Posts

5 Kuliner Indonesia yang Terkenal Lezat Hingga Go International

Kuliner Indonesia adalah salah satu kekayaan yang patut dibanggakan. Pakar kuliner senior Prof Dr Ir Murdijati Gardjito membuktikan kalau kuliner Indonesia ada 3.529. Angka itu masih bisa bertambah karena banyak kuliner yang belum diketahui namanya. Wah, banyak bangetttt ya.

Ada satu hal yang lebih membanggakan lagi lho, Teman VAN. Beberapa kuliner Indonesia berhasil ‘go international’! Kelezatannya diakui duniaaaa. Yeay!

Kalau Jepang punya Sushi, Thailand punya Tom Yum, atau Korea dengan Kimchi maka Indonesia punya 5 kuliner ini:

1. Rendang

kuliner Indonesia
Image: friedchillies.com

Kuliner khas Minangkabau, Sumatera Barat ini dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia versi CNN tahun 2017. Lebih dari 35 ribu orang berpartisipasi dalam survei CNN tersebut dan Rendang mendapat suara terbanyak.

Ternyata, “rendang” berasal dari kata “marandang” yang berarti secara lambat. Ini merujuk proses memasak rendang yang butuh waktu lama, biar citarasanya maksimal dengan rempah-rempah yang kuat dan tekstur daging yang kering. Jadi sebenarnya rendang itu teknik memasak lho, bukan nama makanan.

Nah soal daging, dulu masyarakat Minangkabau memakai daging kerbau sebagai bahan utama. Namun sekarang, rendang daging sapi yang paling sering dijumpai.

2. Nasi Goreng

kuliner Indonesia
Image: i0.wp.com

Siapa yang suka nasi goreng?

Pasti banyak yang sukaaa… apalagi nasi goreng itu mudah ditemui mulai dari gerobak pinggir jalan sampai restoran mewah. Meski bukan asli Indonesia, nasi goreng versi negara kita ini terkenal lezat dan mendunia lho. Mantan Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama aja suka!

Baca juga ya: Mau Liburan ke Eropa? Pertimbangkan Buat ke 3 Kota Favorit Chelsi Ini

Kuliner Indonesia ini akan makin nikmat jika dimasak dengan bahan tambahan seperti ikan teri, ayam, daging sapi, daging kambing, petai, sosis, atau udang. Setelah itu disajikan dengan telur dadar atau ceplok, kerupuk, dan acar. Aduuuuh bikin laper ya.

3. Sate

kuliner Indonesia
Image: suratkabar.id

Kuliner Indonesia yang “go international’ selanjutnya adalah sate. Setiap daerah di Indonesia punya olahan sate yang khas lho. Jenis daging, cara mengolah, serta bumbunya yang beda bikin kuliner ini makin unik dan menarik. Beberapa jenis sate yang populer yaitu Sate Ayam Madura, Sate Lilit Bali, Sate Maranggi, Sate Padang, dan masih banyak lagi. Kalau Teman VAN paling suka sate apa nih?

Oh iya, sate itu salah satu kuliner asli Indonesia lho. Di sekitar abad 19, masyarakat terinspirasi daging kebab yang dikenalkan oleh pedagang Timur Tengah. Jika dulu daging hanya diolah dengan direbus, masyarakat pun mencoba mengolahnya dengan ditusuk dan dibakar. Kini, kuliner itu pun diakui dunia dan jadi kuliner terenak peringkat ke-14 versi CNN Travel 2017.

4. Gado-Gado

kuliner Indonesia
Image: veroathome.com

Sehat dan enak adalah dua kata yang menggambarkan kuliner Indonesia ini. Yap, gado-gado! Makanan yang satu ini juga udah terkenal di kancah internasional lho biasanya disebut salad dari Indonesia. Restoran Indonesia yang berada di luar negeri pun biasanya menyajikan menu ini.

Gado-gado bisa dibilang kuliner yang kaya. Soalnya terdiri dari sayur segar dan lauk yang beragam. Belum lagi bumbu kacangnya yang gurih, manis, serta sedikit pedas. Cocok nih buat makan siang nanti 😆

Baca juga: 7 Fakta Pariwisata Indonesia di Mata Dunia

5. Soto

kuliner Indonesia
Image: kateringnonmsg.com

Kuliner Indonesia lezat yang ‘go international’ terakhir ada soto! Siapa yang langsung kebayang segernya? Kuliner berupa hidangan berkuah dari kaldu daging dan sayuran ini emang favorit banyak orang termasuk masyarakat dunia. Bahkan soto juga cukup terkenal di Jepang lho.

Hingga kini tercatat Indonesia punya 72 macam ragam soto yang tersebar di berbagai wilayah  Indonesia. Iya, setiap daerah punya ciri khas soto yang berbeda. Biasanya cita rasa rempah-rempah yang membedakannya. Meski begitu, sajian soto selalu enak buat disantap.

Menariknya lagi, Kementerian Pariwisata juga mengangkat soto sebagai national food lho. Ini sebagai bentuk promosi supaya pariwisata Indonesia makin dilirik banyak turis. Dari lidah turun ke hati gitu ya, Teman VAN.

***

Gimana, Teman VAN lezat-lezat kan kuliner di atas? Kelezatannya udah berhasil ‘go international’ lho. Chelsi harap ke depannya makin banyak kuliner yang dikenal dan disukai masyarakat dunia juga. Kalau Teman VAN punya kesempatanl, kenalin kuliner Nusantara ke teman-teman dari negara lain ya.

Selain Gantungan Kunci, Ini 5 Barang yang Cocok untuk Oleh-Oleh

Lagi cari referensi oleh-oleh untuk orang terdekat?

