Liburan Saat Musim Hujan? Ini Cara Chelsi Biar Liburan Tetap Seru

Chelsi baca dari rilisan BMKG, musim hujan di Indonesia diprediksikan masih akan berlangsung sampai bulan Maret 2019. Namun nyatanya musim hujan nggak langsung menyurutkan semangat para traveler untuk mengunjungi destinasi wisata Indonesia di awal tahun ini. Apakah Teman VAN juga tetap ingin liburan saat musim hujan? Kalau ‘iya’ jadi jawabanmu, Chelsi akan kasih cara agar liburan saat musim hujan tetap seru dan menyenangkan. Simak 7 cara ala Chelsi di bawah ini ya.

1. Siapkan Payung atau Jas Hujan

Liburan Saat Musim Hujan - Siapkan Payung atau Jas Hujan

Image: msn.com

Sedia payung sebelum hujan.

Peribahasa itu juga berlaku untuk liburan saat musim hujan, Teman VAN wajib bawa payung atau jas hujan. Sering bingung menentukan mau bawa yang mana? Chelsi kasih pertimbangannya deh.

Menurut Chelsi, untuk Teman VAN yang nantinya banyak jalan kaki atau pakai transportasi umum, payung lebih cocok. Pasalnya payung lebih praktis, mudah dilipat saat selesai dipakai, dan tidak memakan tempat di dalam tas. Sementara jika pakai kendaraan roda dua dan butuh perlindungan seluruh tubuh, pilih jas hujan aja. Sayangnya jas hujan ini tidak ringkas meski sudah dilipat.

Eits, selain itu bawa juga backpack rain cover ya supaya barang-barangmu aman.

[Baca juga: 6 Kota Paling Berwarna di Dunia]

2. Perhatikan Pakaian

Liburan Saat Musim Hujan - Perhatikan Pakaian

Image: hoodiedance.id

Apa yang kita pakai juga wajib diperhatikan agar liburan tetep seru dan tampil kece. Untuk pakaian, Chelsi rekomendasikan bawa baju yang cepat kering misalnya yang berbahan polyester. Jangan lupa bawa pakaian hangat juga ya biar nggak kedinginan dan jatuh sakit. Setelah perkara pakaian, alas kaki juga wajib dipikirin nih tapi kalau Chelsi sih selalu mengandalkan sepatu sandal atau sandal sebagai teman liburan pas musim hujan gini.

3. Pantau Cuaca Dengan Aplikasi

Liburan Saat Musim Hujan - Pantau Cuaca Dengan Aplikasi

amazonaws.com

Cuaca emang nggak bisa ditebak tapi setidaknya ada perkiraan dari BMKG yang bisa kita pantau. Oleh karena itu, wajib punya aplikasi perkiraan cuaca di smartphone pas traveling musim hujan.

 4. Pilih Destinasi Wisata yang Aman Hujan

 Pilih Destinasi Wisata yang Aman Hujan

Image: townx.com

Nah kunci liburan tetep seru pas musim hujan itu ya destinasi yang dikunjungi. Sebaiknya Teman VAN juga membuat alternatif destinasi wisata yang aman dikunjungi saat hujan. Jadi ketika hujan dan tidak bisa ke destinasi A misalnya, Teman VAN tinggal mendatangi destinasi wisata alternatif.

Memangnya ada? Ada kok, Chelsi rekomendasikan untuk mengunjungi museum, galeri seni atau pertunjukan seni, indoor theme park, hingga wisata belanja. Untuk tahu tempat-tempat ini, Teman VAN wajib cari informasinya dulu bisa lewat temanmu, media sosial, atau Google.

[Baca juga: Susun Bucket List, Ini Destinasi Terbaik untuk Liburan Januari Hingga Desember]

5. Staycation Saat Cuaca Tak Bersahabat

Staycation Saat Cuaca Tak Bersahabat

Image: biasakansekarang.ideoworks.id

Gimana kalau cuaca hari itu benar-benar nggak bersahabat?

Jika tidak bisa mengunjungi destinasi pada poin 4, staycation dulu aja. Habiskan waktu di hotel dengan menikmati fasilitas yang ada misal dengan nonton film di kamar atau berenang. Selalu ada cara kok untuk bikin liburan tetep seru.

