wisata banyuwangi

Banyuwangi Resmi Jadi Kawasan Seribu Festival

Banyuwangi Festival (B-Fest 2017) menghadirkan potensi wisata Banyuwangi mulai seni dan budaya, kekayaan alam, dan kreativitas rakyat.

Banyuwangi baru saja diresmikan sebagai kawasan Seribu Festival dengan meluncurkan kelender event sepanjang tahun 2017. Kalender Seribu Festival dikemas dalam Banyuwangi Festival 2017 (B-Fest). Ada 72 festival yang akan diselenggarakan di Banyuwangi sepanjang tahun 2017.

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang hadir dalam peluncuran kalender festival tersebut meyakini, beragam event ini akan menjadi magnet baru bagi wisata Banyuwangi. Jumlah wisatawan bisa bertambah dengan adanya festival ini. Meningkatnya kunjungan wisatawan juga ditunjang oleh akses transportasi udara (selain transportasi lewat darat bus dan kereta api maupun melalui jalur laut) yang baik.

Sejak ada penerbangan langsung Surabaya-Banyuwangi dan Denpasar-Banyuwangi pada 2014, kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri melonjak tajam. Penyelenggaraan Banyuwangi Festival tidak hanya untuk mempromosikan wisata Banyuwangi, namun juga untuk memaksimalkan potensi daerah dan memberikan semangat ke masyarakat untuk bersama-sama membangun daerah serta sebagai wadah dalam menampung potensi kreativitas anak muda.

B-Fest hadirkan tiap tahun ibarat rangkuman bagi segenap potensi wisata Banyuwangi, mulai seni dan budaya, kekayaan alam, dan kreativitas rakyat. Itu termasuk event dan kreasi baru juga akan disajikan. Tahun ini bakal lebih kaya kandungan budaya dan potensi kreativitas masyarakat.

Rangkaian Event B-Fest 2017

Dari 72 gelaran event B-Fest 2017 akan disajikan event besar yang telah menjadi ikon daerah. Event-event itu di antaranya:

  • Festival Sastra (26-30 April)
  • Festival Bambu (12-13 Mei)
  • Festival Teknologi Inovatif (19-22 Juli)
  • Banyuwangi Beach Jazz Festival (2 September)
  • Internasional Tour de Banyuwangi Ijen (27-30 September)
  • Jazz Ijen (6-7 Oktober)
  • Festival Gandrung Sewu (8 Oktober)
  • Banyuwangi Ethno Carnival (11 November)

Event Banyuwangi Sail Yacht dan Festival Bambu akan menjadi magnet baru bagi pengunjung tempat wisata Banyuwangi. Tahun ini juga digelar event baru, yaitu Festival Sastra dan Festival Teknologi Inovatif. Tujuannya tak lain untuk merangsang minat anak muda pada sastra dan inovasi teknologi.

“Kalau difestivalkan, tumbuh perhatian pada dua bidang tersebut,” kata Anas. So, buat kalian yang ingin mengikuti wisata rangkaian Seribu Festival Banyuwangi, tidak perlu khawatir meski hanya memiliki waktu libur sebentar. Kalian bisa menghemat waktu perjalanan dengan menggunakan moda transportasi udara karena sudah tersedia rute menuju Banyuwangi. Untuk mencari tiket murah, kalian bisa cari di website bisnis tiket online. 🙂