Sejuta Keindahan di Pulai Kei, Maluku

Yuk, atur liburanmu berikutnya ke Pulau Kei, Maluku.

Pulau Kei merupakan sebuah surga tersembunyi di Kabupaten Maluku Tenggara. Begitulah julukan yang pas Chelsi sematkan kepada destinasi ini.

Liburan ke luar negeri mungkin menjadi impian banyak orang. Tapi sadarkah kamu bahwa secantik-cantiknya destinasi luar negeri, akan sangat berarti jika pergi ke “rumah”. Ya, Indonesia adalah rumah. Sebagai negara kepulauan, Indonesia dikenal dengan banyak pulaunya yang cantik dan memanjakan mata. Selain Pulau Bali, Kepulauan Kei di Maluku Tenggara juga memiliki pesona yang tak kalah dengan Pulau Dewata tersebut.

Apalagi kepulauan ini belum banyak diketahui wisatawan sehingga membuat Pulau Kei menarik untuk dikunjungi. Kepulauan Kei, sebuah surga tersembunyi di Kabupaten Maluku Tenggara begitulah julukan yang pas Chelsi sematkan kepada Pulau Kei.

Banyak yang khawatir ketika berwisata ke daerah Indonesia bagian Timur karena terkenal akan biaya yang mahal. Tenang, di Pulau Kei, Maluku tersedia infrastruktur yang sudah mulai lengkap. Seperti terdapat bandar udara, jalanan yang nyaman, hingga penerangan yang baik. Sementara untuk menuju Pulau Kei, kamu tidak perlu merogoh kocek yang besar.

Kamu bisa menggunakan penerbangan dari Jakarta ke Bandara Pattimura Ambon, kemudian ke bandara Dumatubin, Langgur selama 1,5 jam. Serunya, sekarang ini sudah ada penerbangan dari Ambon ke Langgur yang dilayani oleh 3 maskapai dengan frekuensi terbang 4 kali sehari. Sedangkan untuk akomodasi, terdapat penginapan berbintang hingga homestay. Baca juga: Pastikan 5 Barang Ini Selalu Dibawa saat Traveling.

Untuk mengunjungi Pulau Kei bisa dilakukan saat Meti Kei. Meti Kei itu sebuah fenomena pasang surut air laut yang dapat mencapai lima sampai enam kilometer. Dari yang sebelumnya harus menggunakan perahu ke pulau lain, ini bisa berjalan kaki. Pusatnya di Pasir Panjang. Lamanya pasang surut ini dari pagi sampai sore bisa 6-7 jam.

Sementara untuk atraksi wisata, Kei memiliki pantai dengan pasir putih selembut bubuk susu serta air laut jernih yang mampu memuaskan para pecinta wisata bahari. Tak tanggung-tanggung, untuk menikmati keindahan laut tersebut, kamu bisa snorkeling di laut terdalam dunia, Laut Banda.

Nah ini nama-nama destinasi yang bisa kamu kunjungi saat berlibur di Pulau Kei :

1. Pantai Ngur Sarnadan, Ohoi Lilir

Pantai Ngur Sarnadan

http://keitourism.com

Pantai ini memiliki pasir yang sangat halus dan bersih sampai dengan lebih dari 100 meter ke tengah laut. Pantai Ngur Sarnadan akan sangat mempesona terutama untuk menghabiskan pagi. Menjelang matahari terbenam, kamu juga bisa menyaksikan sunset yang sangat indah.

 

2. Pantai Pasir Panjang – Ngurbloat, Ohoi Ngilngof

Pantai Pasir Panjang

http://cdn2.tstatic.net

Pantai ini merupakan garis pantai yang sama dengan Pantai Ngur Sarnadan. Panjang garis Pantai Pasir Panjang mencapai lebih dari 2 km. Di sepanjang pantai ini terdapat saung-saung yang bisa disewa dari masyarakat lokal sambil menikmati kuliner khas setempat.

