travel agent

Betapa Serunya Memiliki Usaha Travel Agent!

Memulai usaha travel agent dengam modal NOL? Terus dapat komisi yang juga lumayan lagi? Memangnya ada? Memang usaha seperti itu benar adanya yaitu bidang travel atau perjalanan. Mesti digarisbawahi, kamu bukan menjadi agen travel itu sendiri, melainkan sub-agen. Sub-agen bisa dibilang sebagai pegawainya agen travel.

Namun dia juga berdiri sendiri sebagai pengusaha karena upahnya bukan berupa gaji, melainkan komisi. Sampai sini, mungkin timbul pertanyaan. Sub-agen kerjanya apa? Gimana cara menjadi sub-agen kok bisa tanpa modal? Kok bisa dapat komisi? Dan apa saja keuntungan lainnya. Yuk, Chelsi coba bedah gimana serunya memiliki usaha travel agent.

Apa sih Sub-Agen Travel Agent?

Apa sih Sub-Agen Travel Agent? image: getdigsy.com

Sebelum tahu apa itu sub-agen terlebih dulu coba pahami tentang travel agent dimana adalah atau perusahaan yang bergerak di bidang penjualan tiket perjalanan seperti tiket pesawat, tiket kereta api, hotel, dan wahana pernainan dan masih banyak lagi lainnya yang berkaitan tentang perjalanan. Biasanya, orang akan datang ke agen travel agar mendapat harga lebih murah daripada beli langsung ke loket terkait.

Soalnya, agen travel sering memberikan harga promo yang menarik. Selain itu, orang-orang mau yang gampang saja. Kalau beli via agen travel, gak perlu repot antre atau melek malam-malam untuk rebutan tiket. Nah, sub-agen ini nantinya memiliki akses ke agen travel itu untuk menawarkan segala jenis tiket ke orang-orang.

Cara menjadi sub-agen, cukup daftarkan diri ke agen travel yang memang membuka peluang usaha sub-agen. Sudah dapat bayangan kan gimana serunya jual tiket pesawat karena pelanggan yang sudah memiliki kesadaran akan mudahnya jika pesan tiket langsung pada travel agen?

1. Usaha ini modalnya dari NOL

Usaha ini modalnya dari NOL image: blog.admissions.illinois.edu

Asal kamu punya peralatan yang diperlukan, bisa langsung jadi sub-agen. Senjata utama sub-agen adalah laptop atau handphone dengan koneksi Internet. Laptop ini digunakan untuk mengecek harga tiket, ketersediannya, sekaligus memproses pembelian tiket. Untuk memahami kalkulasi komisi bisnis tiket yang dikerjakan sub-agen, berikut ini ilustrasinya: Garuda Indonesia rute domestik: Tiket pesawat Garuda Indonesia dari Jakarta ke Medan dengan harga Rp 1.158.000,- dimana NTA nya adalah Rp 930.000,- dengan artian Rp 930.000,- adalah PPN 10% dari Basic Fare. Kemudian Rp 130.000 Airport Tax dan Rp 5.000 adalah iuran wajib jasa raharja. Jadi NTA sebenarnya adalah 1.158.000-(930.000*4%) = 1.130.100 Jadi komisi itu 1.158.000-1.130.100 = 37.900 adalah komisi 4% dari harga tiket yang kamu dapatkan. Lumayan, kan, cuma memproses pembelian tiket dapet Rp 37.900. Itu baru satu tiket perjalanan lho!

2. Komisi lebih besar

Komisi lebih besar image: d2v9y0dukr6mq2.cloudfront.net

Komisi lebih besar bisa diperoleh saat kamu mencoba juga menjual paket wisata. Tahu sendiri kan, paket wisata pastinya lebih tinggi harganya ketimbang harga tiket perjalanan. Artinya, kamu akan lebih sering issued tiket perjalanan untuk melengkapai paket wisata dan komisi yang didapatkan juga akan lebih besar. Meski begitu, sub-agen tidak hanya ongkang-ongkang kaki menunggu orang datang mau beli tiket. Kamu tetap harus berpromosi, bisa lewat brosur atau media sosial. Untuk menekan biaya promosi, mending pakai media sosial. Bikin akun Facebook dan Twitter, lalu rajin-rajinlah berpromosi dari situ jalin hubungan yang baik agar bisnis lebih lancar. Misalnya ada yang tanya harga tiket, langsung jawab. Jangan ditunda-tunda. Keburu lari ke agen lain mereka.

3. Selalu update promo tiket

Selalu update promo tiket image: reliantrealty.com

Karena kamu memiliki akses untuk mengecek harga tiket setiap saat selain itu biasanya travel agent juga mengirimkan penawaran promo melalui email marketing sehingga kamu tidak akan terlewatkan oleh tiket-tiket yang sedang promo. Kan lumayan tiket yang sedang promo bisa kamu jual dengan begitu cepat ke pelanggan karena harganya yang relatif miring. Terlihat sangat seru ya!

4. Bisa Beli Tiket Murah Setiap Hari

Bisa Beli Tiket Murah Setiap Hari image: i.ebayimg.com

Keuntungan jadi sub-agen ada satu lagi selain modalnya nol dan komisi juga bisa beli tiket buat diri sendiri dengan harga lebih murah. Ya, agen travel tidak melarang sub-agen beli tiket buat diri sendiri. Dengan adanya akses ke sistem harga mereka, kamu bisa melihat harga-harga tiket yang murah. Jadi, sudah dapat komisi, bisa pelesir dengan harga tiket miring lagi. Nikmat mana lagi yang bisa didustakan?

Baca juga: 5 Tips Jitu Pakai Media Sosial untuk Bisnis

Nah! Gimana sudah terbayang serunya punya bisnis tiket sebagai travel agent? Kerjanya gampang, komisi mengalir, dan bisa liburan dengan tiket harga miring. Dan satu lagi, menjalankan usaha travel agent bisa kamu lakukan dimana saja, tidak perlu harus punya toko. Pas lagi liburan juga bisa lho menjalankan usaha ini jadi fleksibel banget deh! Tertarik untuk memulai usaha travel agent?

Chelsi sarankan kamu daftar di VAN karena daftarnya gratis lho dan banyak banget promo-promo menarik yang nantinya akan ditawarkan untuk kamu. Segera daftarnya website jual tiket pesawat dan kereta ini