spot diving

Spot Diving di Indonesia untuk Liburan Serumu

Inilah 4 spot diving terbaik di Indonesia menurut Chelsi. Keindahan terumbu karangnya tak diragukan lagi. Dan tentunya, membuat liburanmu semakin seru.

Indahnya pesona alam di bawah laut Indonesia memang terbukti tiada duanya. Indonesia yang dikenal sebagai negara kepulauan ini rupanya menyimpan banyak “harta karun” di bawah laut yang membuat kamu puas saat diving ataupun snorkeling. Berikut 4 spot diving menarik yang keindahannya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Dan, tentunya membuat liburan semakin seru.

1. Karimun Jawa, Spot Diving dengan 30 Site Penyelaman

Spot Diving di Indonesia untuk Liburan Serumu - Karimun Jawa Kepulauan Karimunjawa sebagai spot diving memiliki sedikitnya 30 site penyelaman. Kedalamannya antara 5 – 40 meter, dengan jarak pandang antara 5-25 meter dan arus yang bervariasi. Pesona bawah lautnya antara lain tutupan terumbu karang  yang rapat, berbagai jenis satwa laut seperti ikan Napoleon, Penyu Sisik, dan Penyu Hijau, dan lebih dari 200 spesies ikan hias. Karimunjawa merupakan gugusan kepulauan (sejumlah 27 pulau) yang terletak di Laut Jawa, termasuk wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

2. Spot Diving di Wakatobi yang Belum Sering Dijamah Wisatawan

Spot Diving di Indonesia untuk Liburan Serumu - Wakatobi Pulau Wakatobi yang berada di Laut Banda, sudah tidak diragukan lagi sebagai salah satu tempat sempurna sebagai spot diving dan snorkeling. Kaya akan terumbu karang dan juga ikan kecil, bisa dibilang surga laut satu ini masih belum sering terjamah oleh wisatawan. Pulau Wakatobi berada di Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Nama Wakatobi sendiri juga menjadi nama dari Taman Nasional Wakatobi yang diresmikan pada tahun 1996. Dengan total luas 1,39 juta hektar, Wakatobi merupakan rumah bagi kehidupan laut yang ada di Laut Banda.

3. Kepulauan Seribu, Surga Diver di Jakarta

Kepulauan Seribu Tak disangka, di bagian lain DKI Jakarta yang sangat modern dan sangat sibuk ada spot diving yang keren. Tepatnya di Kepulauan Seribu. Kepulauan Seribu adalah tempat wisata terkenal di Indonesia. Dari beberapa pulau kecil yang ada di sana, salah satu pulau yang mengundang minat para wisatawan adalah Pulau Sepa. Pulau ini dianggap sebagai tempat wisata untuk melakukan diving dan snorkeling khususnya di Indonesia. Julukan untuk pulau ini adalah “The Paradise for Diver in Jakarta” (Baca Juga: Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Luar Negeri). Dengan populasi warga sekitar 10.000 orang, warga di Kepulauan Seribu sebagian besar hidup dari kekayaan laut yang ada di Kepulauan Seribu. Batuan karang dan berbagai macam ikan dengan warna indah sudah menjadi atraksi utama yang diincar oleh para wisatawan.

4. Spot Diving Derawan, Tempat “Bercanda” dengan Biota-Biota Laut

Derawan Derawan dikenal memiliki pantai-pantai berpasir putih dan surga bawah laut yang luar biasa cantik. Di tempat ini, kamu bisa menemukan kura-kura raksasa, lumba-lumba, ikan pari, duyung, barakuda, serta ubur-ubur stingless bisa kamu ajak bercanda.

Derawan terletak di Kalimantan Timur, kurang lebih 28 titik penyelaman yang tersebar di Kepulauan Derawan, kamu bisa menemukan setidaknya 460 jenis karang dan lebih dari lebih dari 870 jenis ikan mulai dari kuda laut kerdil hingga pari manta raksasa.

Baca juga: 3 Cara Asyik Ngabuburit ala Chelsi

Itulah 4 spot diving terbaik di Indonesia yang Chelsi tahu saat ini. Selain ke-4 lokasi tersebut mungkin masih banyak tempat-tempat lain yang jauh lebih menarik dan jarang terekspose. Kalau semakin banyak yang diekspose, mungkin semakin sulit untuk memberikan penilaian mana yang spot diving terindah dari berbagai semua spot selam di Indonesia. Jadikan liburan makin seru dengan diving di lokasi-lokasi yang memiliki pemandangan bawah laut yang indah.

Jangan lupa selalu update tulisan menarik dan bermanfaat terkait tips liburan dan traveling ala Chelsi hanya di blog travelagent.co.id.