8 Festival Pariwisata Wajib Dikunjungi Tahun 2018

Sebelum Ganti Tahun, Ini 8 Festival Pariwisata Wajib Dikunjungi Tahun 2018

Pergantian tahun kurang dua bulan lagi nih Teman VAN, udah ada rencana mau kemana? Sebelum tahun berganti, tentunya kita pengin menutup tahun dengan liburan yang seru dan berkesan. Bahkan jika perlu menciptakan pengalaman baru dengan hal-hal yang belum pernah dilakukan.

Nah coba deh Teman VAN liburan sambil mengunjungi festival pariwisata. Dengan datang ke festival pariwisata, Teman VAN bisa lebih mengenal daerah itu lho baik alam, budaya, seni, hingga orang-orangnya.

Di penghujung tahun 2018 ini, masih ada banyak festival yang seru. Berikut ini Chelsi rekomendasikan 8 festival pariwisata yang wajib Teman VAN kunjungi.

1. Festival Tanjung Kelayang, 15-19 November 2018

Festival Pariwisata Tanjung Kelayang, 15-19 November 2018

Image: cdn2.tstatic.net

Festival ini diselenggarakan untuk memopulerkan Tanjung Kelayang sebagai ikon Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Provinsi Bangka Belitung. Festival ini akan dimeriahkan dengan 10 kegiatan pendukung, beberapa diantaranya festival kuliner hasil laut, festival layang-layang hingga Bangka Belitung Fashion Carnaval.

Selain menikmati kemeriahan acara, Teman VAN juga dimanjakan oleh keindahan tropis Tanjung Kelayang dengan pantai pasir putih, laut yang bersih hingga batu-batuan besar yang menghiasi pantai.

2. Ya’ahowu Nias Festival, 16-20 November 2018

Ya’ahowu Nias

Image: photo.kontan.co.id

Di bulan November ini, Teman VAN juga bisa mendatangi Ya’ahowu Nias Festival di Gunungsitoli, Pulau Nias, Sumatera Utara. Selama festival berlangsung, Teman VAN bisa melihat pagelaran seni dan tradisi budaya menarik dari seluruh Pulau Nias. Ada tiga tradisi adat unik yang paling ditunggu oleh wisatawan lho yaitu Fahombo atau Hombo Batu (lompat batu khas Nias), tari perang Fataele Nias, dan Ya’ahowu Nias Parade.

[Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Sejarah yang Membuatmu Makin Cinta Indonesia]

3. Jogja International Heritage Walk, 17-18 November 2018

Jogja International Heritage Walk

Image: services.lampungpro.id

Di acara ini, Teman VAN bisa ikut berpartisipasi langsung yaitu dengan berjalan kaki sambil mengenal kebudayaan dan lingkungan sekitar. Saat acara berlangsung, Teman VAN juga diajak menikmati keindahan Candi Prambanan dan Imogiri yang eksotis. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, banyak juga lho turis internasional yang ikut acara ini. Menarik kan?

4. Gorontalo Karnaval Karawo, 20-25 November 2018

Gorontalo Karnaval Karawo

Image: radargorontalo.com

Jika Teman VAN pecinta kain tradisional maka wajib datang ke festival ini. Gorontalo Karnaval Karawo akan menyajikan berbagai kegiatan dan pertunjukan yang menampilkan kain khas Gorontalo bernama Karawo. Acara yang paling ditunggu adalah Karawo Fashion Festival di mana wisatawan bisa melihat langsung kreasi kain Karawo yang dibawakan oleh para model.

5. Festival Budaya Cirebon, 21-28 November 2018

Festival Pariwisata - Festival Budaya Cirebon

Image: westjavatourismboard.info

Kalau festival yang lain terlalu jauh, Teman VAN bisa datang ke Festival Budaya Cirebon saja. Festival ini mengusung tema “kerata pakasi naga lima” yang merupakan simbol kerajaan Cirebon. Karena serba tradisional maka di sana pun akan menyajikan seni tradisional khas Cirebon lho seperti tari angklung bungko, wayang wong, fashion lokal, kuliner dan masih banyak lagi.

6. Festival Budaya Minangkabau, 28 November-2 Desember 2018

Festival Budaya Minangkabau

Image: picture.triptrus.com

Teman VAN pengin ke Minangkabau? Ke sana pas Festival Budaya Minangkabau aja biar makin seru. Karena di event tersebut akan ada banyak kegiatan yang menarik seperti pagelaran budaya dari kabupaten /kota di Sumatera Barat, pawai budaya Minangkabau, pameran benda-benda pusaka, fashion show, pacu jawi dan masih banyak lagi. Jadi siapa yang mau ke sana bareng Chelsi?

7. Festival Danau Toba, 5-8 Desember 2018

Danau Toba

Image: cdn.idntimes.com

Sebelumnya, Festival Danau Toba dikenal dengan Pesta Danau Toba yang sudah rutin diselenggarakan sejak tahun 1980. Barulah di tahun 2011 berganti nama dan lokasi pelaksanaannya pun bergantian di kabupaten kawasan Danau Toba. Untuk tahun ini, festival akan digelar di Kabupaten Dairi.

Teman VAN bisa menyaksikan beragam event budaya, pariwisata, dan olahraga di Festival Danau Toba ini. Seluruh kegiatan tersebut akan dipusatkan di sepanjang Pantai Tao Silalahi.

8. Batam International Culture Carnival, 8-9 Desember 2018

Batam International Culture Carnival

Image: asset.kompas.com

Batam International Culture Carnival adalah festival budaya berskala internasional yang jadi bagian dari ulang tahun Batam. Karena ingin menargetkan Batam semakin dikenal oleh wisatawan asing, maka festival ini digelar dengan meriah dan kental oleh budaya Batam serta Indonesia. Di sana Teman VAN bisa melihat berbagai macam pertunjukan seni budaya tradisional dan modern serta wisata kuliner khas Nusantara.

[Baca Juga: Bung Ayo Bung, Join VAN Experience Bung!]

Nah, itulah delapan festival pariwisata yang bisa Teman VAN kunjungi untuk liburan akhir tahun ini. Yuk tentukan dulu mau ke festival yang mana, setelah itu mulai rencanakan perjalananmu. Untuk keperluan tiket pesawat, Teman VAN tidak perlu khawatir karena Chelsi punya promo spesial lho. Simak beberapa promo di bawah ini ya.

-Air Asia Virtual Travel Fair Diskon Hingga 20%

Yuk terbang hemat hingga 20% dengan Air Asia! Promo ini bisa berlaku untuk penerbangan domestik dan internasional lho. Jadi bisa Teman VAN gunakan untuk datang ke festival pariwisata. Untuk info selengkapnya, baca di sini ya.

-Special Discount 5% untuk Issued Ticket Citilink

Chelsi juga punya harga diskon untuk maskapai Citilink lho. Ya, dengan issued tiketnya di sistem  Voltras Agent Network, Teman VAN dapat diskon spesial sebesar 5%.

-Mau promo lain?

Dua promo di atas masih kurang? Chelsi punya banya promo kok. Teman VAN bisa update promo terbaru dari Chelsi di laman ini ya. Klik di sini.