Waktu yang Pas untuk Mengeksplor Kota Melbourne Saat Musim Panas

Melbourne telah berkali-kali dinobatkan sebagai kota paling nyaman di dunia. Tidak heran jika banyak wisatawan yang datang ke Melbourne selalu dibuat jatuh cinta dengan suasananya. Nuansa “eropa” yang sangat kental terlihat melalui arsitektur kota dan keanekaragaman etnik serta budaya yang semakin memperkaya kota ini. Banyak seni teater maupun hiburan lain yang diselenggarakan setiap tahun. Selain itu, tata kota Melbourne terlihat semakin apik dengan banyaknya taman kota serta deretan toko yang tertata dengan rapi.

Menjelang akhir tahun sampai memasuki bulan Februari adalah waktu yang cocok untuk berkunjung ke Melbourne, pasalnya di sini sedang mengalami musim panas. Teman VAN bisa merayakan kemeriahan natal dan libur panjang tahun baru saat matahari bersinar cerah serta menjelajahi destinas-destinasi populer yang akan memberikan pengalaman tak tergantikan di Melbourne.

Ini lah beberapa destinasi wisata menarik yang bisa Teman VAN eksplor, yuhuu..

1. Menjelajahi Pedesaan Menawan Lembah Yarra

Image: klook.com

Pemandangan yang eksotis dan tempat beristirahat alami yang mengagumkan bisa Teman VAN nikmati di Lembah Yarra. Teman VAN akan melihat keindahan alam dan fauna, tepi sungai Yarra yang dipenuhi kebun anggur dan cantiknya hamparan kebun anggur dari atas balon udara. Teman VAN bisa memanjakan indera pengecap untuk mencicipi minuman anggur, teh, serta makanan coklat yang dikembangkan pengusaha setempat. Lembah Yarra juga terkenal akan produsen makanan lokal dan hasil bumi segarnya seperti ikan salmon air tawar, ikan trout dan kaviar, keju dan selai.  

Selain itu di jantung Lembah Yarra terdapat Healesville Sanctuary, sebuah perkebunan alam bebas yang luas, Teman VAN dapat menemukan sejumlah satwa liar Australia seperti koala, kanguru, platypus, dingoes, wombat dan emus. Lembah Yarra adalah pedesaan menawan yang diawali dengan pemandangan kebun anggur dan di akhiri dengan menjelajahi Marysville yang dikelilingi hutan dan air terjun.

2. Menikmati Alam di Taman Nasional Grampians

Image: australia.com

Daya tarik utama dari taman nasional ini adalah rangkaian pegunungan batu pasir spektakuler yang memiliki lima puncak membentang dari utara ke selatan dengan lereng yang curam, lereng terjal di sisi timur dan lereng yang lebih rendah di sisi barat. Kecantikan panorama di Taman Nasional Grampians lebih lengkap dengan adanya lembah, danau, gua, air terjun MacKenzie & Silverband yang sangat megah dan Gunung William dengan puncak setinggi 1.167 meter yang menjadi ikon dari Taman Nasional Grampians. Tidak heran jika taman nasional ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi para penggemar aktivitas jalan kaki, panjat tebing, memancing, mendayung, dan berkemah.

Baca juga: Jangan Salah Pilih Hotel di Seoul, Ini Tips dan Rekomendasinya

Selain pemandangan indah dari Reeds Lookout & Boroka Lookout terdapat juga peninggalan bersejarah yaitu lukisan-lukisan di bebatuan yang menakjubkan, membentuk seperti manusia, tangan manusia, jejak binatang, dan burung yang banyak Teman VAN temui di sana.

3. Melihat Matahari Terbenam di Great Ocean Road

Image: gowest.com.au

Destinasi selanjutnya yang harus Teman VAN eksplor adalah Great Ocean Road yang memamerkan berbagai keindahan alam. Pemandangan laut yang membentang sepanjang jalur Great Ocean Road dan menikmati pemandangan atas tebing nan mengagumkan. Tidak hanya panoramanya nan elok Great Ocean Road memiliki potensi wisata yang cocok untuk berbagai pemuas hobi. Seperti Otway National Park yang dapat menjadi pilihan bagi wisatawan penggila perjalanan hiking. Bell Beach area untuk berselancar, atau Port Campbell National Park yang menawarkan pemandangan lepas pantai dengan batu-batu kapur Miosen raksasa yang menyembul dari perairan laut. Gugusan batu-batuan ini sepanjang waktu terus terpapar oleh sapuan gelombang sehingga menimbulkan debur buih-buih ombak yang menarik selepas mata memandang. Jejeran patahan batu kapur raksasa yang saling berdekatan dan membentuk semacam gugusan yang menjorok ke laut ini terkenal dengan sebutan 12 Apostles, atau Twelve Apostles yang juga cocok menjadi salah satu lokasi favorit untuk melihat matahari terbenam.

4. Menyaksikan Parade Penguin di Phillip Island

Image: visitmelbourne.com

Phillip Island Nature Parks sebuah taman margasatwa yang memperlihatkan pola hidup berbagai macam satwa, termasuk penguin. Di sana, Teman VAN bisa melihat parade penguin yang akan kembali ke tempat tinggalnya saat matahari terbenam. Teman VAN akan duduk di beberapa spot yang telah disiapkan untuk melihat aksi unik dari koloni penguin yang berjalan beriringan dengan tubuhnya yang tambun, ditambah gaya berjalan penguin-penguin lucu yang berlenggak-lenggok kembali ke sarangnya saat matahari terbenam. Sambil berlenggak-lenggok, para penguin akan berjalan berkelompok di sisi pantai untuk kembali ke rumahnya. Selain melihat penguin kecil yang di sebut ‘Fairy Bird’ Teman VAN juga dapat melihat migrasi anjing laut, paus, hingga mengamati burung di Danau Swan atau melakukan surfing di Pantai Flynn, Summerland Bay, atau Cat Bay.

