya tarik Dieng yang paling utama dan bisa bikin liburan berkesan.

Nah sebagai info tambahan deh, kalau Teman VAN ke Dieng jangan lewatkan buat mengunjungi Candi Arjuna, Telaga Pengilon, Telaga Cebong, Dieng Plateau Theater, Gardu Pandang Tieng, Sumur Jalatunda daaan masih banyak lagi. Kan bener Chelsi bilang daya tarik Dieng itu nggak abis-abis 😀