6. Hangatkan Badan Dengan Kulineran

Hangatkan Badan Dengan Kulineran

Image: rothcheese.com

Saat liburan di musim hujan, jangan lewatkan untuk kulineran ya Teman VAN. Cari makanan yang berkuah atau minuman hangat udah pasti menyenangkan. Siapa tau kota tempatmu liburan itu punya minuman atau makanan khas yang cocok dikonsumsi pas cuaca dingin. Namun jika ingin bersantai, sekadar duduk di cafe sambil menikmati teh atau kopi hangat juga bisa.

7. Minum Vitamin Agar Makin Fit

Liburan Saat Musim Hujan - Minum Vitamin Agar Makin Fit

Image: hopeinasunrise.com

Musim hujan dan aktivitas yang banyak, membuat Teman VAN harus ekstra menjaga kesehatan. Jangan sampai sakit pas traveling ya. Oleh karena itu, saat liburan Teman VAN bisa minum vitamin, jaga pola makan, dan istirahat secukupnya. Satu lagi pesan Chelsi, jangan hujan-hujanan yaaa.

 ***

Itu dia tujuh cara Chelsi untuk membuat liburan saat musim hujan tetap seru. Semoga bermanfaat ya! Untuk Teman VAN yang mau liburan, lakukan persiapan dengan matang ya supaya liburan tetap aman, nyaman, dan menyenangkan.

6 Kota Paling Berwarna di Dunia

Chelsi selalu percaya bahwa setiap tempat itu unik karena punya daya tarik tersendiri. Ada yang menarik karena budaya, pemandangan, makanan, hingga warna yang mendominasi tempat itu.

Menarik karena warna? Emang ada? Eits, jangan salah. Ada kok kota yang punya ciri khas warna tertentu. Bahkan karena berwarna, kota itu jadi tujuan wisata yang diserbu oleh wisatawan lokal hingga dunia. Nggak cuma itu, kota-kota cantik tersebut juga jadi obyek favorit untuk diabadikan lewat kamera para fotografer.

Kalau Chelsi bilang ‘kota paling berwarna’, Teman VAN langsung ingat kota mana? Coba cek yuk apakah kota itu masuk list Chelsi di bawah ini.

1. Chefchaouen, Maroko yang Berwarna Biru Hingga Tiap Sudutnya

Kota Paling Berwarna di Dunia - Chefchaouen, Maroko

Image: cdn.civitatis.com

Chefchaouen di Maroko ini jadi salah satu favorit Chelsi lho karena kotanya didominasi warna biru. Nggak cuma bangunannya aja, bahkan jalan setapak dan tangga juga dicat biru. Gimana Teman VA, cakep ya? Apalagi dari segi arsitektur sendiri ‘kota biru’ ini udah keren yaitu perpaduan arsitektur khas Spanyol dan Moorish.

Nah jika melihat sejarahnya, Chefchaouen menjadi seperti sekarang karena pengaruh pengungsi Yahudi asal Spanyol di tahun 1930. Mereka memiliki tradisi mengecat bangunan dengan warna biru, warna yang melambangkan langit dan surga. Warna biru pun mengingatkan mereka pada Tuhan.

Meski para pengungsi Yahudi sudah meninggalkan Chefchaouen, tradisi mengecat kota dengan warna biru masih berlanjut hingga sekarang.

[Baca Juga: Susun Bucket List, Ini Destinasi Terbaik untuk Liburan Januari hingga Desember]

2. Uniknya Rumah Serba Putih di Santorini, Yunani

Kota Paling Berwarna di Dunia - Santorini, Yunani

Image: cdn.getyourguide.com

Setelah dari Maroko, Chelsi mau mengajak Teman VAN melihat Santorini yang punya bangunan serba putih. Kira-kira kenapa warna putih ya?

Ternyata Teman VAN, warna putih itu digunakan untuk mengurangi panas dari cahaya matahari. Sedangkan warna biru sebagai kombinasi bangunan di Santorini memberikan kesan teduh atau sejuk.

Selain itu, Santorini juga punya keunikan lain lho yaitu rumah-rumah yang letaknya separuh di dalam tebing dan separuhnya lagi di luar tebing. Hal ini semacam budaya dari masyarakat Santorini zaman dulu karena dulu mereka membangun rumah dengan melubangi tebing. Semacam gua buatan gitu ya.

