Liburan Saat Musim Hujan? Ini Cara Chelsi Biar Liburan Tetap Seru

Chelsi baca dari rilisan BMKG, musim hujan di Indonesia diprediksikan masih akan berlangsung sampai bulan Maret 2019. Namun nyatanya musim hujan nggak langsung menyurutkan semangat para traveler untuk mengunjungi destinasi wisata Indonesia di awal tahun ini. Apakah Teman VAN juga tetap ingin liburan saat musim hujan? Kalau ‘iya’ jadi jawabanmu, Chelsi akan kasih cara agar liburan saat musim hujan tetap seru dan menyenangkan. Simak 7 cara ala Chelsi di bawah ini ya.

1. Siapkan Payung atau Jas Hujan

Liburan Saat Musim Hujan? Ini Cara Chelsi Biar Liburan Tetap Seru

Image: msn.com

Sedia payung sebelum hujan.

Peribahasa itu juga berlaku untuk liburan saat musim hujan, Teman VAN wajib bawa payung atau jas hujan. Sering bingung menentukan mau bawa yang mana? Chelsi kasih pertimbangannya deh.

Menurut Chelsi, untuk Teman VAN yang nantinya banyak jalan kaki atau pakai transportasi umum, payung lebih cocok. Pasalnya payung lebih praktis, mudah dilipat saat selesai dipakai, dan tidak memakan tempat di dalam tas. Sementara jika pakai kendaraan roda dua dan butuh perlindungan seluruh tubuh, pilih jas hujan aja. Sayangnya jas hujan ini tidak ringkas meski sudah dilipat.

Eits, selain itu bawa juga backpack rain cover ya supaya barang-barangmu aman.

[Baca juga: 6 Kota Paling Berwarna di Dunia]

2. Perhatikan Pakaian

Liburan Saat Musim Hujan? Ini Cara Chelsi Biar Liburan Tetap Seru

Image: hoodiedance.id

Apa yang kita pakai juga wajib diperhatikan agar liburan tetep seru dan tampil kece. Untuk pakaian, Chelsi rekomendasikan bawa baju yang cepat kering misalnya yang berbahan polyester. Jangan lupa bawa pakaian hangat juga ya biar nggak kedinginan dan jatuh sakit. Setelah perkara pakaian, alas kaki juga wajib dipikirin nih tapi kalau Chelsi sih selalu mengandalkan sepatu sandal atau sandal sebagai teman liburan pas musim hujan gini.

3. Pantau Cuaca Dengan Aplikasi

Liburan Saat Musim Hujan? Ini Cara Chelsi Biar Liburan Tetap Seru

amazonaws.com

Cuaca emang nggak bisa ditebak tapi setidaknya ada perkiraan dari BMKG yang bisa kita pantau. Oleh karena itu, wajib punya aplikasi perkiraan cuaca di smartphone pas traveling musim hujan.

 4. Pilih Destinasi Wisata yang Aman Hujan

Liburan Saat Musim Hujan? Ini Cara Chelsi Biar Liburan Tetap Seru

Image: townx.com

Nah kunci liburan tetep seru pas musim hujan itu ya destinasi yang dikunjungi. Sebaiknya Teman VAN juga membuat alternatif destinasi wisata yang aman dikunjungi saat hujan. Jadi ketika hujan dan tidak bisa ke destinasi A misalnya, Teman VAN tinggal mendatangi destinasi wisata alternatif.

Memangnya ada? Ada kok, Chelsi rekomendasikan untuk mengunjungi museum, galeri seni atau pertunjukan seni, indoor theme park, hingga wisata belanja. Untuk tahu tempat-tempat ini, Teman VAN wajib cari informasinya dulu bisa lewat temanmu, media sosial, atau Google.

[Baca juga: Susun Bucket List, Ini Destinasi Terbaik untuk Liburan Januari Hingga Desember]

5. Staycation Saat Cuaca Tak Bersahabat

Liburan Saat Musim Hujan? Ini Cara Chelsi Biar Liburan Tetap Seru

Image: biasakansekarang.ideoworks.id

Gimana kalau cuaca hari itu benar-benar nggak bersahabat?

Jika tidak bisa mengunjungi destinasi pada poin 4, staycation dulu aja. Habiskan waktu di hotel dengan menikmati fasilitas yang ada misal dengan nonton film di kamar atau berenang. Selalu ada cara kok untuk bikin liburan tetep seru.

6. Hangatkan Badan Dengan Kulineran

Liburan Saat Musim Hujan? Ini Cara Chelsi Biar Liburan Tetap Seru

Image: rothcheese.com

Saat liburan di musim hujan, jangan lewatkan untuk kulineran ya Teman VAN. Cari makanan yang berkuah atau minuman hangat udah pasti menyenangkan. Siapa tau kota tempatmu liburan itu punya minuman atau makanan khas yang cocok dikonsumsi pas cuaca dingin. Namun jika ingin bersantai, sekadar duduk di cafe sambil menikmati teh atau kopi hangat juga bisa.

7. Minum Vitamin Agar Makin Fit

Liburan Saat Musim Hujan? Ini Cara Chelsi Biar Liburan Tetap Seru

Image: hopeinasunrise.com

Musim hujan dan aktivitas yang banyak, membuat Teman VAN harus ekstra menjaga kesehatan. Jangan sampai sakit pas traveling ya. Oleh karena itu, saat liburan Teman VAN bisa minum vitamin, jaga pola makan, dan istirahat secukupnya. Satu lagi pesan Chelsi, jangan hujan-hujanan yaaa.

 ***

Itu dia tujuh cara Chelsi untuk membuat liburan saat musim hujan tetap seru. Semoga bermanfaat ya! Untuk Teman VAN yang mau liburan, lakukan persiapan dengan matang ya supaya liburan tetap aman, nyaman, dan menyenangkan.