Sama dengan pantai Ngur Sarnadan, pantai inipun sangat nyaman untuk dipakai berenang dan leyeh-leyeh sambil menikmati sunset. Pantai Ngurbloat juga dinobatkan sebagai pantai dengan pasir paling halus di dunia oleh majalah National Geographic.

 

3. Gua Hawang

Gua Hawang

https://keitourism.com

Gua yang teletak di Desa Letvuan ini merupakan sebuah kolam air tawar yang dalam yang sangat indah dengan pantulan sinar matahari. Menurut cerita, kolam di Gua Hawang terhubung dengan mata air Evu melalui sungai bawah tanah. Gua Hawang terdiri dari dua liang yang dihubungkan oleh sungai bawah tanah. Jadi kalau kamu diving di sini kamu akan dapat menembus ke dua gua tersebut melalui sungai bawah tanah tadi.

 

 4. Pasir Timbul Ngurtavur – Habitat Burung Pelikan

Pasir Timbul Ngurtavur

https://i.pinimg.com

Lokasi pantai Ngurtavur berada di Pulau Waha, tepat di depan Pulau Warbal. Pulau Waha memiliki pantai berpasir putih yang menjorok atau memanjang tanpa putus ke tengah lautan sepanjang 2 km dan lebar 7 meter. Kamu dapat berjalan kaki ke tempat ini saat air surut atau naik perahu jika air pasang. Kenali juga Keindahan Tersembunyi di Karimunjawa.

Ketika di pantai ini, kamu serasa sedang berjalan di tengah lautan luas namun sesungguhnya kamu berjalan di atas hamparan pasir putih halus yang membelah pantai menjadi dua sisi. Ngurtavur merupakan habitat burung Australian Pelikan (Pelecanus conspicillatus) yang sedang bermigrasi ke Maluku dari tempat tinggal mereka di Australia dan Papua Nugini. Di pantai ini kamu juga bisa melakukan kegiatan lain seperti berenang dan snorkeling.

 

5. Pulau Bair

Pasir Timbul Ngurtavur

https://www.sabigaju.com

Terletak kurang lebih 1 jam perjalanan ke arah utara dari pelabuhan Dullah di Kei Kecil. Landscape Pulau Bair ini sangat memanjakan mata dengan laguna yang jernih beralaskan pasir dan ikan serta terumbu karang yang masih sehat. Aktivitas berenang, piknik dan snorkeling bisa dilakukan di sini. Baca juga: Tips Dapat Tiket Pesawat Murah.

Selain menjelajahi sekeliling pulau, kamu bisa  masuk di antara celah tebing karang yang sangat eksotik. Destinasi antara menuju Pulau Bair, kita juga akan melewati Pulau Adranan yang mempunyai pasir putih yang menawan dengan air laut yang jernih menyelimuti terumbu karang dan ikan yang menghampiri saat kamu snorkeling.

Nah, berlibur ke pulau Kei bisa kamu jadikan agenda selanjutnya karena biaya yang sudah mulai terjangkau juga. Kamu bisa mulai merencanakan liburanmu ke destinasi ini pas ambil cuti nanti. Coba mulai cari tiket murah ke Ambon! Bisa login segera ke VAN ya!

Tips Usaha Tiket Bagi Pemula

Tidak perlu khawatir rugi untuk merintis bisnis tiket pesawat dan kereta api. Di era yang semakin maju ini, bisnis travel merupakan salah satu bisnis yang paling menjanjikan.

Bagi kamu yang masih pemula, tentu merasa akan mendapatkan hambatan-hambatan serta bingung dalam memulai travel agent atau bisnis tiket pesawat dan kereta api. Kebanyakan dari kamu pasti lebih memikirkan kesulitan bahkan kerugian yang  nanti kamu temukan dalam merintis usaha.

Ketahuilah, di era yang semakin maju ini, bisnis travel merupakan salah satu bisnis yang paling menjanjikan. Nah, untuk kamu yang tertarik untuk memulai usaha travel sebaiknya dimulai dengan modal kecil.  Pada dasarnya, memulai usaha travel hanya harus pandai melihat peluang dan memiliki kemampuan marketing.

