Daftar Festival Musim Panas di Jepang

Musim panas di Jepang selalu identik dengan berbagai macam festival dan kembang apinya,  dan saat ini di Jepang sedang dimulainya musim panas. Nah, buat teman VAN yang berencana berlibur ke Jepang,  simak daftar festival musim panas di Jepang yang wajib di lihat saat  berkunjung ke Jepang dan juga tentunya bisa menambah wawasan pengetahuan lho.

  • Festival Tanabata

https://www.japanbyweb.com

Festival Tanabata diadakan di banyak tempat di Jepang pada awal Juli atau Agustus, tergantung wilayahnya. Festival Tanabata ini termasuk Festival Sendai Tanabata (diadakan bulan Agustus di Perfektur Miyagi) yang dikenal memiliki dekorasi yang sangat indah, lalu juga ada Festival Tanabata Edoro (diadakan bulan Agustus di Perfektur Akita) dimana terdapat ratusan lukisan ukiyo-e (lukisan dari ukiran kayu atau teknik cukil kayu) dan lukisan warna-warni wanita cantik menghiasi langit malam.

Tanabata menjadi salah satu acara yang unik di Jepang. Acara ini merupakan perpaduan antara acara kekaisaran dan legenda bintang dari Cina. Acara ini didasari oleh legenda romantis di mana sepasang suami istri, yaitu Hikoboshi dan Orihime (※1), dipisahkan oleh Dewa dan diizinkan bertemu hanya sekali dalam setahun, yaitu pada tanggal 7 Juli dengan menyeberangi Milky Way (※2) (Bimasakti) di langit.

  • Festival Gion

https://ohmatsuri.com

Festival Gion  diadakan selama satu bulan yang dimulai pada tanggal 1 Juli setiap tahunnya dan dikenal sebagai festival yang menjadi ciri khas Jepang. Ciri istimewa dari festival ini adalah Yamaboko-Junko (perjalanan festival apung) yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda. Terdapat 2 prosesi yang diadakan terpisah yaitu, Saki-matsuri pada tanggal 17 dan Ato-matsuri pada tanggal 24, dimana 23 yamaboko diarak keliling kota Kyoto saat Saki-matsuri dan 10 yamaboko saat Ato-matsuri. Yamaboko merupakan dekorasi-dekorasi yang diletakan di atas kapal apung dan diarak selama festival kuil.

 

  • Festival Kembang Api Sumidagawa

https://imgcp.aacdn.jp

 

Festival Kembang Api Sumida adalah yang paling dikenal di Jepang. Hari Sabtu terakhir di bulan Juli setiap tahunnya, Asakusa Tokyo dan sepanjang sungai Sumida yang lokasinya dekat dengan area Mukojima (pulau di kepulauan Ogasawara yang merupakan salah satu daerah wisata terkenal di Jepang) akan penuh dengan pengunjung. Mulai jam 19.00 dan berakhir dalam satu jam 30 menit ke depan, festival ini terbagi di dua area, area ke-1 (dari hilir Jembatan Sakura ke hulu Jembatan Kototoi) dan area ke-2 (dari hilir Jembatan Komagata ke hulu Jembatan Umaya). Teman VAN dapat melihat kembang api-kembang api luar biasa pada area ke-2 karena di sana diadakan kompetisi kembang api kreatif tahunan.

  • Festival Akita Kanto Matsuri 

https://c1.staticflickr.com

Festival Akita Kanto Matsuri adalah  salah satu dari tiga festival terbesar Jepang utara yang diadakan tanggal 3-6 Agustus, mulai jam 7 malam di kota Akita. Yang menjadi ciri khasnya adalah 46 lentera yang dipasang pada kerangka besar yang dibuat dari batang-batang bambu (kanto) setinggi 12 meter. Para pembawa kanto ini menunjukkan kepiawaian mereka menjaga keseimbangan, meletakkan kanto di telapak tangan, dahi, bahu, atau pinggang. Setiap kanto bermotif khusus, biasanya melambangkan panjang umur dan panen berlimpah.

  • O-Bon

https://www.festivalsherpa.comhttps://www.festivalsherpa.com

O-Bon merupakan peristiwa keagamaan Budhis dimana setiap keluarga di Jepang menyiapkan segala sesuatu untuk menyambut datangnya arwah para leluhur yang tinggal untuk beberapa hari lamanya di rumah mereka. Sejumlah penerangan api yang dipasang di sekitar rumah merupakan sambutan selamat datang. Selama masa O-bon, keluarga meletakkan sesajen buah-buahan dll, di meja sajen. Di beberapa daerah juga, dilakukan tarian massal O-bon dengan iringan sejumlah instrumen musik tradisional seperti tambur taiko, sruling, dll dengan irama yang dinamis. Sebagai penutup perayaan, dilakukan pelarungan lentera-lentera kecil berwarna-warni di sungai terdekat secara beramai-ramai.

Wah, sungguh menarik sekali ya jika liburan ke Jepang saat musim panas. Chelsi jadi ingin liburan ke Jepang nih, kira-kira harga tiket ke Jepang berapa ya? Coba Chelsi cek di website travelagent.co.id karena biasanya ada banyak promo tiket untuk penerbangan keluar negeri termasuk ke Jepang. Teman VAN yang mau liburan ke Jepang, coba deh cek tiketnya di VAN. Yuk mumpung masih ada waktu, segera booking tiketnya dari sekarang ya! Have a nice holiday!