Fakta Pariwisata Dunia

7 Fakta Pariwisata Indonesia di Mata Dunia

Indonesia memang punya potensi pariwisata yang besar. Apalagi hampir di setiap daerahnya ada obyek wisata yang diunggulkan. Tak heran kalau di bulan Januari-November 2018 lalu ada 14,39 juta kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Angka ini naik 11,63% lho dari periode yang sama di tahun 2017.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) itu menunjukkan kalau Indonesia makin digemari oleh wisatawan mancanegara. Nah, Chelsi penasaran nih bagaimana dunia melihat pariwisata Indonesia. Teman VAN juga ingin tahu? Oke, Chelsi akan merangkum hasil kepo Chelsi lewat 7 Fakta Pariwisata Indonesia di Mata Dunia berikut ini.

Fakta 1: Ubud Jadi Destinasi Impian Para Milenial

Fakta Pariwisata Indonesia - Ubud Jadi Destinasi Impian Para Milenial

Image: cloudfront.net

Sebuah situs traveling, müvTravel baru saja mempublikasikan 30 list destinasi yang diimpikan oleh para milenial sebagai bucket-list 2019. Yang menggembirakan ada Indonesia lho di posisi kedua, lebih tepatnya Ubud, Bali.

Generasi milenial memang lebih tertarik mencari pengalaman lokal dan menikmati setiap momen traveling. Ya, hal itu memang bisa didapat saat traveling ke Ubud, Bali. Apalagi Ubud punya pemandangan alam yang asri serta budaya yang kental.

Fakta 2: Top 10 Negara Terbaik untuk Dikunjungi Tahun 2019

Fakta Pariwisata Indonesia - Top 10 Negara Terbaik untuk Dikunjungi Tahun 2019

Image: condecdn.net

Di penghujung tahun lalu, Indonesia dapat penghargaan sebagai Top 10 Negara Terbaik untuk Dikunjungi Tahun 2019 dari Lonely Planet lho. Indonesia ada di peringkat ke-7, Teman VAN. Kekayaan alam, budaya, hingga kuliner jadi nilai plus untuk negara kita ini.

[Baca juga: Liburan Saat Musim Hujan? Ini Cara Chelsi Biar Liburan Tetap Seru]

Dengan direkomendasikan Lonely Planet bisa dikatakan kalau wisata Indonesia makin diakui dunia nih. Semoga tahun ini makin banyak yang berkunjung ke Indonesia dan jatuh cinta dengan pariwisata kita ya.

Fakta 3: Punya Destinasi Wisata yang Instagrammable

Fakta Pariwisata Indonesia - Punya Destinasi Wisata yang Instagrammable

Image: pinimg.com

Siapa yang suka traveling ke tempat-tempat Instagrammable? Nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri Teman VAN karena Indonesia aja ada di peringkat empat negara paling Instagrammable versi Big Seven Travel.

Tujuh spot yang direkomendasikan untuk berburu foto keren adalah Hanging Gardens Infinity Pool, Tanah Lot, Candi Borobudur, Pura Uluwatu, Kepulauan Gili, Gunung Bromo, dan Candi Prambanan.

Fakta 4: Kuliner Indonesia pun Mendunia

Fakta Pariwisata Indonesia - Kuliner Indonesia pun Mendunia

Image: photos.tpn.to

Chelsi menemukan fakta pariwisata Indonesia lain nih Teman VAN. Ternyata, kuliner Indonesia telah mendunia. Tidak hanya dikenal namanya tapi juga disukai rasanya oleh wisatawan mancanegara. Dari daftar CNN, kuliner Indonesia menempati posisi pertama dan kedua lho untuk kategori makanan terenak di dunia yaitu rendang dan nasi goreng. Sementara sate ada di posisi ke-14.

Dengan begitu, daya tarik pariwisata Indonesia makin lengkap nih. Nggak hanya alam dan budayanya tapi kuliner Nusantara pun juga makin dilirik.

Fakta 5: 4 Pantai di Indonesia Termasuk yang Terbaik di Dunia

4 Pantai di Indonesia Termasuk yang Terbaik di Dunia

Image: hostelworld.com

Sebagai negara kepulauan, Indonesia emang punya banyak banget pantai Teman VAN. Empat pantai di Indonesia pun masuk kategori 100 pantai terbaik di dunia lho. Bisa tebak pantai mana saja?

FlightNetwork, sebuah travel agent online asal Kanada, merilis daftar pantai terbaik dunia 2018. Dalam daftar itu ada empat pantai di Indonesia. Keindahan Pantai Pianemo, Raja Ampat ada di peringkat ke-46. Kemudian ada Pink Beach di Perairan Komodo pada peringkat 65, Pantai Kelingking (Bali) peringkat 70, dan Nyang Nyang Beach (Bali) peringkat 74.

[Baca juga: 6 Kota Paling Berwarna di Dunia]

Fakta 6: Pulau Terbaik Dunia Ada di Indonesia Lho

Pulau Terbaik Dunia Ada di Indonesia Lho

Image: huffpost.com

Teman VAN, Pulau Jawa ditetapkan oleh situs web Travel and Leisure sebagai pulau terbaik di dunia lho. Candi Borobudur yang jadi situs warisan dunia UNESCO disebut sebagai salah satu alasan kenapa wisatawan mancanegara tertarik mendatangi pulau terpadat di Indonesia ini.

Keberagaman potensi wisata di Pulau Jawa pun semakin jadi daya tarik apalagi dengan fasilitas transportasi dan akomodasi yang sudah bagus. Selain Pulau Jawa, Pulau Bali dan Lombok juga tercatat di daftar Travel and Leisure ini. Wah, Indonesia makin keren ya!

Fakta 7: Indonesia, Negara Paling ‘Selow’ di Dunia

Indonesia, Negara Paling ‘Selow’ di Dunia

Image: kayumanis.com

Studi terbaru yang Chelsi temukan nih Teman VAN. Indonesia disebut sebagai negara paling selow alias paling santai di dunia. Waaaah kok bisa ya?

Studi ini berasal dari Lastminute, sebuah penyedia jasa perjalanan Eropa. Dilansir dari Good News From Indonesia, mereka meneliti berbagai faktor yang ada di negara kita ini seperti wilayah, hak-hak pribadi warga negara, suhu, jumlah hari libur, serta fasilitas kesehatan seperti spa. Nah dari hasil penelitian itu disimpulkan bahwa Indonesia adalah negara yang paling santai dibanding negara lain yang Lastminute teliti.

***

Yap, itulah 7 fakta pariwisata Indonesia di mata dunia yang berhasil Chelsi rangkum. Wisatawan mancanegara aja begitu tertarik pada Indonesia, jadi sebagai Warga Negara Indonesia harusnya kita bisa lebih cinta tanah air dan bangga. Dukung terus pariwisata Indonesia yuk Teman VAN! Jangan lupa sebarkan fakta baik tentang Indonesia ini ke teman-temanmu yang lain ya.