Bikin Liburan Makin Berkesan Dengan 4 Cara Ini

Liburan jadi hal yang paaalingdinantikan. Setelah kerja terus-terusan, kita juga butuh liburan dong. Apalagiliburan punya dampak positif lho terhadap kesehatan, kebahagiaan, kreativitas,hingga produktivitas kerja. Chelsi nggak ngarang ini, udah ada banyaaakpenelitiannya kok.

“We travel not to escape life, but for life not to escape us.”

Anonymous

Karena liburan itu sesuatu yangberharga dan nggak tiap hari, jadi nggak boleh disia-siain. Jangan mau rugi!Gimana caranya liburan harus berkesan dan kita bisa dapat efek positif yangtadi udah Chelsi sebut. Nah gimana caranya tuuuuh?

Tiap orang tentu beda-beda tapi kalauChelsi selalu ampuh dengan empat cara di bawah ini. Baca dulu yuk siapa tahubisa Teman VAN lakukin pas liburan nanti.

Nikmati Momen Saat Ini

liburan makin berkesan
Image: flipkey.com

Kunci penting bikin liburanberkesan nih, menikmati setiap momen dengan mindful.Lupakan dulu pekerjaan, log out mediasosial, dan gunakan smartphone secukupnya.Intinya sih hindari dulu distraksi karena liburan ini lebih berharga.

Waktunya lihat indahnya pemandangan langsung bukan lewat lensa kamera, hirup udara segar di pagi hari buat memanjakan paru-paru, dan bersantai mengusir stres. Oh iya supaya bisa menikmati momen ini pastikan jadwal jalan-jalannya nggak terlalu padat ya biar nggak buru-buru ?

Baca juga: Musim Hujan Tetap Bisa Liburan, Ini Jenis Wisata yang Tepat

Jawab Rasa Penasaran

liburan makin berkesan
Image: outerbanks.org

Hmm bahkan bisa dibilang yang bikinkita berangkat liburan itu juga rasa penasaran, pengin tahu di sana adakeseruan apa.

Setelah penasaran, siap menemukanbanyak hal menarik? Yeaaaaah….

 “When you’re curious you find lots of interesting things to do.”

Walt Disney

Kepoin apa aja yang bikin penasaranmisalnya soal kuliner, wisata, atraksi, oleh-oleh, dan hal-hal unik lainnya. Janganberhenti di-kepo aja tapi jadiin rasa penasaran itu sebagai amunisi untukmengisi kegiatan liburan. Lakuin yang bener-bener bikin penasaran biar nantinyanggak nyesel dan justru liburan makin berkesan.

Berinteraksi Dengan Sekitar

Image: lonelyplanet.com

Kalau mau liburannya makinberkesan, kita nggak boleh cuek pada sekitar. Coba yuk berinteraksi dengan traveler lain dan masyarakat sekitar.Bahkan ini bisa jadi cara nemuin hiddengems di kota itu lho.

Sebagai bentuk interaksi dengansekitar, jangan ragu buat naik transportasi umum, datang ke pasar tradisional,makan di warung lokal, atau beli oleh-oleh hasil kerajinan tangan.

Pilih Hotel yang Unik

Image: myoki.in

Cara terakhir dari Chelsi biar liburan makin berkesan, menyenangkan, dan nyaman adalaaaaah pilih hotel yang unik. Misalnya hotel yang Instagramable, hotel yang konsepnya kental budaya setempat, arsitekturnya keren, punya fasilitas yang nggak biasa, menawarkan pemandangan yang disuka, sampai konsep glamping. Kita bisa cari hotelnya di VAN karena banyak opsi dan harganya lebih bersahabat. Nanti tinggal pilih yang paling ‘kita banget’ ?

Hotel masa kini itu emang bukansekadar tempat buat tidur tapi ngasih experienceyang bikin liburan makin memorable.Setuju?

***

Terapkan empat cara di atas dan liburanmu bakal beda. Teman VAN akan ngerasa lebih santai, dapat pengalaman baru, happy, dan tentunya liburan makin berkesan. Mau dapat semua efek baik itu? Yuk rencanakan liburanmu selanjutnya.

Baca juga: 5 Hal Tentang Packing yang Wajib Traveler Ketahui