3 Tempat Wisata yang Dibangun Sebagai Bukti Cinta

3 Tempat Wisata yang Dibangun Sebagai Bukti Cinta

Teman VAN bentar lagi Hari Valentine nih… Menjelang hari kasih sayang ini, Chelsi mau cerita tentang beberapa tempat wisata di dunia yang dulunya dibangun sebagai bukti cinta. Romantis banget kan?

Memang, ada banyak cara untuk menunjukkan kasih sayang. Beberapa diantaranya sanggup mendirikan bangunan megah yang penuh makna sebagai bukti cinta mereka kepada pasangannya. Seiring berjalanannya waktu, bangunan-bangunan tersebut tetap dikenang dan mampu menyentuh hati banyak orang. Jadi nggak heran kalau sampai sekarang masih ramai dikunjungi dan bahkan jadi tempat wisata.

Oke, Chelsi akan mulai bahas bukti cinta yang melegenda itu. Sebagai bocoran, salah satu tempat wisata yang dibangun sebagai bukti cinta itu ada di Indonesia lho. Penasaran? Yuk baca sampai selesai ya!

1. Taj Mahal, India

3 Tempat Wisata yang Dibangun Sebagai Bukti Cinta - Taj Mahal, India

Image: independent.co.uk

Siapa yang tidak tahu Taj Mahal, India? Namun apakah Teman VAN juga tahu kalau salah satu keajaiban dunia ini adalah bukti cinta seorang kaisar India untuk istrinya?

Kaisar itu bernama Mughal Shah Jahan. Ia membangun Taj Mahal sebagai mausoleum atau makam untuk istrinya, Mumtaz Mahal yang meninggal setelah melahirkan anaknya yang ke-14. Bisa dikatakan kalau Taj Mahal ini adalah wujud penghormatan dan rasa cinta Mughal Shah Jahan untuk Mumtaz Mahal.

Taj Mahal ini luar biasa megah dan indah lho Teman VAN. Arsitekturnya kental dengan campuran gaya Islam, Persia, dan India. Selain kubah marmer putihnya yang cantik, Taj Mahal juga dihiasi dengan berbagai batu mulia seperti berlian, jed, kristal, topaz, dan nilam.

Siapa yang udah pernah ke Taj Mahal dan melihatnya langsung?

[Yuk baca ini juga: Liburan Saat Musim Hujan? Ini Cara Chelsi Biar Liburan Tetap Seru]

2. Boldt Castle, New York

3 Tempat Wisata yang Dibangun Sebagai Bukti Cinta - Boldt Castle, New York

Image: wikimedia.org

Sebuah kastil megah yang ada di pulau. Ini bukan dongeng tapi beneran ada lho Teman VAN. Boldt Castle namanya. Kastil ini terletak di Heart Island, salah satu pulau di wilayah Thousand Islands, Amerika Serikat.

Boldt Castle ini disebut sebagai Monumen Cinta lho. Penasaran ada cerita apa dibalik tempat wisata ini? Langsung Chelsi ceritain aja deh.

George Boldt adalah jutawan Amerika Serikat yang membangun Boldt Castle ini di tahun 1900. Kastil besar dan megah ini dipersembahkan untuk istri tercinta, Louise. Sayangnya, umur seseorang memang tidak dapat ditebak. Januari 1904, Louise meninggal. Sementara George Boldt yang terpukul meninggalkan Heart Island dan menghentikan pembangunan kastil itu. Dari situlah, kastil yang belum jadi itu menjadi monumen cinta George terhadap istrinya. Mengharukan ya Teman VAN…

3. Candi Plaosan, Indonesia

3 Tempat Wisata yang Dibangun Sebagai Bukti Cinta - Candi Plaosan, Indonesia

Image: earthnworld.com

Cerita yang terakhir berasal dari Indonesia. Siapa yang nebak kalau Chelsi bakalan cerita soal Candi Prambanan? Sayang sekali bukan… karena cerita Candi Prambanan udah banyak yang tahu makanya Chelsi mau sedikit memaparkan tentang Candi Plaosan.

[Yuk baca ini juga: 7 Fakta Pariwisata Indonesia di Mata Dunia]

Ternyata, Candi Plaosan yang ada di Klaten, Jawa Tengah ini dibangun untuk pembuktian cinta juga lho. Rakai Pikatan dari Dinasti Sanjaya pemeluk Hindu membangun candi ini untuk istrinya Pramodyawardani yang berasal dari dinasti Syailendra pemeluk agama Buddha. Karena cintanya pada sang istri, Rakai Pikatan pun mendirikan candi Buddha dengan sedikit sentuhan arsitektur Hindu. Ya, itulah Candi Plaosan.

***

Itulah tiga tempat wisata yang menyimpan cerita cinta pada proses pembangunannya.  Sampai saat ini bangunan tersebut masih berdiri dengan kokoh dan cantik lho. Teman VAN ingin mengunjungi yang mana nih?