Daya Tarik Dieng yang Bikin Liburan Makin Berkesan

Sebagai generasi milenial, kitatuh emang suka liburan dengan explore tempat-tempat unik yang nambah pengalamanbaru. Pokoknya liburan yang berkesan deh. Betul nggak, Teman VAN?

Dieng atau Dataran Tinggi Diengmampu memenuhi kriteria liburan itu lho. Daya tarik Dieng beneran nggakabis-abis… Chelsi kasih tau nih apa aja daya tarik Dieng biar Teman VAN nggakragu buat liburan ke sini.

Dieng Diselimuti Embun Beku

Daya Tarik Dieng
Image: medcom.id

Ini dia daya tarik Dieng yangkemarin sempat viral, embun beku atau frost. Fenomena ini terjadi karena hawaDieng yang lagi dingin banget… Dipengaruhi aliran angin muson timur dariAustralia juga yang udaranya kering dan dingin. Diprediksikan embun beku masihdapat berlangsung hingga Agustus nanti. Jadi, buat Teman VAN yang mau lihatlangsung, buru-buru ajuin cuti deh. Apalagi bakal ada satu event spesial di Diengyaituuuu baca selanjutnya yaa~

Dieng Culture Festival yang Selalu Diserbu Wisatawan

Daya Tarik Dieng
Image: dieng.co.id

Dieng Culture Festival adalahdaya tarik utama yang membuat Dataran Tinggi Dieng diserbu wisatawan baik lokalmaupun macanegara. Untuk tahun ini diselenggarakan tanggal 2 – 4 Agustus 2019nanti. Siapaaa yang udah punya tiketnya?

Baca juga: Saatnya Liburan, Kunjungi 5 Pantai Terindah di Indonesia Versi Chelsi

Salah satu acara yang palingditunggu adalah ritual Ruwatan, pemotongan anak rambut gimbal Dieng. Selain itujuga ada Festival Jazz Atas Awan, Festival Lampion, Festival Kembang Api, KirabBudaya, Festival Kopi Jawa, daaaan masih banyak lagi. Chelsi jamin liburanmumakin berkesan deh kalau ke Dieng Culture Festival.

Menyaksikan Golden Sunrise di Puncak Sikunir

Daya Tarik Dieng
Image: menorehtour.com

Dieng punya salah satu sunrise terbaik di Pulau Jawa lho yaitudi Puncak Sikunir. Aduuuuh beneran cakep lho sunrise di sini. Pas musim kemarau, matahari terbit tanpa terhalangkabut tebal. Warna keemasan langit, gumpalan awan, dan panorama gunung-gunungtertinggi semakin menunjukkan kalau Dieng itu Negeri di Atas Awan…

Iya kayak yang udah Chelsi bilang,dari Puncak Sikunir ketinggian 2463 mdpl Teman VAN bisa lihat jajarangunung-gunung cantik seperti Gunung Prau, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, danGunung Merapi.

Unik dan Indahnya Telaga Warna

Daya Tarik Dieng
Image: jogjatourwisata.id

Daya tarik Dieng nggak cumasampai di situ aja soalnya masih ada Telaga Warna nih. Banyak wisatawan yangingin membuktikan langsung apa iyaaa warna danau bisa berubah-ubah? Tentu sajaterbukti! Karena kandungan sulfur yang cukup tinggi membuat warna air danaubervariasi ketika kena sinar matahari. Jadi yaaa sewaktu-waktu airnya bisa warnabiru, hijau, atau kuning.

Mau lihat Telaga Warna dariketinggian? Teman VAN tinggal menuju spot wisata Batu Pandang Ratapan Anginaja.

Ada Kawah di Daerah Datar?

Daya Tarik Dieng
Image: histori.id

Di Dieng, Teman VAN bisamenemukan kawah aktif yang ada di daerah datar. Unik ya… padahal biasanyakawah kan ada di puncak gunung. Tempat wisata ini bernama Kawah Sikidang.

Baca juga: 4 Trik Nabung Buat Liburan ke Destinasi Impian

Menariknya lagi, lokasi kawahnyapindah-pindah lho dengan rata-rata berpindah setiap empat tahun sekali. Di sanaTeman VAN bisa melihat aktivitas vulkanik berupa semburan lumpur dan asap daridasar kawah juga. Pastikan pakai masker ya kalau ke Kawah Sikidang soalnya baubelerangnya cukup menyengat.

***

Lima poin daya tarik Dieng yangudah Chelsi tulis di atas, udah cukup kaaan buat meyakinkan Teman VAN liburanke Negeri Atas Awan? Sebenarnya masih banyak obyek wisata menarik di DataranTinggi Dieng. Namun, lima poin di atas adalah daya tarik Dieng yang palingutama dan bisa bikin liburan berkesan.

Nah sebagai info tambahan deh,kalau Teman VAN ke Dieng jangan lewatkan buat mengunjungi Candi Arjuna, TelagaPengilon, Telaga Cebong, Dieng Plateau Theater, Gardu Pandang Tieng, SumurJalatunda daaan masih banyak lagi. Kan bener Chelsi bilang daya tarik Dieng itunggak abis-abis 😀