3. Kota Tua Hoi An, Vietnam Identik Dengan Warna Kuning

Kota Paling Berwarna di Dunia - Tua Hoi An, Vietnam

Image: vietnaminsider.vn

Vintage, romantis, dan indah. Itu kesan Chelsi begitu mendatangi Kota Tua Hoi An yang ada di Vietnam. Selain terkesima dengan arsitektur bangunan bergaya Tiongkok, Jepang, dan Vietnam; Chelsi juga tertarik dengan warna bangunannya yang serba kuning.

Setelah Chelsi cari tahu, ternyata masyarakat setempat percaya bahwa kuning itu simbol kerajaan dan superioritas. Warna kuning juga lambang keberuntungan, kebanggaan, dan kemakmuran bagi Vietnam.

Kalau Teman VAN ke Hoi An sebaiknya jalan-jalan sampai malam ya. Pasalnya kota tua ini akan lebih memesona di malam hari karena dipenuhi lampion baik itu yang terpasang di depan rumah-rumah, toko, bahkan menghiasi jalan juga.

4. Cantiknya ‘The Pink City’ Jaipur di India

Cantiknya ‘The Pink City’ Jaipur di India

Image: www.heritagerajasthantour.com

Teman VAN pernah denger tentang Jaipur belum?

Jaipur adalah ibu kota Rajasthan, India yang punya julukan The Pink City. Ya, merah muda atau pink mendominasi bangunan di Old Jaipur tepatnya.

Menurut sejarahnya, pada tahun 1876 Raja Jaipur bernama Maharaja Ram Singh mengubah warna bangunan di kota menjadi pink untuk menyambut kedatangan Ratu Victoria dan Pangeran Wales. Warna pink dipilih sebagai tanda keramahtamahan. Uniknya lagi Teman VAN, warna pink itu bukan dicat lho tapi memang warna material bangunannya.

[Baca Juga: Tahun 2019, Saatnya Explore Sri Lanka yang Indah dan Murah]

5. Willemstad, Curacao yang Penuh Warna Pastel

Willemstad, Curacao yang Penuh Warna Pastel

Image: www.caribbeanislands.com

Empat kota yang Chelsi tulis di atas memang hanya di dominasi satu warna tapi banyak juga lho kota-kota di dunia yang cantik karena berwarna-warni. Salah satu yang menurut Chelsi paling menarik adalah Willemstad yang konsep kotanya berwarna pastel cantik.

Kecantikan arsitektur Willemstad, Curacao serta pelabuhannya juga diakui oleh dunia lho. Bahkan ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Awal mula konsep kota warna pastel ini juga unik.

Dari kota yang bernuansa serba putih, Willemstad berubah jadi warna-warni di awal abad ke-19. Alasannya adalah kondisi sakit migrain Albert Kikkert (gubernur kolonial Belanda saat itu) yang makin parah akibat pantulan sinar matahari dari bangunan putih di sana. Karena itu, ia pun memerintahkan untuk mengganti warna bangunan di sana.

6. Indonesia Punya! Kampung Pelangi di Jodipan, Malang

Indonesia Punya! Kampung Pelangi di Jodipan, Malang

Image: cdn2.tstatic.net

Indonesia juga punya kota pelangi lho. Bisa dikatakan yang paling terkenal adalah Kampung Jodipan yang ada di Malang. Teman VAN udah pernah ke sini belum?

Sebelum booming dan jadi tempat yang ‘Instagrammable’, kampung di bantaran Sungai Brantas ini termasuk daerah kumuh dan pernah  mau digusur lho. Namun akhirnya dengan gagasan dari mahasiswa Malang, kampung ini disulap jadi kampung warna-warni yang indah. Sekarang sampai jadi desa wisata yang didatangi banyak orang.

***

Itulah 6 kota paling berwarna di dunia versi Chelsi. Dari yang udah Chelsi sebutkan, Teman VAN pengin mengunjungi yang mana? Tentukan pilihanmu terus issued tiketnya di sistem VAN ya. Jangan lupa cek promo dari Chelsi di laman ini. Lumayankan kalau bisa jalan-jalan hemat.

[Baca Juga: Liburan Bareng Anak? Lakukan 5 Aktivitas Seru Ini]

Praktis dan Mudah, Bayar 5 Jenis Tagihan Ini di VAN Pay

VAN Pay menjadi solusi praktis dan mudah untuk membayar tagihan. Tidak perlu lagi datang ke loket pembayaran dan harus mengantre. Teman VAN hanya perlu membayar tagihan-tagihan tersebut di travelagent.co.id atau melalui aplikasi VAN Mobile.

