Posts

4 Kota Tujuan Mudik Terfavorit Dengan Kereta Api Lebaran

Kereta Api Lebaran jadi salah satu transportasi yang paling diburu untuk mudik. Selain harga tiketnya relatif murah, mudik naik kereta juga udah pasti aman dan nyaman. Pihak Kereta Api Indonesia pun pengertian banget Teman VAN, soalnya tahun ini jumlah Kereta Api Lebaran diperbanyak. Yeaaay! Ada peningkatan 3% jadi 406 kereta api, kapasitas seat udah pasti ikutan naik yaitu 5% (247.010). Jadi, siapa yang mau mudik naik kereta?

Nah buat Teman VAN yang mau mudik naik kereta, mending langsung pesen tiketnya dari sekarang. Karena penjualan tiket Kereta Api Lebaran udah dibukaaaa di sistem VAN. Pastikan pesan di H-90 keberangkatan ya… biar gampang langsung kepoin jadwal pemesanannya di sini.

[Baca ini juga ya: Tiket Aman, Mudik Tenang. Beli Tiket KAI Sekarang!]

Untuk dapat tiket Kereta Api Lebaran, Teman VAN emang harus gercep alias gerak cepat. Apalagi kalau tujuan mudikmu ke empat kota ini soalnya termasuk tujuan favorit lho. Kota mana saja itu? Chelsi jabarkan satu per satu yaa.

1. Yogyakarta

4 Kota Tujuan Mudik Terfavorit Dengan Kereta Api Lebaran

Image: keretaanakbangsa.com

Pulang ke kotamu

Ada setangkup haru dalam rindu~

Siapa yang bacanya sambil nyanyiii?

Jogja itu emang ngangenin yaaa. Ternyata kota istimewa ini pun jadi salah satu tujuan mudik favorit lho. Entah memang banyak yang merantau ke ibu kota, ingin berkunjung ke rumah kakek-nenek, atau mau lebaran aja di Jogja biar bisa langsung liburan.

Tak jarang, pemudik yang tinggal di sekitar Jogja seperti Magelang, Purworejo, dan Klaten pun memilih naik Kereta Api Lebaran ke Kota Gudeg ini. Tujuannya adalah biar sekalian belanja baju lebaran atau oleh-oleh di Malioboro atau Pasar Beringharjo. Bener nggak nih?

2. Purwokerto

4 Kota Tujuan Mudik Terfavorit Dengan Kereta Api Lebaran

Image: instagram.com

Dari tahun ke tahun, penumpang KA Lebaran ke Purwokerto, Jawa Tengah makin meningkat lho. Kota yang letaknya di tengah-tengah Pulau Jawa ini memang punya akses yang cukup terbatas yaitu jalur darat saja. Jadi… pantas aja kereta jadi salah satu yang diburu.

Faktor lainnya adalah banyak orang Purwokerto yang bekerja, sekolah, atau sudah pindah ke kota lain. Lebaran pun jadi momen yang menyenangkan untuk pulang dan merayakan Idul Fitri bersama sanak saudara.

3. Semarang

4 Kota Tujuan Mudik Terfavorit Dengan Kereta Api Lebaran

Image: blogspot.com

Teman VAN termasuk yang mudik ke Semarang? Meski perjalanan mudik lewat jalur Pantai Utara (Pantura) sudah lebih cepat dan nyaman, nyatanya banyak orang yang tetap memilih kereta lho.

Waaaah… saran Chelsi, siap-siap berburu tiket ya. Karena, kota Semarang juga jadi salah satu kota tujuan mudik favorit yang berarti tiket Kereta Api Lebaran ke sana juga paling cepat habis.

4. Surabaya

4 Kota Tujuan Mudik Terfavorit Dengan Kereta Api Lebaran

Image: wikimedia.org

Selain Jawa Tengah, kota-kota di Jawa Timur juga banyak yang jadi tujuan pemudik. Salah satu yang tiket Kereta Api Lebarannya paling laris adalah Surabaya. Meski sebenarnya Surabaya ini termasuk kota besar tapi ternyata banyak juga penduduknya yang tinggal di luar kota.

[Baca ini juga ya: Tambah Tabungan, Manfaatkan Hobi Travelling untuk Kerja Sampingan]

Jadi kalau Teman VAN mau mudik ke Surabaya dan mau naik kereta, udah harus menentukan nih mau pulang tanggal berapa. Supaya bisa beli tiket on time biar nggak kehabisan.

***

Nah itulah empat kota tujuan mudik yang jadi favorit. Kalau kampung halamanmu ada di list itu, harus siap-siap beli tiketnya di sistem VAN pas jadwal pemesannya dibuka. Bahkan kalau perlu dibela-belain begadang deh biar kebagian~

Selamat berburu tiket mudik, Teman VAN. Biar tiket aman, mudik tenang!