4 Trik Nabung Buat Liburan ke Destinasi Impian

“Sejak awal tahun udah pengin banget liburan ke destinasi impian tapi kepentok budget. Niatnya nabung tapi susah dan nggak nambah-nambah.”

Chelsi seriiiing banget denger curhatan kayak gini. Hayooo ngaku, siapa yang permasalahannya samaaa? Oke deh, karena Chelsi pengin lihat Teman VAN seneng dan bisa traveling, Chelsi mau kasih trik gimana caranya bisa nabung buat liburan.

Sebelum itu… kalau mau berhasil nabung, Teman VANsangat-sangat butuh yang namanya komitmen. Yap, komitmen untuk menyisihkan uangdemi liburan ke destinasi impian.

Yuk lanjuuut. Chelsi bahas satu per satu ya, 4 trik nabung buat liburan ke destinasi impian:

1. Sisihkan Gaji untuk Ditabung

Image: kompas.com

Setelah gajian,Teman VAN wajib nih menyisihkan 5-10% untuk tabungan liburan. Persentasenya nggak harus segitu sih, tinggaldisesuaikan aja dengan kemampuan. Yang jelas harus konsisten tiap bulan yaaa.

Buat Teman VAN yang susah nabung, Chelsi saranin pakai fitur pemotongan otomatis di bank tempatmu menabung. Teman VAN tinggal menetapkan jumlah dan jangka waktunya aja. Nggak perlu khawatir uangnya keambil buat kebutuhan yang lain.

2. Menghemat Uang Makan

Image: idntimes.com

Trik nabung selanjutnyaadalah dengan menghemat biaya sehari-hari. Teman VAN bisa lho mengeluarkan uanglebih sedikit untuk keperluan makan. Kalau biasanya sering makan di luar dan pesenlewat aplikasi ojek online, sekarang waktunya katakan ‘tidak’!

[Baca juga: Selain Gantungan Kunci, Ini 5 Barang yang Cocok untuk Oleh-Oleh]

Biasain untuk masak dan makan di rumah aja yuk. Untuk makan siang di kantor, tinggal bawa bekal aja deh. Selain lebih hemat, makanan dari rumah dijamin lebih bersih dan lebih sehat lho.

3. Kurangi Biaya Lifestyle

Image: akamaized.net

Hidup itu murah,yang mahal itu lifestyle. Pernahdenger kalimat itu juga?

Demi liburan ke destinasiimpian, ubah lifestyle jadi lebih hematyuk. Alih-alih nongkrong di cafe mahal, mending ajak teman-teman kumpul dirumah dan masak bersama. Sementara buat yang hobi ngopi di coffee shop ternama,sekarang bikin kopi di rumah aja.

Selain itu, langganan-langganan yang tak perlu juga harus dikurangi misalnya langganan TV kabel, internet, aplikasi musik atau film secara online.

4. Tambah Pemasukan untuk Dana Liburan

Image: brilio.net

Mau nabung lebihbanyak? Cari pemasukan lebih banyak juga dong, Teman VAN.

Trik nabung terakhirdari Chelsi adalah tambah pemasukan dengan cari kerja sampingan. Pastinyajangan sampai mengganggu pekerjaan utamamu ya. Jadi kriterianya harus yangfleksibel, kerja di mana saja, kapan saja tapi harus menguntungkan juga. Apaitu?

[Baca juga: Tambah Tabungan, Manfaatkan Hobi Travelling untuk Kerja Sampingan]

Bisnis travel agent bareng VAN jawabannya. Teman VAN bisa langsung memulai bisnisnya dengan daftar VAN Experience yang gratis. Selain nambah pemasukan buat dana liburan, nantinya Teman VAN juga bisa pesan keperluan liburan dengan lebih murah. Issued tiket pesawat, kereta api, dan hotel, semua bisa di VAN.

***

Nah itulah 4 trik nabung biarTeman VAN bisa liburan ke destinasi impian. Merasa susah yaaa? Ingat peribahasaberakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian; bersakit-sakit dulu,bersenang-senang kemudian. Setelah susahnya nabung, Teman VAN akan ngerasainliburan yang jauh lebih menyenangkaaaan. Jadi, semangat nabung yuk!