Pulang liburan tapi nggak bawa oleh-oleh untuk orang terdekat memang kurang lengkap ya. Penginnya cari barang yang simpel, berkesan, dan bisa mencerminkan kota atau negara yang baru saja dikunjungi. Teman VAN cari yang begitu juga? Udaaaah, nggak usah bingung Chelsi akan kasih ide 5 barang yang cocok untuk oleh-oleh.

Oh iya, lima barang yang akan Chelsi rekomendasikan selain gantungan kunci ya. Souvenir satu itu memang biasanya paling sering dijadikan oleh-oleh dan mungkin Teman VAN juga kepikiran untuk membelinya juga. Oleh karena itu, Chelsi akan kasih ide barang lain yang lebih menarik dan berkesan. Apa saja yaaa? Yuk simak tulisan Chelsi ini.

1.Kartu Pos

Selain Gantungan Kunci, Ini 5 Barang yang Cocok untuk Oleh-Oleh
Image: blogspot.com

Post card adalah rekomendasi pertama dari Chelsi. Ada yang pernah dikirimi kartu pos sebagai souvenir? Sepertinya jarang yaaa.

Padahal kartu pos ini menarik lho, Teman VAN. Bisa dibilang sebagai gambaran tentang tempat yang kita kunjungi. Soalnya, desain kartu pos biasanya menggunakan foto bangunan, pemandangan, hingga kesenian setempat. Jika dikirimkan langsung, perangko yang ditempel pun menambah daya tarik sendiri, apalagi kalau dari luar negeri. Pasti berkesaaaan! Jangan lupa tambahkan kata-kata spesial untuk si penerima ya.

2. Miniatur

Selain Gantungan Kunci, Ini 5 Barang yang Cocok untuk Oleh-Oleh
Image: detik.net.id

Saat mengunjungi tempat wisata yang iconic, Teman VAN bisa sekalian mencari oleh-oleh miniaturnya. Misal miniatur Menara Eiffel jika liburan ke Paris. Oleh-oleh ini bisa dijadikan koleksi dan pajangan bagi teman yang menerima.

[Baca Juga: Hi Ladies, Ini Lho 5 Negara Aman untuk Solo Traveling]

Selain buat teman, sekalian aja beli untuk diri sendiri. Bisa digunakan sebagai kenang-kenangan bahwa Teman VAN pernah berkunjung ke negara itu. Menarik, bukan?

3. Makanan Khas

Selain Gantungan Kunci, Ini 5 Barang yang Cocok untuk Oleh-Oleh
Image: anakuntad.com

Cita rasa kuliner tiap tempat tentu berbeda. Nggak heran, kalau oleh-oleh makanan khas selalu jadi andalan.

Makanan khas tiap daerah cukup bervariasi lho seperti camilan, jajanan tradisional, hingga kue-kue ‘kekinian’. Salah satu yang perlu Teman VAN perhatikan adalah ketahanan makanannya, terutama untuk makanan basah. Jangan sampai, makanan khas yang sudah dibawa, keburu kadaluarsa sebelum dibagikan.

[Baca Juga: 6 Surga Wisata Belanja di Dunia, Yuk Jadikan Destinasi Impian]

Untuk Teman VAN yang liburan ke luar negeri pun juga bisa membawa oleh-oleh berupa makanan lho. Pilih saja camilan seperti cokelat atau permen.

4. Kaos

Selain Gantungan Kunci, Ini 5 Barang yang Cocok untuk Oleh-Oleh
Image: ksmtour.com

Pengin kasih oleh-oleh yang bermanfaat dan bisa dipakai? Kaos jawabannya!

Chelsi sering lihat orang memakai kaos dengan tulisan ‘I ♥ Singapore’ atau ‘I ♥ Bali’ lho. Itu jadi pertanda bahwa mendapat oleh-oleh kaos itu berkesan. Bahkan beberapa daerah punya merek kaos lokal yang sudah terkenal sebagai oleh-oleh lho. Katakanlah Joger di Bali atau Dagadu di Jogja.

Gimana, mau beliin kaos aja? Tips dari Chelsi untuk membeli oleh-oleh kaos adalah perhatikan kualitas bahannya ya biar nyaman.

5. Kain Tradisional

Selain Gantungan Kunci, Ini 5 Barang yang Cocok untuk Oleh-Oleh
Image: kompasiana.com

Akhir-akhir ini kain tradisional Indonesia makin diminati. Tak jarang, para wisatawan dalam atau luar negeri membawa pulang kain ini untuk dijadikan oleh-oleh istimewa untuk orang terdekat. Beberapa kain tradisional yang digemari adalah kain batik khas Jogja, kain tenun Sumba, kain Ulos Batak, dan masih banyak lagi.

[Baca Juga: Berburu Batik? Ini Rekomendasi Kampung Batik Wajib Dikunjungi]

Teman VAN yang liburan ke luar negeri pun bisa memilih kain tradisional untuk oleh-oleh lho. Pasalnya beberapa negara juga punya kain khas yang cantik-cantik beberapa di antaranya kain khas Morocco, kain sari India, dan kain sutra khas Thailand.

***

Ternyata, selain gantungan kunci, ada pilihan oleh-oleh lain yang juga berkesan yaaa. Semoga lima rekomendasi oleh-oleh dari Chelsi di atas bisa membantu Teman VAN yang lagi bingung mau beli apa. Supaya tidak kalap belanja, Teman VAN bisa membuat daftar barang yang akan dibeli dan budget-nya ya. Selamat berburu oleh-oleh!