Sistem saldo yang ada di sistem Voltras Agent Network juga makin memudahkan pembayaran. Teman VAN tidak perlu melakukan transfer berkali-kali, cukup isi saldo sesuai dengan total tagihan yang wajib dibayar atau lebih. Dengan begitu setiap bayar tagihan tinggal memotong dari saldo.

Saat ini ada 5 jenis tagihan yang bisa dibayar lewat VAN Pay. Apa saja? Simak penjelasan Chelsi di bawah ini ya.

1. Listrik

Bayar Tagihan Listrik di VAN Pay

Image: katadata.co.id

Tak perlu khawatir ketika listrik tiba-tiba mati karena token habis. Langsung saja buka VAN Pay dan lakukan pembelian token listrik di sana. Tinggal pilih deh mau isi berapa.

Selain token, pembayaran tagihan listrik PLN juga bisa Teman VAN lakukan lewat VAN Pay lho.

2. Pulsa dan Paket Data

Bayar Tagihan Pulsa dan Paket Data di VAN Pay

Image: innovation-village.com

Dengan adanya VAN Pay, nggak perlu lagi cari counter untuk beli pulsa dan paket data. Semuanya serba online dan simple! Nominal pulsanya pun bervariasi mulai dari 5.000 hingga 100.000. Bebas pilih sesuai kebutuhan.

[Baca Juga: Ini Benefit 4 Paket di VAN, Pilih yang Mana?]

3. BPJS Kesehatan

Bayar Tagihan Pulsa dan Paket Data di VAN Pay

Image: suratkabar.id

Pembayaran tagihan BPJS Kesehatan juga tersedia lho. Hanya berbekal nomer kepesertaan BPJS, Teman VAN bisa langsung cek tagihan dan membayarnya dengan mudah.

4. PDAM

Bayar Tagihan PDAM

Image: cdn2.tstatic.net

Tagihan air PDAM menjadi kewajiban yang harus dibayar setiap bulannya? Bayar lewat VAN Pay aja agar air di rumah selalu tersedia. PDAM di seluruh wilayah Indonesia tersedia kok baik itu untuk wilayah Jakarta, Jawa Tengah, Kalimantan, hingga Sulawesi.

5. Cicilan

Bayar Tagihan Cicilan

Image: islamidia.com

Selain berbagai macam tagihan di atas, VAN Pay juga menyediakan layanan untuk pembayaran cicilan multifinance. Perusahaan yang tersedia adalah Busan Auto Finance (BAF), Mega Central Finance (MCF), Mega Auto Finance (MAF), dan WOM Finance.

***

Itulah lima jenis tagihan yang saat ini tersedia di VAN Pay. Untuk ke depannya, Chelsi akan melakukan penambahan jenis tagihan terus agar semakin lengkap. Jadi, selalu pantau informasi dari Chelsi ya baik lewat blog atau media sosial VAN.

Gimana, siap bayar tagihan? Caranya mudah kok. Setelah log in di sistem VAN, pilihlah menu VAN Pay. Kemudian pilih jenis tagihannya dan isikan data yang diperlukan seperti nomor handphone untuk pembelian pulsa dan paket data serta data nomor pelanggan untuk tagihan lainnya. Sebagai info tambahan, transaksi ini tidak dapat dilakukan pada pukul 23.00 – 23.59 WIB ya.

[Baca Juga: Ikuti Passion Dengan Bisnis Travel Agent Bersama VAN]

Nah selain kepraktisan dan kemudahan, Teman VAN juga akan mendapatkan komisi lho. Chelsi menawarkan komisi yang menarik untuk setiap transaksi yaitu sebesar 60% untuk VAN Experience dan VAN Basic, sementara untuk VAN Pro komisinya sebesar 70%. Di mana lagi bayar tagihan dapat komisi? Cuma di VAN Pay!

Adanya sistem komisi ini bisa menjadi peluang usaha pembayaran tagihan. Ya, selain untuk diri sendiri, Teman VAN bisa membuka jasa pembayaran tagihan untuk orang lain dan mendapatkan untung dari komisi. Yuk coba!

Daftarkan dirimu sebagai member VAN Basic untuk mendapatkan manfaat ini. Teman VAN bisa langsung menghubungi Tim Sales untuk bergabung yaitu ke nomor 081291787917 (Ilhamsyah), 082260077799 (Ryan), atau 082299777969 (Ahmad Aulia).