Negara Anti-Mainstream

5 Negara Anti-Mainstream tapi Indahnya Bukan Main

Traveling ke negara yang “anti-mainstream” diprediksikan akan jadi tren di tahun 2020 lho. Hmm negara “anti-mainstream” yang Chelsi maksud adalah destinasi yang nggak terlalu populer tapi tetap punya potensi wisata yang oke pastinya.

Tren ini muncul buat mengurangi overtourism di destinasi wisata utama. Bahkan menurut sebuah survei yang Chelsi baca di travel.tempo.co, 51% traveler rela menukar destinasi awal dengan tempat yang nggak terlalu terkenal dengan pertimbangan minim dampak lingkungan.  Wah, keren!

Baca juga: Bhutan, Negara yang Jarang Didengar tapi Membahagiakan!

Gimana, jadi pengin coba traveling ke negara yang nggak terlalu ramai? Jika ‘iya’, Chelsi mendukungmu! Sebagai bentuk support Chelsi kasih rekomendasi juga nih negara anti-mainstream dengan keindahan yang bukan main~

Ada Visa Turis, Saatnya Jelajahi Arab Saudi

Negara Anti-Mainstream
Image: wikimedia.com

Negara pertama yang Chelsi rekomendasikan adalah Arab Saudi, soalnyaaa pertama kalinya juga pemerintah Arab Saudi mengeluarkan visa turis. Tepatnya 27 September 2019 lalu, Teman VAN.

Meski begitu, Arab Saudi menyimpan banyak destinasi yang indah lho, perpaduan dari kecantikan alam, peradaban kuno, kota religius, dan modernitas. Teman VAN wajib mengunjungi kota kuno Mada’in Saleh, seni batu di Kawasan Ha’il, gerbang Jeddah ke Makkah, oasis Al-Ahsa, daaan Istana al-Murabba yang merupakan bekas Istana King Abdul Aziz, pendiri Arab Saudi Modern.

Yuk kunjungi Arab Saudi, sebelum terlalu ramai untuk dijelajahi!

Timor Leste juga Punya Wisata yang Memesona

Negara Anti-Mainstream
Image: ecodiscovery-easttimor.com

Teman VAN pengin traveling ke luar negeri? Coba deh kepoin Timor Leste, wilayah yang lepas dari Indonesia 20 tahun silam.

Karena negaranya kecil, Timur Leste mudah dijelajahi. Ada banyak wisata yang menarik baik budaya maupun alamnya. Salah satu yang wajib di-explore adalah Pulau Jaco, pulau kecil yang ada di ujung Timor Leste. Indaaaah banget dengan pasir putih yang lembut, air yang jernih, dan angin laut yang semilir…

Baca juga: Dari Lokasi Syuting Jadi Destinasi Traveling

Selain itu, Timor Leste juga kental dengan wisata ziarah yaitu dengan mengunjungi Cristo Rei atau Patung Kristus Raja, Patung Paus Yohanes Paulus II, dan Gunung Ramelau.

Nikmati Indahnya Liechtenstein bak Negeri Dongeng

Negara Anti-Mainstream
Image: telegraph.co.uk

Di Eropa juga ada negara anti-mainstream yang indahnya bukan mainnnn, kayak di negeri dongeng, Teman VAN. Nama negaranya adalah Liechtenstein… Belum pernah denger yaaa?

Liechtenstein ada di antara Swiss dan Austria dengan luas 160 km². Kecil banget kan? Soalnya memang negara terkecil ke-6 di dunia. Bisa dibilang seluas Jakarta Utara doang… tapi kalau ngomongin soal landscape ya beda banget. Soalnya Liechtenstein punya lembah dan bukit dengan hamparan pepohonan hijau. Asri banget!

Pemandangan hijau ini bisa Teman VAN nikmati kalau mengunjungi Kastil Vaduz, perbukitan Eschnerberg, Falknis, dan Sungai Rhine. Karena terbilang masih sepi wisatawan, negara ini cocok banget buat yang mau refreshing.

Mau ke sana? Cari tiket pesawatnya buat ke Zurich yaaa karena Liechtenstein ini nggak punya bandara, Teman VAN.

Tajikistan Kaya Akan Pesona Wisata

Negara Anti-Mainstream
Image: beenaroundtheglobe.com

Negara anti-mainstream yang indah selanjutnya adalaaah Tajikistan. Meski tingkat perekonomiannya rendah, tapi Tajikistan kaya akan pesona wisata. Chelsi jamin, Teman VAN bakal naksir sama pemandangan alam berupa pegunungan, bukit bersalju, dan danaunya.

Satu hal yang wajib banget dilakukan kalau ke Tajikistan adalah road trip lewat Pamir Highway! Jalan aspal tertinggi kedua di dunia lhooo. Wooow banget deh! Keren iya, ekstrim juga iyaaaa. Soalnya kondisi jalan cukup sulit dan lewat kawasan alam liar juga.

Dekat tapi Jarang Dilihat, ke Brunei Darussalam yuk!

Negara Anti-Mainstream
Image: thousandwonders.net

Rekomendasi terakhir dari Chelsi yaitu Brunei Darussalam. Deket sih dari Indonesia tapi banyak yang nggak kenal sama wisatanya. Padahal kan banyak yang menarik… sebutlah wisata religi di Masjid Omar Ali Saifuddien, berinteraksi dengan penduduk di Kampong Ayer, melihat koleksi kerajaan di Royal Regalia Museum, hingga menjelajah alam Brunei di Ulu Temburong National Park.

Gimana, mulai kepikiran pengin traveling ke Brunei? Jangan dipikirin teruuus, langsung direalisasikan yuk! Mumpung Chelsi punya tiket promo ke Brunei Darussalam dengan Royal Brunei Airlines lho. Jelassss lebih hemat! Langsung intip harga promonya di sini ya.

***

Selesai! Itulah lima rekomendasi negara anti-mainstream buat Teman VAN yang pengin liburan dengan tenang tapi tetap menyenangkan. Ayo buruan pilih 2020 mau liburan ke negara yang mana! Kenapa harus buru-buru? Biar bisa mengamankan seat pesawat dengan harga hemat dooong.