Negara Anti-Mainstream

5 Negara Anti-Mainstream tapi Indahnya Bukan Main

Traveling ke negara yang “anti-mainstream” diprediksikan akan jaditren di tahun 2020 lho. Hmm negara “anti-mainstream” yang Chelsi maksud adalahdestinasi yang nggak terlalu populer tapi tetap punya potensi wisata yang okepastinya.

Tren ini muncul buat mengurangi overtourism di destinasi wisata utama.Bahkan menurut sebuah survei yang Chelsi baca di travel.tempo.co,51% traveler rela menukar destinasiawal dengan tempat yang nggak terlalu terkenal dengan pertimbangan minim dampaklingkungan.  Wah, keren!

Baca juga: Bhutan, Negara yang Jarang Didengar tapi Membahagiakan!

Gimana, jadi pengin coba traveling ke negara yang nggak terlalu ramai? Jika ‘iya’, Chelsi mendukungmu! Sebagai bentuk support Chelsi kasih rekomendasi juga nih negara anti-mainstream dengan keindahan yang bukan main~

Ada Visa Turis, Saatnya Jelajahi Arab Saudi

Negara Anti-Mainstream
Image: wikimedia.com

Negara pertamayang Chelsi rekomendasikan adalah Arab Saudi, soalnyaaa pertama kalinya jugapemerintah Arab Saudi mengeluarkan visa turis. Tepatnya 27 September 2019 lalu,Teman VAN.

Meski begitu,Arab Saudi menyimpan banyak destinasi yang indah lho, perpaduan dari kecantikanalam, peradaban kuno, kota religius, dan modernitas. Teman VAN wajibmengunjungi kota kuno Mada’in Saleh, seni batu di Kawasan Ha’il, gerbang Jeddahke Makkah, oasis Al-Ahsa, daaan Istana al-Murabba yang merupakan bekas IstanaKing Abdul Aziz, pendiri Arab Saudi Modern.

Yuk kunjungi Arab Saudi, sebelum terlalu ramai untuk dijelajahi!

Timor Leste juga Punya Wisata yang Memesona

Negara Anti-Mainstream
Image: ecodiscovery-easttimor.com

Teman VAN pengintraveling ke luar negeri? Coba dehkepoin Timor Leste, wilayah yang lepas dari Indonesia 20 tahun silam.

Karena negaranyakecil, Timur Leste mudah dijelajahi. Ada banyak wisata yang menarik baik budayamaupun alamnya. Salah satu yang wajib di-explore adalah Pulau Jaco, pulau kecilyang ada di ujung Timor Leste. Indaaaah banget dengan pasir putih yang lembut,air yang jernih, dan angin laut yang semilir…

Baca juga: Dari Lokasi Syuting Jadi Destinasi Traveling

Selain itu, Timor Leste juga kental dengan wisata ziarah yaitu dengan mengunjungi Cristo Rei atau Patung Kristus Raja, Patung Paus Yohanes Paulus II, dan Gunung Ramelau.

Nikmati Indahnya Liechtenstein bak Negeri Dongeng

Negara Anti-Mainstream
Image: telegraph.co.uk

Di Eropa juga ada negara anti-mainstreamyang indahnya bukan mainnnn, kayak di negeri dongeng, Teman VAN. Nama negaranyaadalah Liechtenstein… Belum pernah denger yaaa?

Liechtenstein ada di antara Swiss danAustria dengan luas 160 km². Kecil banget kan? Soalnya memang negara terkecil ke-6 didunia. Bisa dibilang seluas Jakarta Utara doang… tapi kalau ngomongin soal landscape ya beda banget. Soalnya Liechtensteinpunya lembah dan bukit dengan hamparan pepohonan hijau. Asri banget!

Pemandangan hijau ini bisa Teman VANnikmati kalau mengunjungi Kastil Vaduz, perbukitan Eschnerberg, Falknis, danSungai Rhine. Karena terbilang masih sepi wisatawan,negara ini cocok banget buat yang mau refreshing.

Mau ke sana? Cari tiket pesawatnya buat ke Zurich yaaa karena Liechtenstein ini nggak punya bandara, Teman VAN.

Tajikistan Kaya Akan Pesona Wisata

Negara Anti-Mainstream
Image: beenaroundtheglobe.com

Negara anti-mainstream yang indah selanjutnya adalaaah Tajikistan. Meski tingkat perekonomiannya rendah, tapi Tajikistan kaya akan pesona wisata. Chelsi jamin, Teman VAN bakal naksir sama pemandangan alam berupa pegunungan, bukit bersalju, dan danaunya.

Satu hal yang wajib banget dilakukan kalau ke Tajikistan adalah road trip lewat Pamir Highway! Jalan aspal tertinggi kedua di dunia lhooo. Wooow banget deh! Keren iya, ekstrim juga iyaaaa. Soalnya kondisi jalan cukup sulit dan lewat kawasan alam liar juga.

Dekat tapi Jarang Dilihat, ke Brunei Darussalam yuk!

Negara Anti-Mainstream
Image: thousandwonders.net

Rekomendasiterakhir dari Chelsi yaitu Brunei Darussalam. Deket sih dari Indonesia tapibanyak yang nggak kenal sama wisatanya. Padahal kan banyak yang menarik… sebutlahwisata religi di Masjid Omar Ali Saifuddien, berinteraksi dengan penduduk diKampong Ayer, melihat koleksi kerajaan di Royal Regalia Museum, hinggamenjelajah alam Brunei di Ulu Temburong National Park.

Gimana, mulai kepikiran pengin traveling ke Brunei? Jangan dipikirin teruuus, langsung direalisasikan yuk! Mumpung Chelsi punya tiket promo ke Brunei Darussalam dengan Royal Brunei Airlines lho. Jelassss lebih hemat! Langsung intip harga promonya di sini ya.

***

Selesai! Itulah lima rekomendasinegara anti-mainstream buat Teman VAN yang pengin liburan dengan tenang tapitetap menyenangkan. Ayo buruan pilih 2020 mau liburan ke negara yang mana!Kenapa harus buru-buru? Biar bisa mengamankan seat pesawat dengan harga hemat dooong.