Tips Agar Tetap Produktif Saat Harus WFH

Hallo Teman VAN,

Bekerja dari rumah atau yang dikenal dengan istilah work from home (WFH), sedang banyak dilakukan perusahaan untuk meminimalisir diri agar tidak terpapar virus corona.

Mungkin sebagian dari Teman VAN juga sedang menerapkannya?

Okeey, bekerja dari rumah bisa sama produktifnya bahkan lebih baik dari bekerja di kantor, apabila Teman VAN mampu menerapkan hal-hal di bawah ini. Apa saja ituu?

Simak tips singkat dari Chelsi ini yuks!

1. Jalani rutinitas pagi seperti yang biasa Teman VAN lakukan.

Sama halnya seperti Teman VAN akan berangkat ke tempat kerja. Saat work from home, Teman VAN harus tetap menjalakan rutinitas pagi yang biasa dilakukan. Seperti merapikan kasur, mandi, ganti baju dan sarapan.

Waktu pagi Teman VAN juga akan terasa lebih lama karena tidak perlu melakukan perjalanan ke kantor. Alhasil, Teman VAN bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk berolahraga, jalan-jalan sehat, berjemur atau menikmati udara pagi sambil menyeruput segelas kopi.  

2. Pilih lokasi strategis dan persiapkan meja kerja yang nyaman.

Enaknya bekerja dari rumah, Teman VAN bisa memilih lokasi strategis untuk bekerja. Misalnya meja yang dekat dengan jendala, banyak udara masuk, pojok ruangan yang tidak dilewati anggota keluarga atau di pekarangan rumah sambil melihat yang hijau-hijau.

Lalu persiapkan pula meja kerja khusus. Teman VAN bisa membuat meja kerja menjadi senyaman mungkin. Dengan kursi empuk, dekat dengan stop kontak dan pastikan semua fasilitas kerja yang Teman VAN butuhkan tersedia dan mudah dijangkau.

3. Manage waktu kerja dengan tetap punya jam kerja reguler.

Agar Teman VAN bisa menciptakan suasana kerja yang kondusif saat WFH. Mulailah dengan menerapkan jam kerja yang sama ketika berada di kantor.

Teman VAN bisa mengatur waktu kapan harus memulai bekerja, istirahat dan selesaikan pekerjaan sebelum jam pulang. Dengan menjaga jam kerja, Teman VAN bisa mempertahankan konsistensi dan juga fokus dalam menyelesaikan pekerjaan.

4. Sering berkomunikasi dengan rekan kerja atau tim.

Meski bekerja dari rumah, Teman VAN harus lebih sering berkomunikasi dengan rekan kerja. Selalu stand by dan aktif merespon.

Teman VAN juga bisa menjadwalkan online meeting melalui platform digital atau menggunakan aplikasi kolaborasi untuk menentukan target bekerja. Agar komunikasi antar tim tetap berjalan efektif.

5. Tentukan waktu untuk beristirahat.

Jangan lupa untuk menetapkan jam istirahat saat bekerja di rumah ya Teman VAN. Jangan sampai waktu makan terlewat atau malah keasyikan bersantai.

Teman VAN juga bisa melakukan istirahat selama 10 menit setiap dua jam bekerja. Dengan meregangkan otot, merelaksasi tubuh dan mencerahkan kembali pikiran.

6. Komunikasikan dengan keluarga.

Saat Teman VAN harus WFH, pastikan kalau Teman VAN sudah memberitahu keluarga. Karena tidak semua orang paham konsep bekerja dari rumah.

Katakan kepada orang rumah kapan saat-saat tidak bisa diganggu. Berikan pengertian dan kegiatan untuk anak-anak agar mereka juga punya kesibukan saat Teman VAN harus menyelesaikan pekerjaan.

7. Rencanakan to-do-list untuk hari esok.

Terakhir dari Chelsi, rencanakan apa yang akan Teman VAN kerjakan untuk besok hari. Karena saat tidak bisa ke kantor, tak jarang membuat Teman VAN bingung dan lupa dengan hal yang harus diselesaikan.

Buatlah list atau daftar pekerjaan yang mana harus menjadi skala prioritas. Mana tugas yang harus selesai lebih dulu dan tugas yang bisa dikerjakan belakangan. Supaya ritme kerja lebih teratur dan Teman VAN bisa cepat menyelesaikan pekerjaan.

***

Itulah tips agar tetap bisa produktif selama work from home. Dan satu hal lagi, selama Teman VAN melakukan WFH ingatlah rasa tanggung jawab atas pekerjaan Teman VAN.


Salam Sukses,

Chelsi.