Baca juga: 5 Negara Anti-Mainstream tapi Indahnya Bukan Main

5. Luna Park Taman Hiburan Menarik di Melbourne

Image: baysider.com

Selain ke destinasi alam, Teman VAN bisa mengunjungi taman hiburan yang terkenal di Melbourne. Luna Park taman bermain yang terletak di samping pantai St. Kilda yang tak pernah sepi pengunjung ini sudah ada sejak tahun 1912. Meskipun Luna Park adalah taman bermain yang cukup tua, tetapi pengelolanya terus berinovasi menambahkan wahana-wahana baru seiring berkembangnya zaman. Banyak wahana menarik yang bisa Teman VAN coba ketika berada di Luna Park yaitu Coney Island Top Drop, Pharaohs Curse, The Great Scenic Railway, dan beberapa wahana permainan lainnya. Luna Park  juga sering digunakan untuk karnaval yang spektakuler.

6. Brighton Bathing Box yang Menghiasi Pantai Brighton

Image: webjet.com.au

Brighton Beach adalah teluk yang berada di Port Philip Bay yang berada di dekat pusat kota. Fasilitas di sekitar pantai terbilang sudah modern, Teman VAN bisa menemukan klub kapal pesiar, butik, cafe, dan bioskop di sekitar pantai. Satu hal yang membuat Brighton Beach tampak menarik adalah keberadaan rumah-rumah kayu dengan cat yang berwarna-warni. Keunikan Brighton Bathing Box terletak pada ukuran rumahnya yang seragam, fitur arsitektur klasik Victoria yang dibalut dengan farming kayu, papan dan atap yang bergelombang berjejer di pinggir pantai sehingga menarik perhatian wisatawan.

7. Berbelanja Oleh-Oleh di Queen Victoria Market

Image: newsapi.com.au

Hal yang tidak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke negeri orang adalah membeli buah tangan khas daerah tersebut untuk dibawa pulang. Di Melbourne ada tempat belanja oleh-oleh dan souvenir khas Australia yang recommended untuk Teman VAN datangi, Queen Victoria Market. Pasar ini sangat luas dan lengkap, ada tempat berjualan aneka souvenir dan merchandise, pernak pernik, pakaian yang bisa dijadikan oleh-oleh, di sisi lain ada tempat menjual perlengkapan seperti barang perabotan, binatang peliharaan, koper, dan alat-alat berat, di bagian lainnya ada tempat untuk membeli kebutuhan sehari-hari, seperti makanan, sayuran, buah, dan disampingnya tempat aneka daging dan sea food. Wihh mantap, dalam sekali jalan Teman VAN bisa mendapatkan semua yang dibutuhkan.

Baca juga: Kata Google, Ini 10 Wisata Indonesia yang Paling Dicari Tahun 2019

Berbicara soal harga, untuk barang seperti souvenir dan merchandise relatif murah dibandingkan membeli di luar Queen Vic dan beberapa harga barang di sini ada yang mahal biasanya souvenir yang punya desain dan ciri khas unik.  Dan lebih menggiurkannya lagi belanja di Queen Victoria Market saat akhir tahun akan ada banyak diskon dan sale menarik. Pas banget dengan waktu kedatangan Teman VAN untuk berlibur ke Melbourne akhir tahun.

Waktunya Cari Penginapan dan Penerbangan ke Melbourne

Image: bstatic.com

Apakah Teman VAN tertarik untuk menjajakan kaki di Melbourne atau informasi dari Chelsi menjadi peluang untuk Teman VAN semakin semangat berjualan? Wah.. Chelsi sangat setuju karena Chelsi masih punya promo spesial tiket pesawat ke Melbourne, terbangnya bersama Royal Brunei Airlines untuk tiket reguler muai dari Rp 3,685,000 ajahh atau mau yang lebih nyaman upgrade ke business class yuk mulai dari Rp 16,843,000 udah pulang pergi tuh ya uhuuy..

Soal penginapan? Tenaaang Teman VAN, Chelsi kasih salah satu hotel favorit di Melbourne yaitu Rendezvous Hotel Melbourne yang sudah ada sejak tahun 1913 hotel bersejarah ini masih mempertahankan nuansa dan gaya asli hotel tapi sudah menyediakan beragam fasilitas dan teknologi modern. Rendezvous Hotel Melbourne memancarkan keanggunan tiada tara, nilai sejarah, dan kemewahan tradisional, dengan kamar yang nyaman dan elegan. Selain itu hotel berada di pusat kota sehingga mudah untuk pergi ke berbagai destinasi populer di Melbourne. Menariknya lagi hotel ini di bandrol dengan harga mulai dari Rp 2,219,309 per malam untuk tipe Guest Room Twin. Hanya issued di sistem VAN , Teman VAN akan mendapatkan harga penginapan hotel yang bersejarah ini dengan harga yang jauh lebih murah.

***

Baiklah Teman VAN , itu dia tujuh destinasi rekomendasi Chelsi yang bisa Teman VAN eksplor ketika menikmati musim panas di Melbourne. Dan semakin bersahaja dengan promo menarik pemberian Chelsi, tetap kejar keuntungan yang bikin bahagia yaa karena Chelsi akan selalu memberikan harga terbaiknya.

Yipiii.. semoga bermanfaat!!!