Dari Lokasi Syuting Jadi Destinasi Traveling

Lokasi syuting itu penting untuk mendukung adegan-adegan dalam sebuah film. Kru film harus mencari lokasi yang tepat atau bahkan membangun set demi memberikan gambaran dan kesan yang maksimal.

Saking berkesannya, banyak lho penonton yang ingin mendatangi lokasi syuting tersebut. Bahkan nggak sedikit juga lokasi syuting yang berubah jadi destinasi traveling. Penasaran yaaa, lokasi syuting apa dan ada di mana? Yuk simak pembahasan Chelsi!

The Hobbiton, Desa Cantik di Film The Lord of the Rings

Image: ytimg.com

Ini adalah salah satu lokasi syuting paling fenomenal dan terkenal!

Peter Jackson, sutradara The Lord of the Rings, menemukan sebuah peternakan di Matamata, Waikato, Selandia Baru yang sesuai dengan gambaran The Shire dalam novel. Itu lho tempat tinggal para Hobbit…  Desa cantik dengan lahan luas, perbukitan hijau, dan sebuah danau.

Baca juga: Kata Google, Ini 10 Wisata Indonesia yang Paling Dicari Tahun 2019

Setelah semua syuting selesai, tempat ini jadi tujuan traveling yang menarik. Hobbiton pun dibuka untuk umum dan dikelola secara profesional. Di sana, Teman VAN bisa mengikuti tour dengan pemandu wisata. Penasaran dengan Hobbit Holes? Tenaaang, Teman VAN bisa melihat langsung dan masuk ke rumah Hobbit itu.

Replika Sekolah Laskar Pelangi yang Penuh Inspirasi

Image: blogspot.com

Indonesia juga punya lokasi syuting yang jadi destinasi traveling lho. Ayo ke Belitung dan lihat langsung SD Muhammadiyah Gantong! Sekolahnya Ikal CS di film Laskar Pelangi.

Tentunya ini hanya replika untuk kepentingan syuting aja karena bangunan yang sebenarnya udah ambruk. Namun ini bener-bener mirip aslinya lho, Teman VAN! Dinding bercat lusuh, alas tanah, atap seng, hingga dinding yang disangga kayu.

Meski film Laskar Pelangi diputar pada tahun 2008, sampai sekarang replika sekolah Laskar Pelangi masih jadi magnet bagi wisatawan. Bisa dibilang, sekolah reyot ini nggak cuma tempat wisata aja tapi juga menyimpan pesan yang menginspirasi untuk selalu semangat belajar bagaimanapun keadaannya.

Studio Alam Gamplong Sajikan Suasana Tempo Dulu

Image: travelspromo.com

Masih di Indonesia, lokasi syuting yang satu ini bisa dibilang jadi destinasi traveling yang lagi hits. Pernah nonton film Sultan Agung dan Bumi Manusia? Naaah, syutingnya di Studio Alam Gamplong, Yogyakarta ini. Film Habibie Ainun 3 juga syuting di sini lhooo.

Baca juga: 4 Tipe Millennial Dalam Memilih Penginapan, Teman VAN yang Mana Nih?

Selain sebagai tempat syuting, studio alam ini akan dikembangkan jadi pusat budaya, pusat sejarah, dan tentunya destinasi wisata. Menarik ya! Semua set dibuat dengan detail tingkat tinggi lho. Jadi pengunjung bisa benar-benar merasakan suasana tempo dulu. Ada set Pendopo Kerajaan Mataram, Benteng Belanda Vredeburg, stasiun, toko kelontong, dan masih banyak lagi.

Gara-Gara Joker, Tangga Ini Diserbu Traveler

Image: zello.one

Kayak pernah lihat tangga ini? Yang udah nonton film Joker pasti tahu…

Inilah Bronx Staircase, lokasi syuting film Joker yang viral dan mendadak jadi destinasi traveling. Dari anak tangga biasa, sekarang hits dengan sebutan Joker Stairs. Seru lhooo di sana para wisatawan berfoto menirukan pose Joker hingga ada yang ikut menari juga. Namun saking ramenya, harus antre kalau mau foto.

Oh iya, keberadaan Joker Stairs punya dampak positif juga lho. Dulu daerah ini jarang didatangi turis dan reputasinya kurang baik. Sekarang, berkat Joker banyak yang penasaran dan mengunjungi area tersebut.

***

Sebenarnya masih banyaaaak lokasi syuting yang jadi destinasi traveling tapi empat tempat di atas yang paling menarik buat Chelsi. Kalau Teman VAN punya lokasi syuting film favorit yang pengin bangetttt didatengin, boleh lho kasih share ke Chelsi. Siapa tau bisa masuk bucket list jalan-jalan 2020 Chelsi 😃