Yang paling menguntungkan dari bisnis travel adalah tidak membutuhkan modal besar.  Berikut beberapa cara memulai bisnis travel yang bisa kamu coba.

1. Pilih jenis bisnis tiket dan travel yang kamu inginkan

https://www.tarczaantyrakietowa.com

Sebelum memulai bisnis ini, kamu sebaiknya menentukan jenis bisnis travel seperti apa yang ingin  kamu pilih. Terdapat banyak pilihan seperti tiket pesawat terbang, tiket kereta api atau bus, pemesanan kamar hotel atau vila, penyewaan kendaraan/mobil dan lain sebagainya.

Setelah mendapatkan pilihan bisnis , kemudian pilih agen yang sesuai dengan pilihan bisnismu.  Jika kamu memilih VAN, maka kamu bisa memulai usaha travel atau bisnis tiket pesawat, kereta api, dan tiket rekreasi lainnya.

2. Nama travel yang mudah diingat

https://thumbs.dreamstime.com

Cobalah menyusun nama bisnis travel yang enak dilihat dan enak didengar.Ini penting agar bisnis travel kamu mudah dikenali dan dihafal orang. Jangan membuat nama yang terlalu sulit untuk diingat. Semakin mudah nama diingat dan gampang diterima oleh banyak orang, maka strategi pemasaran yang akan dijalankan semakin mudah.

 

3. Siapkan alat untuk optimalisasi marketing

https://assets.entrepreneur.com

Untuk menjalankan travel yang kamu miliki, kamu  perlu strategi untuk mempromosikan usaha kepada khalayak umum. Manfaatkan media sosial semaksimal mungkin. Selain itu, buatlah website dan posting dengan artikel blog berkualitas yang mengulas beragam kegiatan wisata dan traveling sehingga mudah dibaca pelanggan.

Berilah informasi yang sangat dibutuhkan pelanggan di media sosial sehingga langsung membuat mereka memutuskan untuk membeli tiket di travelmu. Jangan lupa, siapkan kartu nama sebagai senjata ampuh kamu ketika berkenalan dengan seseorang sehingga pertama kali yang akan diingat adalah bisnimu.

 

4. Perkenalkan usaha travelmu (media sosial dan orang terdekat)

https://nn.by/img/w768d4/

Dekatilah keluarga dan sahabat untuk membantu kamu memperkenalkan bisnis travel dan reservasi tiket kepada khalayak. Berikan diskon ekstra kepada kerabat kamu yang memakai travelmu sebagai pilihan utamanya. Walaupun kerabat, berikan pelayanan yang ekstra sehingga mereka tidak sungkan memperkenalkan bisnis travel kamu dari mulut ke mulut.

Untuk memperkenalkan bisnis travel, maka kamu harus membuat sosial media khusus untuk bisnis travelmu. Adapun sosial media yang penting untuk kamu buat diantaranya adalah facebook, instagram, dan website.

5. Kerjasama

http://tweakyourbiz.com

Lakukan kerjasama dengan banyak pihak yang berkaitan dengan bisnismu sehingga mempermudah dalam melakukan berbagai kegiatan. Misalnya dengan kerjasama, pemerintah, swasta,  sekolah dan lain sebagainya sehingga saat mereka melakukan bepergian maka travel kamu yang dipilih.

Baca juga: Tips Memilih Koper yang Tepat, Biaya Bagasi Lebih Hemat

Nah, mungkin cara-cara yang Chelsi sampaikan bisa kamu coba dalam memulai usaha travel atau bisnis tiket pesawat, kereta, dsb.  Ingat, tidak ada usaha tanpa melalui proses. Niat dan kerja keras seseorang akan dlihat ketika bisnis sudah terwujud dan unuk memulainya, harus dimulai dengan kemauan dan kemampuan maksimal. Semangat!