couplepreneur

Mau Jadi Couplepreneur? Ini Hal-Hal yang Wajib Teman VAN Tahu

Dari partner hidup jadi partner bisnis, itulah couplepreneur. Hayooo siapa yang langsung kepikiran ngajakin pasangan buat bisnis bareng? Sebelum melangkah jauh, ada hal-hal yang wajib Teman VAN tahu.

Yuk simak!

Bisnis Bareng Pasangan, Kenapa Nggak?

Image: copreneurcpr.com

Cari partner bisnis itu emang susah dan nggak bisa asal. Tanpa pertimbangan yang matang, bisa-bisa bisnis pecah padahal baru jalan sebentar.

Di fase mencari itu, kenapa enggak coba melirik orang terdekat yaitu pasangan sendiri? Ini bisa jadi ide bagus! Ada syaratnya nih tapi… yaitu sama-sama tertarik untuk memulai bisnis, mau belajar, dan punya kemampuan.

Chemistry Terjalin, Bisnis Berjalan

Image: vz.ae

Sebagai pasangan tentu chemistry udah terjalin dooong, salah satu kelebihan couplepreneur nih. Karakterisitik masing-masing juga pasti udah tahu. Lebih dalam lagi supaya bisnis bisa jalan harus ngobrolin visi-misi. Ini bagian penting karena benar-benar menentukan apakah satu tujuan dan satu hati buat membangun bisnis bersama.

Baca juga: Jaga Semangat Bisnis, Praktikkan 5 Cara Chelsi Ini

Selain itu harus mau blak-blakan soal kemampuan yang dipunya, kelebihannya apa dan kekurangannya apa. Dengan begitu Teman VAN dan pasangan bisa saling melengkapi.

Pembagian Peran yang Jelas

Image: copreneurcpr.com

Bisnis bareng sih tapi bukan berarti perannya bias dan porsi kerjanya bikin bingung. Apalagi kalau ujungnya hanya mengandalkan satu orang untuk semua urusan. Wadaaaw!

Untuk itu, setelah saling tahu kelebihan dan kekurangan, couplepreneur perlu membagi peran yang jelas dalam menjalankan bisnis. Apa tugas Teman VAN dan apa tugas pasangan. Kalau udah terbagi gini, belajar saling percaya dan bertanggung jawab.

Eitssss jangan salah tangkap maksud Chelsi ya. Dengan peran yang jelas bukan berarti jalan sendiri-sendiri lhooo. Kalau ada kesulitan, komunikasi dan diskusi harus dilakukan. Saling memantau juga yaaa.

Profesionalitas Kunci Couplepreneur Sukses

Image: tandem-partners.com

Kunci sukses couplepreneur itu profesionalitas. Teman VAN harus bisa memisahkan urusan pribadi dan bisnis. Kalau ada konflik di relationship jangan sampai merembet ke bisnis. Nah kalau couplepreneur suami-istri nih, soal keuangan juga harus benar-benar dipisah dengan keuangan keluarga. Jadi bisa tahu deh pemasukan dan pengeluaran bisnis seberapa banyak.

Jika bisnis sudah berjalan beberapa tahun dan punya prospek yang bagus, Teman VAN bisa mengembangkannya dengan merekrut team. Makin profesional dengan manajemen yang baik 😉

***

Couplepreneur mungkin nggak cocok untuk semua orang tapi jika Teman VAN ingin mencobanya pembahasan di atas bisa dipahami dan diterapkan sebaik-baiknya. Jika fondasinya kuat, bisnis bisa dijalankan kok.

Siap jadi couplepreneur? Atau justru lagi stuck di pemikiran ‘mau bisnis apa’? Sebagai bahan diskusi bareng pasangan, Chelsi kasih ide bisnis yang menarik nih yaitu bisnis travel agent bareng VAN. Kepoin aja duluuuu di sini.

Baca juga: Apakah Bisnis Travel Agent Menguntungkan? Ini Faktanya