Tambah Tabungan, Manfaatkan Hobi Travelling untuk Kerja Sampingan

Tahun 2019 ini punya target tabungan untuk masa depan? Keren… mesti komitmen dan konsisten dari awal lho. Jadi sampai akhir bulan Februari ini apa kabar? Aman atau masih susah nabung?

Yaaah, kalau masih merasa kesulitan untuk ngejar taget tabungan dari gaji aja, Chelsi saranin buat cari kerja sampingan dengan memanfaatkan hobi. Punya hobi travelling sama kayak Chelsi? Ada banyak peluang untuk dapat kerja sampingan yang menguntungkan lho.

Oke, Chelsi kasih rekomendasi kerja sampingan apa saja yang cocok untuk kita-kita yang hobi travelling. Baca terus sampai selesai yaaa.

1. Tour Guide, Serunya Travelling Tapi Dibayar

Tambah Tabungan, Manfaatkan Hobi Travelling untuk Kerja Sampingan

Image: seruni.id

Ketertarikan pada dunia travelling bisa menjadikanmu sebagai tour guide lho. Tentunya harus berbekal pengalaman dan pengetahuan tentang seluk beluk wisatanya. Selain itu wajib juga dibarengi dengan skill berbicara dan bercerita yang asik serta harus friendly. Kalau bisa seperti itu sih, jelas paket lengkap untuk jadi tour guide idola.

Nah meski Teman VAN bekerja 9 to 5, kerja jadi tour guide tetap bisa dilakukan kok misalnya pas weekend, hari libur nasional, atau bela-belain cuti saat destinasinya cukup jauh. Kalau Teman VAN bisa jadi tour guide, kenapa nggak dilakukan? Apalagi demi tabungan masa depan.

2. Jadi Travel Writer, Berbagi Cerita Perjalanan yang Menarik

Tambah Tabungan, Manfaatkan Hobi Travelling untuk Kerja Sampingan 2

Image: mataramweb.com

Nggak pede jadi tour guide? Tenang… Chelsi masih punya rekomendasi kerja sampingan untukmu yang suka travelling. Gimana kalau jadi travel writer aja?

Chelsi percaya kok tiap orang punya pengalaman yang berbeda meskipun obyek wisatanya sama. Jadi, kenapa enggak Teman VAN menceritakan pengalaman jalan-jalanmu lewat tulisan. Apalagi jaman serba digital ini membuat tulisan kita punya kesempatan dilihat banyak orang. Misalnya menulis untuk situs travelling, publish di blog atau media sosial sendiri. Jika peminatnya banyak, peluang untuk jadi travel writer secara profesional pun terbuka lebar. Siapa tau bisa kayak Trinity, keliling dunia dan menuliskannya dalam karya berupa buku.

Baca ini juga yuk: 7 Fakta Pariwisata Indonesia di Mata Dunia

Wah, pasti seru deh. Menginspirasi dan berbagi dengan orang lain lewat tulisan, tambah lagi bisa punya penghasilan untuk ditabung. Siapa mau?

3. Suka Foto-Foto? Kerja Sampingan Fotografer Udah Paling Pas

Tambah Tabungan, Manfaatkan Hobi Travelling untuk Kerja Sampingan

Image: worldoftravelphotography.com

Hobi travelling dan punya kemampuan fotografi? Perpaduan sempurna nih!

Teman VAN bisa kerja sampingan sebagai fotografer, kalau bisa video sekalian videografer juga. Saat sedang jalan-jalan, manfaatkan juga kesempatan itu untuk berburu foto yang bagus. Foto-foto tersebut bisa dijual dan penghasilannya ditabung.

Jangan lupa bikin portofolio juga ya di media sosial atau blog, siapa tau ada yang tertarik dengan karyamu dan butuh jasamu untuk mengabadikan momen travelling mereka. Yuk dicoba!

Baca ini juga ya: 6 Kota Paling Berwarna di Dunia

 4. Bisnis Jastip Untung, Bisa Nabung

Tambah Tabungan, Manfaatkan Hobi Travelling untuk Kerja Sampingan

Image: amazonaws.com

Sekarang bisnis jastip banyak peminatnya lho. Salah satu alasannya karena banyak produk menarik yang tidak beredar di Indonesia. Nah kalau Teman VAN suka travelling ke luar negeri, ide bagus lho sekalian buka jastip. Lumayankan bisa dapat penghasilan tambahan yang bisa ditabung. Beberapa produk yang laris di jastip adalah camilan, make up, produk fashion seperti tas dan pakaian, hingga buku.

Untuk yang travelling di Indonesia juga tetap bisa kok buka bisnis jastip. Barang yang biasanya dicari tuh seperti makanan khas suatu daerah, kue-kue artis, hingga kerajinan tangan. Travelling sekaligus bisnis, kenapa enggak?

5. Bisnis Travel Agent Bisa Dimana Saja dan Kapan Saja

Tambah Tabungan, Manfaatkan Hobi Travelling untuk Kerja Sampingan

Image: blogspot.com

Rekomendasi kerja sampingan terakhir dari Chelsi adalah bisnis travel agent. Ini beda dari lainnya lho. Kalau empat opsi sebelumnya butuh waktu khusus seperti saat weekend atau cuti, bisnis travel agent sendiri bisa dikerjakan kapan pun. Misalnya saat pekerjaan udah selesai, jam istirahat, atau setelah jam kerja.

Baca ini juga yuk: Ikuti Passion Dengan Bisnis Travel Agent Bersama VAN

Lewat bisnis travel agent ini, Teman VAN bisa menjual tiket pesawat, kereta api, hotel, dan themepark. Untuk menjalankan bisnis ini, Teman VAN cuma perlu laptop atau smartphone aja karena sistemnya udah serba online. Mudah kan? Untuk mulai kerja sampingan ini, Teman VAN bisa gabung VAN Experience yang gratis pendaftaran.

Nah setelah bisnis ini berjalan, hasil penjualannya bisa ditabung deh… Keuntungan lainnya nih ya, Teman VAN bisa travelling dengan harga transportasi dan akomodasi yang lebih murah, kan pakai harga agent 😄

***

Gimana, dari lima rekomendasi Chelsi di atas ada yang cocok? Semoga ada ya biar Teman VAN bisa mulai menabung. Chelsi harap di akhir tahun nanti, target tabunganmu tercapai. Semangat terus yaaa, Teman VAN pasti bisa!